Sejarah Hari Ini : 6 Desember 1992, Penghancuran Masjid Babri India

Insiden penghancuran Masjid Babri di India merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Ginanjar Saputra/Rohmah Ermawati - Solopos.com
Senin, 6 Desember 2021 - 03:05 WIB

SOLOPOS.COM - Masjid Babri di Ayodhya India (indiatvnews.com)

Solopos.com, SOLO — Sekelompok besar aktivis Kar sevak dari Vishva Hindu Parishad dan Partai Janata Bharatiya menghancurkan Masjid Babri di Kota Ayodhya, Uttar Pradesh, India, pada 6 Desember 1992. Pembongkaran terjadi setelah rapat umum politik yang diselenggarakan oleh organisasi nasionalis Hindu di situs berubah menjadi kekerasan.

Dalam tradisi Hindu, Kota Ayodhya adalah tempat kelahiran Rama. Pada abad ke-16 seorang jenderal Mughal, Mir Baqi, telah membangun sebuah masjid, yang dikenal sebagai Masjid Babri di sebuah situs yang diidentifikasi oleh beberapa orang Hindu sebagai Ram Janmabhoomi, atau tempat kelahiran Rama. Pembongkaran masjid itu mengakibatkan kerusuhan antarkomunitas selama beberapa bulan antara komunitas Hindu dan Muslim di India, yang menyebabkan kematian sedikitnya 2.000 orang.

Peristiwa penghancuran Masjid Babri merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Desember, hari ke-340—hari ke-341 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian.

Baca juga: Omicron Merebak di 20 Negara, WHO Minta Asia-Pasifik Waspada

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 6 Desember yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1240

Pasukan Kekaisaran Mongol yang dipimpin Batu Khan berhasil merebut wilayah Kiev dari Kerajaan Halych-Volynia. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Mongol melakukan pengepungan selama lebih dari sepekan.

1768

Untuk kali pertama, Encyclopædia Britannica diterbitkan. Encyclopædia Britannica merupakan ensiklopedia umum tertua di dunia yang masih terbit hingga kini. Sejumlah pihak menganggap artikel-artikel pada ensiklopedia itu akurat, tepercaya, dan ditulis dengan baik. Sejak 2012 lalu, Encyclopædia Britannica Inc. sebagai penerbit memutuskan untuk menghentikan edisi cetak dan hanya berfokus pada edisi digital.

1917

Finlandia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia. Sebelumnya, Finlandia dikuasai Rusia sejak 1809 setelah lepas dari cengkeraman Swedia.

1916

Pasukan Blok Poros berhasil menguasai Kota Bucharest di Rumania setelah bertempur melawan pasukan Rumania dan Rusia selama 10 hari. Namun demikian, kekuasaan Blok Poros di Bucharest tak berlangsung lama, hanya sampai November 1918.

Baca juga: Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

1917

Kapal perusak milik Amerika Serikat (AS), USS Jacob Jones, tenggelam di perairan dekat Brest, Prancis setelah ditorpedo pasukan Jerman yang menggunakan kapal selam SM U-53. USS Jacob Jones merupakan kapal perusak milik AS pertama yang berhasil ditenggelamkan pasukan musuh.

1922

Kawasan Irish Free State lepas dari Britania Raya, setahun setelah penandatangan Persetujuan Inggris-Irlandia. Wilayah tersebut lantas berdiri sebagai negara yang kini bernama Republik Irlandia.

1928

Pembantaian Pisang atau Masacre de las bananera berlangsung di Cienaga, Kolombia. Sasaran pembantaian itu adalah pekerja United Fruit Company. Awal mulanya, pejabat Amerika Serikat di Kolombia dan pejabat United Fruit mencap mogok kerja yang dilakukan pekerja Unite Fruit Company sebagai tindakan komunis yang agak subversif. Pemerintah Amerika Serikat mengancam akan mengutus Korps Marinir AS. untuk menyerbu Kolombia apabila pemerintah Kolombia tidak berusaha melindungi kepentingan United Fruit. Pemerintahan konservatif Miguel Méndez mengerahkan Angkatan Darat Kolombia untuk menghentikan mogok kerja secara paksa. Penembakan oleh tentara Kolombia menewaskan banyak pekerja.

1941

Sehari setelah mendeklarasikan perang terhadap Finlandia, Inggris menyatakan akan segera memberikan bantuan kepada Uni Soviet dalam Perang Kontinuasi melawan Finlandia. Camp X di Kanada pun dibuka untuk menggelar pelatihan bagi pasukan rahasia Sekutu demi mengalahkan Finlandia dalam Perang Kontinuasi.

Baca juga: China Desak Penghentian Pengeboran di Natuna, Ini Respons Indonesia

1991

Pasukan Yugoslavia membombardir Kota Dubrovnik, Kroasia setelah hanya mengepungnya selama tujuh bulan. Akibat upaya tentara Yugoslavia meredam pemberontakan di Kroasia itu, 19 orang meninggal dunia dan 60 lainnya luka-luka.

1992

Masjid Babri di Ayodhya, India dihancurkan kelompok ekstrem yang mengatasnamakan diri mereka sebagai aktivis Kar Sevak. Akibat pengancuran masjid yang berdiri sejak abad ke-16 itu, sekitar 2.000 orang kehilangan nyawa mereka.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif