SOLOPOS.COM - Lukisan karya William Hodges yang menggambarkan Masjid Babri. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 6 Desember 1992, Masjid Babri di Ayodhya, India dihancurkan kelompok ekstrem yang mengatasnamakan diri mereka sebagai aktivis Kar Sevak.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-340—hari ke-341 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 6 Desember.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 6 Desember yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 6 Desember:

1240
Pasukan Kekaisaran Mongol yang dipimpin Batu Khan berhasil merebut wilayah Kiev dari Kerajaan Halych-Volynia. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Mongol melakukan pengepungan selama lebih dari sepekan.

Ekspedisi Mudik 2024

1768
Untuk kali pertama, Encyclopædia Britannica diterbitkan. Encyclopædia Britannica merupakan ensiklopedia umum tertua di dunia yang masih terbit hingga kini. Sejumlah pihak menganggap artikel-artikel pada ensiklopedia itu akurat, tepercaya, dan ditulis dengan baik. Sejak 2012 lalu, Encyclopædia Britannica Inc. sebagai penerbit memutuskan untuk menghentikan edisi cetak dan hanya berfokus pada edisi digital.

Bendera Finlandia yang digunakan saat ini. (Wikimedia.org)
Bendera Finlandia yang digunakan saat ini. (Wikimedia.org)

1917
Finlandia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia. Sebelumnya, Finlandia dikuasai Rusia sejak 1809 setelah lepas dari cengkeraman Swedia.

1916
Pasukan Blok Poros berhasil menguasai Kota Burcarest di Rumania setelah bertempur melawan pasukan Rumania dan Rusia selama 10 hari. Namun demikian, kekuasaan Blok Poros di Bucharest tak berlangsung lama, hanya sampai November 1918.

1917
Kapal perusak milik Amerika Serikat (AS), USS Jacob Jones, tenggelam di perairan dekat Brest, Prancis setelah ditorpedo pasukan Jerman yang menggunakan kapal selam SM U-53. USS Jacob Jones merupakan kapal perusak milik AS pertama yang berhasil ditenggelamkan pasukan musuh.

1922
Kawasan Irish Free State lepas dari Britania Raya, setahun setelah penandatangan Persetujuan Inggris-Irlandia. Wilayah tersebut lantas berdiri sebagai negara yang kini bernama Republik Irlandia.

1941
Sehari setelah mendeklarasikan perang terhadap Filandia, Inggris menyatakan akan segera memberikan bantuan kepada Uni Soviet dalam Perang Kontinuasi melawan Finlandia. Camp X di Kanada pun dibuka untuk menggelar pelatihan bagi pasukan rahasia Sekutu demi mengalahkan Finlandia dalam Perang Kontinuasi.

Timothy Filiga Cahill. (Fifa.com)
Timothy Filiga Cahill. (Fifa.com)

1979
Timothy Filiga Cahill lahir di Sydney, Australia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola legenda di salah satu klub besar di Inggris, Everton. Pasalnya, Cahill membela rival sekota Liverpool itu dari 2004 sampai 2012. Sejak 2016 lalu, Cahill bergabung ke salah klub di negara asalnya, Melbourne City.

1991
Pasukan Yugoslavia membombardir Kota Dubrovnik, Kroasia setelah hanya mengepungnya selama tujuh bulan. Akibat upaya tentara Yugoslavia meredam pemberontakan di Kroasia itu, 19 orang tewas dan 60 lainnya luka-luka.

1992
Masjid Babri di Ayodhya, India dihancurkan kelompok ekstrem yang mengatasnamakan diri mereka sebagai aktivis Kar Sevak. Akibat pengancuran masjid yang berdiri sejak abad ke-16 itu, sekitar 2.000 orang kehilangan nyawa mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya