SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Klub sepak bola di Madrid, Spanyol bernama Madrid Football Club secara resmi berdiri, 6 Maret 1902. Kini, klub tersebut dikenal sebagai Real Madrid dan menjadi klub tersukses di Eropa dengan raihan 13 gelar juara Liga Champions Eropa.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 6 Maret setiap tahunnya. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 6 Maret yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

961
Pasukan Kekaisaran Romawi timur di bawah pimpinan Nikephoros II Phokas berhasil menaklukkan ibu kota Emirat Kreta di Chandax. Penaklukan itu sekaligus meruntuhkan Emirat Kreta yang berdiri sejak akhir 820-an. Emirat Kreta adalah negara di Pulau Kreta, Laut Tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

Segel dengan sosok Philip II Augustus. (Wikimedia.org)
1204
Pasukan Prancis yang dipimpin Raja Philip II Augustus berhasil merebut kawasan Normandia yang dikuasai Inggris dengan membombardir Benteng Chateau Gaillard. Raja Inggris, John, kemudian harus merelakan kawasan Normandia menjadi milik Prancis.

1454
Delegasi Konfederasi Prusia secara resmi menyatakan rakyat Prusia akan setia kepada Raja Kazimierz IV dari Polandia. Jajni itu dilontarkan setelah Kazimierz IV sepakat untuk mengirimkan pasukannya demi membantu perjuangan Prusia meraih kemerdekaan dari Ksatria Teutonik.

1902
Klub sepak bola di Madrid, Spanyol bernama Madrid Football Club secara resmi berdiri sebagai pecahan dari Football Club Sky yang didirikan pada 1897. Kini, klub tersebut dikenal sebagai Real Madrid dan menjadi klub tersukses di Eropa dengan raihan 13 gelar juara Liga Champions Eropa.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil menduduki Kota Koln di Jerman. Keberhasilan AS itu memicu penduduk Koln dievakuasi ke luar kota dalam jumlah besar. Hingga akhir 1945, penduduk Koln tercatat telah berkurang 95% dibanding sebelum diduduki pasukan AS.

1957
Inggris secara resmi memberikan kemerdekaan penuh kepada Ghana. Ghana menjadi negara Afrika dengan penduduk berkulit hitam pertama yang meraih kemerdekaan.

1964
Petinju ternama asal Amerika Serikat (AS), Cassius Clay, mengubah namanya menjadi Muhammad Ali setelah memeluk agama Islam. Nama itu diberikan pemimpin organisasi Islam di Amerika Serikat (AS) Bangsa Islam, Elijah Muhammad.

1968
Untuk kali pertama di Amerika Serikat (AS), pelajar sekolah menengah atas melakukan aksi mogok sekolah. Pemogokan itu dilakukan siswa chicano—orang AS keturunan Meksiko—untuk memprotes perlakuan yang mereka anggap tak setara jika dibandingkan dengan orang kulit putih dalam mendapatkan pendidikan.

1987
Kapal feri MS Herald milik salah satu perusahaan di Inggris, Free Enterprise, terbalik di selat Inggris dan menewaskan 188 penumpang. Kapal tersebut terbalik karena penjaga pintu kargo tertidur dan lupa menutupnya sehingga menyebabkan air memenuhi lambung kapal sebelum ahirnya terbalik.

Kevin-Prince Boateng. (Thetimes.co.uk)
1987
Kevin-Prince Boateng dilahirkan di Berlin-Wedding, Berlin Barat, Jerman Barat. Namanya kemduian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Italia, AC Milan, pada 2010 hingga 2013. Meski lahir di Jerman Barat, Kevin-Prince Boateng memiliki kewarganegaraan Ghana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya