Sejarah Hari Ini: 7 Agustus, Ledakan Bom Truk di Kedubes AS

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 7 Agustus.

 


Ledakan bom truk di Kedubes AS di Nairobi, Kenya pada 7 Agustus 1998. (Nation.Africa)

SOLOPOS.COM - Ledakan bom truk di Kedubes AS di Nairobi, Kenya pada 7 Agustus 1998. (Nation.Africa)

Solopos.com, SOLO — Ledakan bom truk hampir bersamaan terjadi di dua Kedutaan Besar Amerika Serikat atau Kedubes AS, pada 7 Agustus 1998. Lebih dari 200 orang meninggal dalam kejadian ini.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 7 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

1714

Pertempuran Gangut antara pasukan Swedia dan pasukan Rusia meletus di Semenanjung Hankko, sebelah utara Finlandia. Pertempuran antar-angkatan laut itu berhasil dimenangi pasukan Rusia.

1933

Tentara Kerajaan Irak memulai pembantaian terhadap orang Assyria di Simile, sebelah utara Kerajaan Irak. Pembantaian itu mengakibatkan tewasnya sekitar 6.000 orang Assyria. Kejadian ini dikenang dengan sebutan Pembantaian Simile.

1942

Pertempuran Guadalkanal meletus setelah pasukan Sekutu tiba di Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon yang diduduki pasukan Jepang. Pertempuran tersebut berlangsung hingga 9 Februari 1943 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Sekutu.

Baca juga: Biografi Moh Hatta: Wakil Presiden Pertama RI yang Mundur dari Jabatan

1945

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dibentuk menggantikan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibubarkan Jepang. PPKI dibentuk untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

negara islam indonesia
Naskah proklamasi berdirinya Negara Islam Indonesia. (Wikipedia.org)

1949

Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo memproklamasikan Negara Islam Indonesia (NII) atau dikenal sebagai Darul Islam (DI) di Tasikmalaya, Jawa Barat. Sekaligus mengawali pemberontakan tentara NII/DI terhadap pemerintah Indonesia. NII/DI dibubarkan pada 2 September 1962.

1960

Pantai Gading meraih kemerdekaan penuh dari Prancis. Sebelumnya, Pantai Gading menjadi wilayah kekuasaan Prancis sejak 1843.

Baca juga: Teks Proklamasi: Isi, Sejarah Singkat & Perbedaan Naskah Klad-Otentik

1965

Singapura dikeluarkan dari Federasi Malaysia dua tahun setelah konflik ideologi antara People Action Party (PAP) atau Partai Aksi Rakyat yang berkuasa di Singapura dan pemerintah federal di Kuala Lumpur. Singapura resmi mendapatkan kedaulatan dua hari kemudian.

1972

Pemimpin Uganda, Idi Amin, mengusir sekitar 60.000 orang keturunan Asia yang tinggal di Uganda. Pengusiran dipicu kebencian orang kulit hitam terhadap orang keturunan Asia yang sukses berbisnis di Uganda. Orang keturunan Asia diberi tengah waktu 90 hari untuk meninggalkan Uganda.

1990

Presiden Amerika Serikat (AS) George Herbert Walker Bush memerintahkan pasukannya melaksanakan Operasi Badai Gurun di Kuwait. Dalam operasi ini pasukan AS diperintah untuk melawan pasukan Irak yang menginvasi Kuwait.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 6 Agustus 1945, Bom Atom Lululuhlantakan Hiroshima

1994

Sejumlah penulis dan wartawan muda berkumpul di Sirnagalih, Bogor, Jawa Barat, mendeklarasikan berdirinya Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Pendirian organisasi itu dipicu pembredelan tiga media, yakni DeTik, Tempo, dan Editor pada 21 Juni 1994.

1998

Ledakan bom truk hampir bersamaan terjadi di dua Kedutaan Besar Amerika Serikat atau Kedubes AS, pada 7 Agustus 1998. Yakni di Dar es Salaam, Tanzania, dan di Nairobi, Kenya. Lebih dari 200 orang meninggal dalam ledakan tersebut.

2017

Moch. Basofi Sudirman adalah Gubernur Jawa Timur periode 1993–1998, meninggal pada 7 Agustus 2017. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kasdam I/Bukit Barisan (1986-1987) dan Wakil Gubernur Jakarta tahun (1987–1992).

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Katarak Penyebab Tertinggi Kebutaan di Indonesia

      Hasil survei RAAB tahun 2014-2015, di Indonesia ada 15 provinsi menunjukkan angka kebutaan lebih dari tiga persen dengan penyebab kebutaan tertinggi adalah katarak.

      Identitas Diketahui, Pembantai Pekerja Jalan Trans Papua Barat dari KKB Maybrat

      11 Anggota KKB terduga pelaku penyerangan itu teridentifikasi berdasarkan gambar dan video yang disebar setelah aksi penyerangan.

      Banjir Jebol Tembok Berujung 3 Siswa Meninggal, KBM Sekolah Dialihkan

      Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin, mengatakan untuk saat ini masih fokus dalam upaya penanganan korban yang tertimpa tembok jebol tersebut.

      Tersangka, Kompol Wahyu Belum Tiga Bulan Jabat Kabag Ops Polres Malang

      Tak hanya dicopot, Kompol Wahyu juga dijerat pidana atas kelalaiannya dalam menjalankan tugas saat derby Jatim Liga 1 Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) lalu itu.

      Anak Buah Tersangka, Eks Kapolres Malang dan Danyon Brimob Lolos Jeratan Pidana

      Ferli Hidayat dan Agus Waluyo hanya menjalani pemeriksaan terkait kode etik terkait tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 suporter Arema FC.

      Keren! ITS Surabaya Peringkat Pertama Lembaga Pendamping Produk Halal

      Sejak Mei 2022, ITS Surabaya mulai memberikan perhatian kepada bidang jaminan produk halal dengan pembentukan Pusat Kajian Halal (PKH) di bawah Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM).

      Dinilai Positif, Pendukung Anies Baswedan Kini Sukai Partai Nasdem

      Para pendukung Anies Baswedan ramai-ramai memberi apresiasi positif terhadap Partai Nasdem.

      Ironi Polisi Malang, Tahu Regulasi FIFA Tapi Tetap Tembakkan Gas Air Mata

      Tiga komandan polisi yang bertugas di Stadion Kanjuruhan, Malang mengaku tahu ada pelarangan itu namun mereka mengabaikan.

      Ini Peran Enam Tersangka Pemicu 131 Aremania Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

      Keenam tersangka tragedi Kanjuruhan berasal dari sipil sebanyak tiga orang dan sisanya dari Polri.

      Direktur PT LIB dan 3 Komandan Polisi Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan

      Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita ditetapkan tersangka karena tidak melakukan verifikasi Stadion Kanjuruhan sebelum Liga 1 bergulir.

      Lagi Gowes, Bos Indomaret Meninggal Diseruduk Truk

      Karier Howard di Indomaret dimulai sejak 2004 dan disebut berkontribusi besar dalam pengembangan IT Indomaret.

      Rahasia Nabi SAW, Kelahirannya Memuliakan Hari Ia Dilahirkan

      Menariknya, Rasulullah justru tidak dilahirkan di bulan mulia seperti asyhurul ?urum (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharam) atau Ramadan.

      Sopir Mabuk Kendarai Mobil, 4 Nyawa Terenggut

      Polisi menduga kecelakaan maut dengan empat korban jiwa itu diakibatkan sopir mobil dalam kondisi mabuk minuman keras.

      Terungkap! Sekeluarga Tewas Dicor di Lampung karena Sengketa Warisan

      Pelakunya ternyata masih keluarga dari para korban, dipicu rebutan warisan.

      Bertemu Grand Syaikh Al-Azhar, JK Singgung Peran Besar Al-Azhar bagi Indonesia

      Dari sekitar 45.000 mahasiswa asing yang belajar di Al-Azhar Mesir, 11.000 di antaranya berasal dari Indonesia.

      Banjir Jebolkan Tembok Sekolah di Jaksel, 3 Siswa Meninggal Dunia

      Sebelum semua siswa pulang tembok telanjur jebol dan menimpa tiga siswa hingga meninggal dunia.