Sejarah Hari Ini: 6 Juli 1957 John Lennon Bertemu Paul MC Cartney

Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 6 Juli.

 John Lennon Bertemu Paul Mc Cartney di Liverpool, Inggris. (Yardbarker.com)

SOLOPOS.COM - John Lennon Bertemu Paul Mc Cartney di Liverpool, Inggris. (Yardbarker.com)

Solopos.com, SOLO — John Lennon pimpinan band The Quarry Men kali pertama bertemu dengan Paul Mc Cartney di Woolton Fete, Liverpool, Inggris pada 6 Juli 1957. Bergabungnya Paul MC Cartney dianggap sebagai cikal bakal berdirinya The Beatles.

Masih banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 6 Juli yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

1924

Hujan meteor melanda kawasan Johnstown, Colorado, Amerika Serikat (AS). Dari beberapa meteor yang menghujani kawasan tersebut, yang terbesar memiliki berat 14 pon atau sekitar 6,3 kg.

1939

Pertempuran antara Angkatan Laut Inggris dan Prancis meletus di perairan Grenada. Armada Inggris berupaya mengusir pasukan Prancis dari Grenada malah kalah dalam pertempuran tersebut. Meskipun membawa kapal dan prajurit yang lebih banyak dibandingkan Prancis.

1941

Pertempuran di Smolensk, Uni Soviet meletus setelah pasukan Jerman menyerang Kota Smolensk. Pasukan Jerman berhasil menang atas Uni Soviet dalam pertempuran tersebut sekaligus merebut Kota Smolensk.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 5 Juli 2004, Pertama Pilpres RI Langsung

1947

Senapan serbu Avtomatni Kalashnikova atau Automatic of Kalashnikov seri 47 berkode AK-47 mulai diproduksi di Uni Soviet. AK-47 termasuk salah satu senapan serbu pertama di dunia dan hingga kini merupakan senapan serbu yang paling banyak diproduksi.

1953

Tentara Uni Soviet mengeksekusi mati 46 polisi di Jerman timur. Eksekusi itu dilakukan karena 46 polisi tersebut terlibat pemeberontakan para pekerja yang dilakukan beberapa pekan sebelumnya.

1957

John Lennon selaku pimpinan band The Quarry Men untuk kali pertama bertemu dengan Paul Mc Cartney di Woolton Fete, Liverpool, Inggris. Tampil dan bergabungnya Paul Mc Cartney dengan The Quarry Men itu dianggap sebagai cikal bakal terlahirnya The Beatles.

Baca juga: Apa Itu Ras Melanesia? 80 Persen Penduduknya di Dunia Ada di Indonesia

1964

Malawi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris. Sebelumnya, Malawi telah dikuasai Inggris sejak 1889. Dua tahun kemudian, Malawi menjadi negara berbentuk republik.

1967

Perang Saudara Nigeria pecah setelah pasukan Nigeria menyerang pasukan pemberontakan di wilayah tenggara Nigeria yang ingin memisahkan diri dari Nigeria dan membentuk negara bernama Republik Biafra. Perang berakhir dengan kemenangan pasukan Nigeria.

1989

Salah satu bus dari Tel Aviv menuju Yerusalem dibajak di dekat Kiryat Yearim, Israel. Sopir bus ditembak mati dan si pembajak mengarahkan bus ke jurang. Dalam serangan tersebut, 13 warga Israel, dua warga Kanada, dan satu warga Amerika Serikat (AS) tewas.

Baca juga: Tanpa Pendamping, Jemaah Haji Tua Batam Meninggal di Mekkah

1995

Atas perintah Jenderal Matko Mladic, pasukan Serbia mulai menyerang Kota Sebrenica di Bosnia. Serangan berujung pada pembantaianwarga usia 12 – 65 tahun. Sedang yang di bawah 12 tahun dan di atas 65 tahun dipindahkan ke Kota Tuzla.

2007

Pada 6 Juli 2007, pertemuan Komite Olimpiade Internasional ke-119 di Guatemala menyetujui dibentuknya olimpiade versi remaja. Yakni ajang olahraga yang diadakan setiap empat tahun, untuk melengkapi Olimpiade, dan diikuti oleh atlet usia 14 hingga 18 tahun.

2010

A.T. Mahmud memiliki nama asli Masagus Abdullah Totong Mahmud adalah seorang pencipta lagu asal Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia. Ia dikenal luas oleh masyarakat melalui lagu anak-anak ciptaannya. A.T. Mahmud meninggal dunia pada 6 Juli 2010.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      + PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Berita Terkini

      Mangkunegaran Berperan Penting dalam Perkeretaapian Indonesia

      Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Purwosari di Kota Solo, Jawa Tengah, dibangun oleh penguasa Mangkunegaran.

      Anak Yatim Piatu Tidak Terdampak Covid-19 Diusulkan Terima Bansos

      Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sekitar empat juta lebih anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang memerlukan bantuan.

      2023, Menkes Siapkan Transformasi Kesehatan Senilai Rp196,8 Triliun

      Anggaran transformasi kesehatan tersebut menurun dari 2023 senilai Rp96,8 triliun karena ada pengurangan pengadaan vaksin senilai Rp10 triliun.

      Istana: Pelantikan Menteri PAN RB Bersamaan Groundbreaking IKN

      Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan sebelum Agustus berakhir akan berlangsung peletakan batu pertama IKN dan pelantikan menteri PAN-RB

      Sukses Nyanyi, Presiden Jokowi Pesan Ini ke Farel Prayoga

      Inilah isi pesan Presiden Jokowi kepada Farel Prayoga yang sukses menghibur pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka dengan nyanyiannya Ojo Dibandingke.

      Pemilu 2024: Anggaran KPU Rp14 Triliun, Bawaslu Rp5,5 Triliun pada 2023

      Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan anggaran pemilu yang paling besar akan terjadi di 2024, atau pada saat Pemilu berlangsung.

      Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

      Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

      Momen Iriana Jokowi, Prabowo-Kapolri Joget Ojo Dibandingke di Istana

      Inilah momen unik yang membuat Ibu Negara Iriana Jokowi, Menhan Prabowo, hingga Kapolri berjoget bersama di Istana Merdeka.

      Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

      Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat Presiden Jokowi dan para pejabat RI terhibur.

      Buton Trending Topic Berkat Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani di HUT RI

      Penampilan Jokowi memakai baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) menjadi trending topic di Twitter.

      Profil I Dewa Ayu Asal Kudus, Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI 2022

      Inilah profil I Dewa Ayu, siswi SMA N 2 Kudus yang bertugas sebagai pembawa bendera di upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Spesial! Ini Makna Baju Adat Buton Dipakai Jokowi di HUT ke-77 RI

      Presiden Jokowi memakai baju adat Buton dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      Setelah Proklamasi Kemerdekaan, Bambu Runcing dan Granat Kolang-Kaling

      Setelah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada Jumat 17 Agustus 1945, gelora revolusi segera merambat ke mana-mana.

      Inilah 16 Parpol Tak Lolos Tahap Pendaftaran Peserta Pemilu 2024

      Sebanyak 16 parpol ini tidak mampu melengkapi berkas yang dibutuhkan.

      Thrifting dan Dilema Ancaman Kesehatan atau Menjaga Bumi

      Budaya thrifting atau menggunakan kembali baju bekas yang menjadi tren sejak puluhan tahun lalu ditentang pemerintah lantaran memiliki ancaman kesehatan yang serius, meski aksi ini bertujuan mencintai bumi karena menekan laju produksi tekstil.