Sejarah Hari Ini: 7 Maret 1967, MPRS Cabut Mandat Kepada Soekarno
Soekarno. (Abc.net.au)

Solopos.com, SOLO — MPRS mencabut mandat yang diberikan kepada Soekarno sebagai presiden Indonesia melalui sidang istimewa pada 7 Maret 1967. Selain itu, MPRS juga mencabut gelar Pemimpin Besar Revolusi yang disandang Soekarno

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa ber-sejarah pada hari ini, 7 Maret. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 7 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

161

Kaisar Romawi, Antonius Pius, meninggal dunia pada usianya yang ke-75 karena sakit keras yang sudah ia alami sejak lama. Pius telah memimpin Romawi selama 23 tahun hingga akhir hayatnya. Ia lantas digantikan anak angkatnya, Lucius Verus.

Lukisan Pertempuarn Lepanto, salah satu pertempuran di masa Perang Ottoman-Venesia. (Wikipedia.org)
Lukisan Pertempuarn Lepanto, salah satu pertempuran di masa Perang Ottoman-Venesia. (Wikipedia.org)

1573

Kekaisaran Ottoman dan Republik Venesia menandatangani perjanjian perdamaian untuk mengakhiri Perang Ottoman-Venesia yang sudah berlangsung kurang lebih tiga tahun pada 7 Maret. Dalam perjanjian itu juga disebutkan kawasan Siprus yang sebelumnya milik Republik Venesia secara resmi jatuh ke tangan Kekaisaran Ottoman.

Napoleon Bonaparte napoleon bonaparte diasingkan
Lukisan terkenal karya Jacques-Louis David bertajuk Napoleon Melintasi Alpen. (Wikimedia.org)

1799

Kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte, bersama pasukannya berhasil menguasai kota pelabuhan di selatan Palestina, Jaffa. Setelah itu, pasukan Prancis membunuh sedikitnya 2.000 tawanan.

1876

Alexander Graham Bell diberikan paten untuk penemuannya yang ia sebut telepon (paten # 174.464) pada 7 Maret. Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon Bell.

1936

Pemimpin Jerman, Adolf Hitler, melanggar Perjanjian Versailles dengan menempatkan pasukan militer Jerman ke zona demiliterisasi di sepanjang Sungai Rhine, sebelah barat negara tersebut. Perjanjian Versailles sejatinya perjanjian perdamaian antara Sekutu dan Jerman untuk mengakhiri Perang Dunia I.

Ivana Lie (Antara)
Pebulutangkis Indonesia Ivana Lie (Antara)

1960

Ivanna Lie Ing Hoa akrab disapa Ivana Lie adalah pemain bulu tangkis Indonesia era 1980-an kelahiran Bandung, Jawa Barat, 7 Maret. Dia pemain yang mampu turun di tiga nomor yaitu tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Bahkan dia pernah berpasangan dengan Verawaty Fajrin, Rosiana Tendean dan Crhistian Hadinata,

1961

Presiden AS, John F. Kennedy, memberikan gelar jenderal besar bintang lima kepada Dwight D. Eisenhower. Eisenhower adalah presiden AS yang menjabat sebelum Kennedy.

1967

MPRS mencabut mandat yang diberikan kepada Soekarno sebagai presiden Indonesia melalui sidang istimewa pada 7 Maret 1967. Selain itu, MPRS juga mencabut gelar Pemimpin Besar Revolusi yang disandang Soekarno. Presiden pertama Indonesia itu kemudian secara resmi melepas kekuasaannya pada 12 Maret 1967.

1968

Tentara Amerika Serikat (AS) bersama tentara Vietnam Selatan melakukan Operasi Truong Cong Dinh. Operasi itu bertujuan mengalahkan tentara Viet Chong—tentara dari Vietnam Utara—yang berusaha mencaplok kawasan Vietnam Selatan.

1969

Golda Meir dilantik sebagai perdana menteri ke-4 Israel pada 7 Maret. Ia adalah wanita pertama yang menduduki kursi perdana menteri Israel. Meir menjabat sebagai perdana menteri hingga akhir masa jabatannya pada 1974.

1973

Sheikh Mujib Rahman menjadi perdana menteri pertama Bangladesh. Rahman menang telak dalam pemilihan umum yang digelar untuk kali pertama sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Pakistan.

2007

Turki memblokade akses warganya ke situs berbagi rekaman video, Youtube pada 7 Maret. Pemblokiran itu disebabkan adanya tayangan video yang menghina mantan pemimpin Turki, Mustafa Kemal Ataturk, dalam situs Internet tersebut. Di Turki, penghinaan kepada pemimpin atau mantan pemimpin dalam bentuk apapun adalah suatu pelanggaran hukum.

2010

Sejumlah desa di pinggiran Kota Jos, Nigeria yang mayoritas penduduknya beragama Kristen diserang kelompok ekstremis muslim. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 100 warga sipil.

 

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom