Pasukan khusus dari AS dan Inggris di Afganistan pada awal Perang Afganistan, 2001. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 7 Oktober 2001, Perang Afganistan meletus. Perang itu pecah setelah pasukan Amerika Serikat (AS) menginvasi Afganistan dengan alasan melawan terorisme sekaligus menggulingkan kekuasaan Taliban yang dituduh melindungi kelompok Al-Qaeda, serta untuk menangkap Osama bin Laden.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-280—hari ke-281 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 7 Oktober. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 7 Oktober yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 7 Oktober:

1406
Sebanyak 1.000 tentara Prancis mendarat di wilayah Jersey, dekat Normandia demi memperluas wilayah kekuasaan. Sayang, mereka gagal menguasai wilayah tersebut meski telah mengalahkan pasukan pertahanan Jersey yang memiliki tentara jauh lebih banyak, yakni 3.000 orang.

Panorama di Schio, Veneto, Venesia yang pernah menjadi lokasi Pertempuran La Motta, 1513. (Wikimedia.org)
Panorama di Schio, Veneto, Venesia yang pernah menjadi lokasi Pertempuran La Motta, 1513. (Wikimedia.org)

1513
Pasukan Spanyol dan pasukan Kekaisaran Romawi Suci berhasil mengalahkan pasukan Republik Venesia dalam Pertempuran La Motta di Schio, Veneto, Republik Venesia. Kekalahan itu merupakan salah satu yang terbesar dialami Republik Venesia di masa Perang Liga Suci. Dalam pertempuran itu, Republik Venesia kehilangan lebih dari 4.500 tentaranya.

1806
Kertas karbon dipatenkan di London, Inggris, oleh penemunya, Ralph Wedgewood.

1919
Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM) atau Perusahaan Dirgantara Kerajaan didirikan di Belanda. KLM merupakan maskapai penerbangan tertua yang masih beroperasi hingga saat ini dengan nama sama.

1952
7 Oktober 1952 merupakan hari kelahiran Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dia merupakan presiden kedua Rusia dari 2000 hingga 2008 dan keempat dari 2012 sampai sekarang. Pada 2015, namanya masuk dalam posisi puncak daftar tokoh paling berpengaruh dunia versi majalah Time.

1981
Sutomo atau yang lebih dikenal sebagai Bung Tomo meninggal dunia di Padang Arafah, Arab Saudi pada usia 61 tahun ketika sedang menunaikan salah satu rukun haji. Bung Tomo merupakan pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat Surabaya melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentara NICA yang berakhir dengan pertempuran 10 November 1945. Hingga kini, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

2001
Perang Afganistan meletus setelah pasukan Amerika Serikat (AS) menginvasi Afganistan dengan alasan melawan terorisme sekaligus menggulingkan kekuasaan Taliban yang dituduh melindungi kelompok Al-Qaeda, serta untuk menangkap Osama bin Laden. Invasi tersebut juga tak lepas hubungannya dengan Serangan 11 September yang dituduhkan kepada Osama bin Laden.

Norodom Sihanouk. (Reuters)
Norodom Sihanouk. (Reuters)

2004
Raja Kamboja, Norodom Sihanouk, menyatakan turun takhta. Selama menduduki tahta Kerajaan Kamboja, Sihanouk berulang kali mengungkapkan niat untuk mengundurkan diri. Dia tidak peduli jika keputusannya melanggar konstitusi karena menderita sakit parah pada bagian perut. Namun, sejumlah pengamat menilai Sihanouk sudah jenuh dan lelah menghadapi carut marut krisis politik di negaranya sejak pemilu Juli 2003.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten