Kategori: Internasional

Sejarah Hari Ini: 6 Februari 1958 Tragedi Munich Tewaskan Pemain MU


Solopos.com/Arif Fajar Setiadi-Tim Solopos

Solopos.com, SOLO — Kecelakaan pesawat terbang di Munich, Jerman menewaskan delapan pemain sepak bola Manchester United dan 15 penumpang lainnya pada 6 Februari 1958. Tragedi 62 tahun lalu ini selalu diperingati Manchester United setiap 6 Februari.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 6 Februari. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 6 Februari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

337

Julis atau Julius dinobatkan sebagai pemimpin gereja Katolik seluruh dunia atau paus dengan sebutan Paus Julius I. Kemudian dia menjadi Paus hingga akhir hayatnya pada 352. Paus Julius I dikenal sebagai Paus yang menetapkan 25 Desember sebagai Hari Natal untuk merayakan kelahiran Yesus.

Lukisan Prancis Mengakui Kedaulatan AS (Wikimedia.org)

1778

Amerika Serikat (AS) dan Prancis menandatangani dua traktat atau perjanjian antarbangsa di Paris, Prancis pada 6 Februari. Dengan adanya perjanjian itu menandakan Prancis telah mengakui secara resmi kedaulatan AS.

1820

86 imigran Afrika-Amerika pertama yang disponsori American Colonization Society berlayar dari New York menuju Afrika Barat. Mereka bakal memulai membangun sebuah perkampungan di lokasi yang kini dikenal sebagai Liberia.

Ronald Reagan. (Reuters)

1911

Ronald Reagan, lahir di Tampico, Illinois, AS pada 6 Februari. Kemudian dia dikenal sebagai presiden ke-40 Amerika Serikat (AS). Selanjutnya ia menjabat sebagai presiden AS dari 1981 hingga 1989. Sebenarnya sebelum terjun ke dunia politik, Reagan adalah seorang penyiar radio dan aktor di beberapa film layar lebar dan serial televisi.

1911

Perusahaan produsen mobil asal Inggris, Rolls-Royce, resmi meluncurkan logo yang disebut The Spirit of Ecstasy. Bahkan logo itu masih digunakan hingga sekarang.

1936

Olimpiade Musim Dingin ke-4 diadakan di Garmisch-Partenkirchen, Jerman. Event olaharaga ini dibuka oleh presiden Adolf Hitler. Jumlah atletnya ialah 646 (566 putra, 80 putri). Berlangsung pada 6 Februari hingga 16 Februari 1936.

1945

Musisi legendaris beraliran reggae, Bob Marley, lahir di Nine Mile, Saint Ann, Jamaika. Bahkan musisi bernama lengkap Robert Nesta Marley ini hingga kini dikenal sebagai musisi reggae paling berpengaruh di dunia.

1958

Kecelakaan pesawat terbang di Munich, Jerman menewaskan delapan pemain sepak bola Manchester United dan 15 penumpang lainnya. Selanjutnya tragedi pada 1958 itu selalu diperingati Manchester United setiap 6 Februari.

1964

Kuba menyetop suplai air bersih ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Teluk Guantanamo. Untuk diketahui langkah tersebut diambil Pemimpin Kuba Fidel Castro sebagai salah satu upaya membebaskan 36 nelayan Kuba yang dipenjara di Florida, AS.

1998

Bandara Nasional Washington atau Washington National Airport di Amerika Serikat (AS) berubah nama menjadi Ronald Reagan National Airport pada 6 Februari. Perubahan nama itu bertujuan untuk menghormati jasa-jasa presiden ke-40 AS, Ronald Reagan.

2004

Sebuah ledakan menggelegar di jalur jalan bawah tanah di Moskow, Rusia pada jam sibuk dan menewaskan 41 orang. Pada kejadian ini, gerakan separatis Cechnya dituduh sebagai dalang di balik ledakan tersebut.

2011

Angkatan Laut India menangkap 20 bajak laut yang menyandera lebih dari 20 nelayan pada 6 Februari. Setelah itu sejumlah sandera akhirnya berhasil pulang dengan selamat.

Djujuk Juwariyah (wikipedia)

2015

Sara Djudjuk Djuariah lahir di Solo, 20 Maret 1947 dan meninggal di RSUP Dr. Sardjito, Jogja, 6 Februari. Kemudian Djudjuk diperistri oleh Teguh Slamet Rahardjo pada 1970. Dan sejak saat itulah Djudjuk mendampingi suaminya mengurusi grup lawak yang jumlah anggota-nya sangat banyak tersebut.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi