SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Aktris kenamaan Hollywood, Kristen Stewart, lahir pada 9 April 1990. Nama artis berkebangsaan Amerika Serikat ini melambung berkat perannya sebagai Bell Swan di film Twilight yang dirilis 2008 silam.

Kelahiran Kristen Stewart merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 9 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari The People History, Brainy History, dan Wikipedia, dalam catatan sejarah dunia hari ini, 9 April:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1413
Henry V dinobatkan sebagai Raja Inggris menggantikan ayahnya, Henry IV. Ia memimpin Inggris hingga akhir hayatnya pada 1422 dan digantikan putranya, Henry VI.

1940
Pasukan Jerman mulai menginvasi Norwegia dan Denmark. Sejumlah kapal perang milik Jerman berlabuh di beberapa pelabuhan di Norwegia. Pada saat yang sama, militer Jerman berhasil menduduki Kota Kopenhagen di Denmark.

1942
Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Filipina secara resmi menyerah kepada Jepang. Mereka menyerahkan wilayah Semenanjung Bataan kepada Jepang. Sebanyak 70.000 tentara AS dan Filipina digiring oleh pasukan Jepang untuk ditahan.

1945
Kapal perang milik Jerman yang sedang berlabuh di Pelabuhan Kiel, Jerman dan ditinggalkan awaknya untuk bertempur melawan pasukan Uni Soviet di dekat pelabuhan. Kapal ini diserang pesawat tempur milik Inggris. Militer Inggris yang mengerahkan 300 pesawat tempur berhasil menenggelamkan kapal tersebut.

1957
Terusan Suez dinyatakan aman dilintasi kapal setelah pertempuran antara Mesir dan Israel berakhir. Sebelumnya, Israel telah menarik mundur pasukannya dari Terusan Suez.

1990
Aktris kenamaan Hollywood, Kristen Stewart, lahir di Los Angeles, Amerika Serikat, 9 April 1990. Nama artis berkebangsaan Amerika Serikat ini melambung berkat perannya sebagai Bell Swan di film Twilight yang dirilis 2008 silam.

1991
Georgia menyatakan kemerdekaannya dari Uni Soviet. Pada tahun yang sama, beberapa negara anggota Uni Soviet juga memisahkan diri yang berujung dengan bubarnya Uni Soviet, 26 Desember 1991.

 Presiden Niger, Ibrahim Bare Mainassara, yang mati dibunuh pada 1999. (Wikipedia)

1999
Presiden Niger, Ibrahim Bare Mainassara, dibunuh dalam kudeta militer oleh tentara di bandar udara ibu kota Niger, Niamey. Ibrahim Bare Mainassara menjabat sebagai Presiden Niger sejak 1996 setelah berhasil menggulingkan pemerintahan Presiden Mahamane Ousmane.

2003
Warga Irak merobohkan patung Saddam Hussein ketika tank Amerika Serikat menyerang Kota Baghdad.

 Patung Saddam Hussein di Irak yang dirobohkan pada 2003. (Reuters)

2012
Bom meledak di sebuah pasar di Kota Baidoa, Somalia. Serangan tersebut menewaskan 12 orang yang terdiri dari wanita dan anak-anak. Kelompok militan Al-Shabab bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya