Para personel The Beatles. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — The Beatles meluncurkan lagu pertamanya berjudul Love Me Do, 5 Oktober 1962. Love Me Do kemudian mengantarkan The Beatles kepada kesuksesan dan membuat grup musik asal Inggris itu kini menjadi legenda.

Peluncuran lagu perdana The Beatles itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 5 Oktober. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 5 Oktober yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 5 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1450 Orang-orang Yahudi diusir dari kawasan Bavaria Bawah yang kini menjadi bagian wilayah Jerman. Pengusiran itu dilakukan atas perintah penguasa Bavaria, Louis IX.

[caption id="attachment_1022958" align="alignnone" width="500"]Penguasa Bavaria, Louis IX, yang mengusir Yahudi dari wilayahnya. (Wikimedia.org) Penguasa Bavaria, Louis IX, yang mengusir Yahudi dari wilayahnya. (Wikimedia.org)[/caption]

1864 Badai topan mendera wilayah Kalkuta, India. Alhasil, sekitar 60.000 orang tewas akibat bencana tersebut. Badai topan itu merupakan yang terbesar dan paling mematikan yang pernah mendera Kalkuta.

1910 Portugal secara resmi berubah dari negara monarki menjadi republik. Sebelumnya, Portugal merupakan kerajaan yang berdiri sejak 1139.

1915 Bulgaria mulai terlibat dalam Perang Dunia I yang berlangsung sejak 1914. Dalam perang tersebut, Bulgaria bergabung dengan Blok Sentral bersama Kekaisaran Jerman, Austria-Hungaria, dan Kesultanan Ottoman.

1948 Gempa bumi berkekuatan 7,3 sR mengguncang wilayah dekat Ashgabat, Turkmenistan. Bencana alam tersebut menyebabkan sekita 110.000 orang kehilangan nyawa mereka.

1962 The Beatles meluncurkan lagu pertamanya berjudul Love Me Do. Love Me Do lantas mengantarkan The Beatles menuju ketenaran setelah lagu tersebut berhasil bercokol di nomor 17 tangga lagu Inggris.

1969 Tiongkok mengumumkan telah melakukan uji coba bom hidrogen di wilayah barat daratan Tiongkok. Uji coba itu tak lain disebabkan perlombaan beberapa negara dalam membuat perangkat perang di masa Perang Dingin.

1975 Kate Elizabeth Winslet lahir di Reading, Berkshire, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai aktris ternama yang pernah membintangi sejumlah film. Salah satu perannya yang terkenal ialah sebagai Rose Dewitt Bukater di film layar lebar Titanic yang dirilis pada 1997.

1991 Pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara jatuh di Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur setelah lepas landas dari Landasan Udara Halim Perdana Kusuma. Kecelakaan pesawat itu menewaskan 119 orang di pesawat termasuk 11 awak, serta 2 orang orang di daratan.

[caption id="attachment_1022959" align="alignnone" width="500"]Steve Paul Jobs. (Biography.com) Steve Paul Jobs. (Biography.com)[/caption]

2011 Steven Paul Jobs meninggal dunia di rumahnya di Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS). Ia meninggal akibat komplikasi kanker pankreas langka. Semasa hidupnya, Jobs dikenal luas sebagai pendiri Apple Inc.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten