Sejarah Hari Ini: 8 Agustus 1967, ASEAN Dibentuk di Bangkok

Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 8 Agustus. Pembentukan ASEAN merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 8 Agustus. Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 8 Agustus.

Sejarah Hari Ini: 8 Agustus 1967, ASEAN Dibentuk di Bangkok

SOLOPOS.COM - Bendera ASEAN yang digunakan saat ini. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 8 Agustus 1967, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand bersepakat membentuk Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara).

Pembentukan ASEAN merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 8 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 8 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 8 Agustus:

1220
Pertempuran Lihula meletus di Benteng Lihula, Estonia melibatkan pasukan Estonia dan pasukan Swedia. Pasukan Swedia yang sebelumnya telah menguasai Lihula, dikepung pasukan Estonia yang lantas membakar Benteng Lihula. Pengepungan itu mengakibatkan pasukan Swedia mengalami kekalahan. Sebanyak 450 hingga 500 orang Swedia di dalam benteng tewas terbakar.

1918
Pertempuran Amiens antara pasukan Sekutu dan pasukan Jerman meletus di sebelah timur Amiens, Picardy, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu.


Kapal udara milik Jerman, Graf Zeppelin. (Upi.com)
1929
Kapal udara milik Jerman, Graf Zeppelin, memulai perjalanannya keliling dunia. Perjalanan pertamanya dimulai dari Lakehurst, New Jersey, Amerika Serikat (AS) dan mendarat di Friedrichshafen, Jerman. Graf Zeppelin lantas terbang ke Jepang dan kemudian melintasi Samudera Pasifik untuk menuju Los Angeles, AS. Setelah menempuh perjalanan panjang selama 12 hari 11 jam, Graf Zeppelin mendarat di lokasi awal pemberangkatannya di Lakehurst, New Jersey, AS.

1945
Uni Soviet mendeklarasikan perang terhadap Jepang. Sehari kemudian, pasukan Uni Soviet menginvasi wilayah kekuasaan Jepang di Manchuria, Mongolia Dalam, Sakhalin, Kepulauan Kuril, dan Korea.

1967
Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand bersepakat membentuk Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara). ASEAN dibentuk di Bangkok, Thailand. Kini, ASEAN memiliki 10 negara anggota. Selain negara pendiri tersebut, negara anggota ASEAN antara lain Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

1974
Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya sebagai presiden dalam pidato yang disiarkan televisi nasional. Sehari kumudian, jabatan Nixon sebagai presiden AS resmi dilepas. Nixon mengundurkan diri setelah beredar kabar bahwa Kongres akan segera memakzulkan dirinya setelah terlibat beberapa kasus. Hal itu menjadikan Nixon sebagai satu-satunya presiden AS yang mengundurkan diri jabatannya.


Roger Federer. (Reuters)
1981
Roger Federer lahir di Basel, Swiss. Kini, ia dikenal luas sebagai salah satu pemain tenis terbaik di dunia. Federer adalah pemegang rekor gelar Grand Slam tunggal putra terbanyak sepanjang sejarah dengan 19 gelar.

1998
Konsulat Iran di Mazari-Sharif, Afganistan diserang beberapa orang anggota kelompok Taliban. Serangan tersebut menewaskan 10 diplomat Iran dan seorang wartawan.

2010
Tanah longsor dan banjir lumpur mendera kawasan Zhugqu, Gansu, Tiongkok. Bencana tersebut mengakibatkan sekitar 14.000 orang kehilangan nyawa mereka.

2016
Rumah sakit milik pemerintah Pakistan di Quetta, Pakistan didera serangan teroris yang melakukan serangkaian penembakan dan meledakkan bom bunih diri. Serangan itu menewaskan sekitar 70 hingga 94 orang, dan melukai sekitar 130 lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Covid-19 di Boyolali Menurun, Sudah Sepekan di Zona Kuning

Sudah sejak sepekan terakhir, Kabupaten Boyolali berada di zona risiko rendah atau zona kuning terkait persebaran Covid-19.

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.