SOLOPOS.COM - Presiden Mesir Anwar Sadat. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Presiden Mesir Anwar Sadat tewas ditembak dalam sebuah parade militer oleh tentara anggota Jihad Islam pada 6 Oktober 1981. Anwar Sadat kemudian digantikan wakilnya, Husni Mubarak.

Selain itu, ada sejumlah peristiwa lain yang layak dikenang pada 6 Oktober. Simak rangkuman Sejarah Hari Iini, 6 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org berikut:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

105 SM
Pasukan Cimbri dan Teuton yang berjumlah sekitar 200.000 tentara berhasil mengalahkan pasukan Republik Roma yang mengerahkan sekitar 80.000 tentara dalam Pertempuran Arausio, di Arausio, dekat Sungai Rhone, Prancis. Kekalahan Republik Roma di salah satu pertempuran di masa Perang Cimbri itu merupakan yang terburuk sepanjang sejarah Romawi Kuno. Pasalnya, hampir seluruh tentara Republik Roma yang dikerahkan dalam pertempuran tersebut tewas.

69 SM
Pertempuran antara pasukan Republik Roma pimpinan Lucius Licinius Lucullus dan pasukan Armenia yang dipimpin Tigranes meletus di ibu kota Armenia, yakni Tigranocerta. Pertempuran itu berhasil dimenangi pasukan Republik Roma yang berhasil menguasai Kota Tigranocerta.

Peta pendudukan Inggris di Manila setelah menang perang atas Spanyol, 1762. (Wikimedia.org)
Peta pendudukan Inggris di Manila setelah menang perang atas Spanyol, 1762. (Wikimedia.org)

1762
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Spanyol di Manila, Filipina yang berlangsung selama 12 hari berakhir dengan kemenangan Inggris. Atas kemenangan di salah satu pertempuran di masa Perang Inggris-Spanyol itu, Inggris berhasil merebut Manila dari kekuasaan Spanyol.

1939
Pasukan Polandia yang terlibat pertempuran melawan pasukan Jerman di dekat Kock, Lublin Voivodeship, Polandia secara resmi menyerah. Penyerahan diri itu sekaligus menjadi kegagalan bagi Polandia untuk menguasai Kock yang sebelumnya telah direbut Jerman.

1943
Pasukan Jerman membumihanguskan Desa Kali Sykia di Pulau Kreta, Yunani. Sebanyak 12 wanita dan satu pria renta penduduk Desa Kali Sykia terbakar hidup-hidup dalam peristiwa itu. Peristiwa tragis tersebut kini dikenang dengan sebutan Pembakaran Kali Sykia.

1944
Pasukan Cekoslowakia menerobos perbatasan antara Polandia dan Cekoslowakia dan masuk ke wilayah kekuasaan Jerman. Tindakan itu lantas memicu Pertempuran Dukla Pass antara pasukan Cekoslowakia bersama Uni Soviet dan pasukan Jerman yang dibantu Hungaria. Pertempuran itu berlangsung selama 20 hari. Hasil pertempuran itu tak jelas lantaran pasukan Cekoslowakia dan Uni Soviet menghentikan serangannya, sedangkan Jerman dan Hungaria juga menarik mundur pasukannya.

1944
Pasukan Uni Soviet menyerbu pasukan Jerman yang berada di Debrecen, Hungaria. Serangan itu memicu pertempuran yang berlangsung selama 20 hari. Meski pasukan Uni Soviet menyerang lebih dahulu dan mengerahkan 260.000 tentara, pertempuran itu berhasil dimenangi Jerman yang dibantu pasukan Hungaria dengan dengan hanya mengerahkan 80.000 prajurit.

1973
Pasukan Suriah, Libya, dan Mesir menyerbu Israel secara tiba-tiba di Semenanjung Sinai tepat di hari raya Yahudi, Yom Kippur. Hal itu lantas memicu Perang Yom Kippur yang berlangsung selama 17 hari. Pertempuran itu berkahir dengan kemenangan Israel yang juga menolak mengembalikan wilayah yang mereka rebut dari Suriah dan Mesir selama Perang Enam Hari.

Mahasiswa digantung dan dipukuli di sekitar Universitas Thammasat, Thailand dalam Pembantaian Universitas Thammasat, 1976. (Wikimedia.org)
Mahasiswa digantung dan dipukuli di sekitar Universitas Thammasat, Thailand dalam Pembantaian Universitas Thammasat, 1976. (Wikimedia.org)

1976
Tentara Thailand mengepung kampus Universitas Thammasat dan kampus Universitas Sanam Luang di Bangkok, Thailand. Pengepungan itu merupakan reaksi pemerintah terhadap aksi protes terhadap pemerintah yang dilakukan para mahasiswa. Dalam peristiwa yang kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Universitas Thammasat itu, sebanyak 46 mahasiswa tewas dan lebih dari 3.000 orang ditangkap.

1981
Presiden Mesir Anwar Sadat tewas ditembak dalam sebuah parade militer oleh tentara anggota Jihad Islam. Jihad Islam merupakan organisasi muslim Mesir berhaluan keras yang menentang perjanjian damai Mesir dengan Israel. Anwar Sadat kemudian digantikan wakilnya, Husni Mubarak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya