Sejarah Hari Ini: 6 Mei 2001, Paus Masuk Masjid
Paus Yohanes Paulus II. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Paus Yohanes Paulus II menjadi paus pertama yang masuk ke dalam masjid, 6 Mei 2001.Kala itu, Paus Yohanes Paulus II memasuki masjid yang berada di Suriah.

Masuknya Paus ke masjid untuk kali pertama itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 6 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 6 Mei:

1536
Raja Inggris, Henry VIII, membuat perintah untuk menempatkan Alkitab berbahasa Inggris di setiap gereja di kawasan yang ia pimpin. Perintah tersebut selesai sepenuhnya tiga tahun kemudian.

1782
Istana Raja Thailand mulai dibangun di Bangkok. Pembangunan istana itu dilaksanakan atas perintah Raja Rama I. Pembangunan Istana itu sekaligus membuat ibu kota Thailand berpindah dari Thonburi ke Bangkok.

Wujud Menara Eiffel kini. (Reuters)
1889
Para pengunjung Menara Eiffel di Paris, Prancis mulai diperbolehkan masuk dan menaikinya. Meski demikian, pengunjung harus menaiki menara dengan berjalan kaki lantaran belum adanya lift.

1937
Kapal udara milik Jerman, Hindenburg, hangus terbakar hanya dalam waktu beberapa menit setelah hendak mendarat di Lakehurst, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Musibah udara itu menewaskan 35 dari 97 orang yang ada di dalamnya.

1945
Pasukan Sekutu menyerbu pasukan Jerman yang masih menduduki wilayah Praha, Cekoslowakia. Pertempuran kemudian berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Sekutu. Perisitwa itu merupakan pertempuran terakhir di Front Timur dalam Perang Dunia II.

1945
Sekutu menyatakan Perang Dunia II yang berlangsung di Eropa telah berakhir. Presiden Amerika Serikat (AS) Harry S. Trauman dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill secara resmi mengumumkan hal tersebut melalui siaran radio dua hari kemudian.

1975
Sebanyak 100.000 orang Armenia berkumpul di Beirut, Lebanon untuk memperingati 60 tahun genosida yang dilakukan pasukan Kesultanan Ottoman terhadap orang Armenia. Pembantaian besar-besaran yang terjadi pada saat Perang Dunia I itu meletus akibat munculnya pemberontakan di Armenia yang kala itu masih dikuasai Kesultanan Ottoman.

1983
Buku harian milik Adolf Hitler yang diklaim keasliannya oleh seorang jurnalis bernama Konrad Kujau dipastikan palsu oleh para ahli. Sebelum dipastikan sebagai hoaks, buku harian tersebut telah beredar selama sepekan melalui salah satu majalah di Jerman.

Daniel Alves da Silva. (Fcbarcelona.com)
1983
Daniel Alves da Silva dilahirkan di Juazeiro, Brasil. Kini, namanya terkenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela bebera klub besar di Eropa, yakni Sevilla, Barcelona, dan Juventus. Kini, pemain yang biasanya dipasang sebagai bek kanan itu membela klub besar di Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) sejak 2017 lalu.

2001
Paus Yohanes Paulus II menjadi paus pertama yang masuk ke dalam masjid. Kala itu, Paus Yohanes Paulus II memasuki masjid yang berada di Suriah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom