Sejarah Hari Ini : 6 Desember 1992, Penghancuran Masjid Babri India

Insiden penghancuran Masjid Babri di India merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

 Masjid Babri di Ayodhya India (indiatvnews.com)

SOLOPOS.COM - Masjid Babri di Ayodhya India (indiatvnews.com)

Solopos.com, SOLO — Sekelompok besar aktivis Kar sevak dari Vishva Hindu Parishad dan Partai Janata Bharatiya menghancurkan Masjid Babri di Kota Ayodhya, Uttar Pradesh, India, pada 6 Desember 1992. Pembongkaran terjadi setelah rapat umum politik yang diselenggarakan oleh organisasi nasionalis Hindu di situs berubah menjadi kekerasan.

Dalam tradisi Hindu, Kota Ayodhya adalah tempat kelahiran Rama. Pada abad ke-16 seorang jenderal Mughal, Mir Baqi, telah membangun sebuah masjid, yang dikenal sebagai Masjid Babri di sebuah situs yang diidentifikasi oleh beberapa orang Hindu sebagai Ram Janmabhoomi, atau tempat kelahiran Rama. Pembongkaran masjid itu mengakibatkan kerusuhan antarkomunitas selama beberapa bulan antara komunitas Hindu dan Muslim di India, yang menyebabkan kematian sedikitnya 2.000 orang.

Peristiwa penghancuran Masjid Babri merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Desember, hari ke-340—hari ke-341 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian.

Baca juga: Omicron Merebak di 20 Negara, WHO Minta Asia-Pasifik Waspada

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 6 Desember yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1240

Pasukan Kekaisaran Mongol yang dipimpin Batu Khan berhasil merebut wilayah Kiev dari Kerajaan Halych-Volynia. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Mongol melakukan pengepungan selama lebih dari sepekan.

1768

Untuk kali pertama, Encyclopædia Britannica diterbitkan. Encyclopædia Britannica merupakan ensiklopedia umum tertua di dunia yang masih terbit hingga kini. Sejumlah pihak menganggap artikel-artikel pada ensiklopedia itu akurat, tepercaya, dan ditulis dengan baik. Sejak 2012 lalu, Encyclopædia Britannica Inc. sebagai penerbit memutuskan untuk menghentikan edisi cetak dan hanya berfokus pada edisi digital.

1917

Finlandia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia. Sebelumnya, Finlandia dikuasai Rusia sejak 1809 setelah lepas dari cengkeraman Swedia.

1916

Pasukan Blok Poros berhasil menguasai Kota Bucharest di Rumania setelah bertempur melawan pasukan Rumania dan Rusia selama 10 hari. Namun demikian, kekuasaan Blok Poros di Bucharest tak berlangsung lama, hanya sampai November 1918.

Baca juga: Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

1917

Kapal perusak milik Amerika Serikat (AS), USS Jacob Jones, tenggelam di perairan dekat Brest, Prancis setelah ditorpedo pasukan Jerman yang menggunakan kapal selam SM U-53. USS Jacob Jones merupakan kapal perusak milik AS pertama yang berhasil ditenggelamkan pasukan musuh.

1922

Kawasan Irish Free State lepas dari Britania Raya, setahun setelah penandatangan Persetujuan Inggris-Irlandia. Wilayah tersebut lantas berdiri sebagai negara yang kini bernama Republik Irlandia.

1928

Pembantaian Pisang atau Masacre de las bananera berlangsung di Cienaga, Kolombia. Sasaran pembantaian itu adalah pekerja United Fruit Company. Awal mulanya, pejabat Amerika Serikat di Kolombia dan pejabat United Fruit mencap mogok kerja yang dilakukan pekerja Unite Fruit Company sebagai tindakan komunis yang agak subversif. Pemerintah Amerika Serikat mengancam akan mengutus Korps Marinir AS. untuk menyerbu Kolombia apabila pemerintah Kolombia tidak berusaha melindungi kepentingan United Fruit. Pemerintahan konservatif Miguel Méndez mengerahkan Angkatan Darat Kolombia untuk menghentikan mogok kerja secara paksa. Penembakan oleh tentara Kolombia menewaskan banyak pekerja.

1941

Sehari setelah mendeklarasikan perang terhadap Finlandia, Inggris menyatakan akan segera memberikan bantuan kepada Uni Soviet dalam Perang Kontinuasi melawan Finlandia. Camp X di Kanada pun dibuka untuk menggelar pelatihan bagi pasukan rahasia Sekutu demi mengalahkan Finlandia dalam Perang Kontinuasi.

Baca juga: China Desak Penghentian Pengeboran di Natuna, Ini Respons Indonesia

1991

Pasukan Yugoslavia membombardir Kota Dubrovnik, Kroasia setelah hanya mengepungnya selama tujuh bulan. Akibat upaya tentara Yugoslavia meredam pemberontakan di Kroasia itu, 19 orang meninggal dunia dan 60 lainnya luka-luka.

1992

Masjid Babri di Ayodhya, India dihancurkan kelompok ekstrem yang mengatasnamakan diri mereka sebagai aktivis Kar Sevak. Akibat pengancuran masjid yang berdiri sejak abad ke-16 itu, sekitar 2.000 orang kehilangan nyawa mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini

Siapkan 3 Opsi, Menag Berharap Ibadah Haji Bisa Dimulai 5 Juni

Pemerintah Arab Saudi belum menyampaikan keputusan terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 setelah terjadi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron.

Potensi Desa Jadi Sasaran Survei Mahasiswa Pariwisata Indonesia

Mahasiswa pariwisata Indonesia mengadakan survei potensi desa pada wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Diputuskan! Ini Nama Ibu Kota Negara yang Baru di Kalimantan Timur

Presiden Joko Widodo menyetujui nama ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, yakni Nusantara.

Pelaku Perjalanan dari Turki Penyumbang Terbanyak Kasus Omicron di RI

Pemerintah terus memantau perkembangan pengendalian pandemi Covid-19 termasuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

+ PLUS Kepala Daerah Ditangkap KPK Bukti Politik Dinasti Jalan Korupsi Politik

Korupsi politik adalah bentuk transaksi yang dilakukan antaraktor sektor privat dan publik melalui barang publik yang secara ilegal dikonversi ke dalam pertukaran yang bersifat privat.

Dituntut Mati Terkait Kasus Asabri, Nasib Heru Hidayat Ditentukan Besok

Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), Heru Hidayat, dituntut hukuman mati terkait kasus korupsi dana investasi PT Asabri.

+ PLUS Pidana Mati Predator Seksual Bukan Solusi untuk Pemulihan Korban

Predator seksual di Bandung, Jawa Barat, Herry Wirawan, yang memerkosa 13 santriwati, dituntut pidana mati dan denda serta pidana tambahan berupa kebiri kimiawi.

Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Lebak Banten

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 5,4 mengguncang Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Senin (17/1/2022) pukul 07.25 WIB.

10 Berita Terpopuler: 10 Hari, Menunggu Keputusan Ustaz Yusuf Mansur

Ulasan tentang ustaz Yusuf Mansur menggelar yasinan selama 40 hari untuk menghadapi orang-orang yang dirasa menyerang dirinya menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Senin (17/1/2022).

Solopos Hari Ini: Dilema PTM 100%

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100% diliputi dilema ancaman penularan Covid-19 khususnya varian Omicron yang kian meluas.

Kucurkan Rp5,6 M ke Yusuf Mansur, Nur Syamsu Yakin Uang Kembali

Nama besar Ustaz Yusuf Mansur yang membuat dirinya tidak punya prasangka macam-macam saat ditawari investasi pada tahun 2009 silam. 

MAKI: Harusnya Kejakgung Tak Ada Kendala Tangani Korupsi di Kemenhan

Apabila kasus melibatkan oknum TNI, Kejaksaan Agung tidak memiliki kendala karena memiliki Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer.

Penggugat: Yusuf Mansur Berjanji Ganti Semua Investasi Batu Bara

Menurut Zaini, dai kondang itu pernah berjanji di hadapan para investor bahwa dirinya akan mengganti seluruh uang investasi jemaahnya. 

Dinyinyiri, Ustaz Yusuf Mansur Banyak Dibela Warganet

Dai kondang itu menggerakkan seluruh santri yang berada di jaringan pondok pesantrennya untuk menggelar yasinan selama 40 hari.

Pertambahan Kubah Lava Gunung Merapi Seiring Kekaguman pada Metaverse

Jika dikonversikan ke muatan truk pasir yang biasa melintas di jalanan pertambahan kubah lava Gunung Merapi itu setara dengan 400 bak truk per hari.

Ini Para Penjaga Ustaz Yusuf Mansur

Bertabur doa mengiringi postingan Yusuf Mansur pada Jumat (14/1/2022) itu.