Sejarah Hari Ini: 7 Mei 1945, Jerman Menyerah dalam Perang Dunia II
Jenderal Alfred Jodl menandatangani penyerahan tanpa syarat Jerman kepada Sekutu di Rheims, Prancis, 7 Mei 1945. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Dalam Perang Dunia II, Jerman secara resmi menyerah tanpa syarat kepada sekutu, 7 Mei 1945. Menyerahnya Jerman itu sekaligus mengakhiri Perang Dunia II yang berlangsung di Eropa selama kurang lebih enam tahun.

Menyerahnya Jerman kepada Sekutu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 7 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 7 Mei:

351
Pemberontakan orang-orang Yahudi terhadap pemerintahan Kaisar Romawi Konstantius Gallus pecah di Palestina. Pemberontakan tersebut dipicu peraturan-peraturan Kekaisaran Romawi yang dinilai merugikan orang Yahudi.

558
Kubah di Hagia Sophia di Konstantinopel-kini Istanbul di Turki-ambruk setelah dilanda gempa bumi beberapa bulan sebelumnya. Kaisar Bizantium Justinian I langsung memerintahkan perbaikan di bangunan yang kala itu difungsikan sebagai geraja tersebut.

Istana Versailles di Paris, Prancis. (Citywonders.com)

1664
Istana Versailles di Paris, Prancis mulai dibangun atas perintah Raja Prancis Louis XIV. Kini, istana tersebut masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak 1979.

1915
Torpedo milik Jerman berhasil menenggelamkan kapal milik Inggris di dekat Irlandia. Salah satu peristiwa dalam Perang Dunia I itu menewaskan hampir 1.200 orang.

1920
Pasukan Polandia bersma pasukan Ukraina berhasil mengusir tentara Rusia yang menguasai Kota Kiev di Ukraina. Meski begitu, Kota Kiev kembali jatuh ke tangan tentara Rusia sekitar sebulan kemudian.

1920
Rusia secara resmi memberikan kemerdekaan kepada Georgia. Sekitar enam bulan kemudian, pasukan Rusia kembali menginvasi dan menduduki Gerogia.

1941
Dalam Perang Dunia II, pasukan Jerman membombardir Kota Liverpool dan London di Inggris. Pasukan Inggris lantas melancarkan serangan balik dan berhasil menjatuhkan lebih dari 40 pesawat tempur milik Jerman.

1942
Pesawat tempur milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyerang dan menenggelamkan kapal induk milik Kekaisaran Jepang. Pertempuran tersebut menjadi pertempuran pertama di dunia yang dilakukan angkatan laut tanpa menggunakan kapal.

1945
Jerman secara resmi menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Penyerahan Jerman dalam Perang Dunia II itu ditandai penandatangan sebuah pernyataan oleh Jenderal Alfred Jodl di Rheims, Prancis. Sehari kemudian, Panglima Jerman Wilhelm Keitel menaandatangani dokumen penyerahan tanpa syarat di Berlin, Jerman. Menyerahnya Jerman itu sekaligus mengakhiri Perang Dunia II yang berlangsung di Eropa selama kurang lebih enam tahun.

Suasana Konferensi Permulaan Meja Bundar, 14 April 1949, yang menghasilkan Perjanjian Roem-Roijen ditandatangani di Hotel Des Indes, Jakarta, 7 Mei 1949. (Wikimedia.org)
1949
Perjanjian Roem-Roijen ditandatangani Indonesia dan Belanda di Hotel Des Indes, Jakarta. Perjanjian itu ditandatangani demi menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum Konferensi Meja Bundar di Den Haag, Belanda pada tahun yang sama.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom