SOLOPOS.COM - Jembatan Golden Gate, San Francisco, Amerika Serikat. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Konstruksi Jembatan Golden Gate di sepanjang Teluk San Fransisco mulai dikerjakan pada 5 Januari 1933. Ini adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco, Amerika Serikat.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-5 sesuai sistem Kelender Gregorian, 5 Januari.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 5 Januari yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Hari Ini Dalam Sejarah:

Penemu alat rontgen, Wilhelm Conrad Rontgen. (Wikimedia.org)
Penemu alat rontgen, Wilhelm Conrad Rontgen. (Wikimedia.org)

1896

Seorang ahli fisika asal Jerman, Wilhelm Conrad Rontgen, menemukan alat radiasi sinar X yang disebut dengan nama dirinya, rontgen.

Bahkan dengan penemuan alat tersebut membuat Rontgen menjadi fisikawan Jerman pertama yang meraih penghargaan nobel. Kemudian alat temuannya itu menandai dimulainya revolusi kedokteran modern.

1933

Konstruksi Jembatan Golden Gate di sepanjang Teluk San Fransisco mulai dikerjakan pada 5 Januari. Ini adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco, Amerika Serikat.

Untuk diketahui, jembatan ini menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Kemudian panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air.

1945

Pemerintah Uni Soviet mengakui pemerintahan baru Polandia yang pro terhadap negaranya.

Polandia merupakan negara republik di Eropa Tengah yang berbastasan dengan Rusia di sebelah selatan. Pada masa itu, Uni Soviet merupakan negara yang memiliki pengaruh besar di dunia.

Albert Manoempak Sipahoetar. (Wikimedia.org)
Albert Manoempak Sipahoetar. (Wikimedia.org)

1948

Albert Manoempak Sipahoetar, seorang jurnalis Indonesia dan salah satu tokoh pendiri Kantor Berita Antara meninggal di usia 33 tahun.

Bahkan pria kelahiran Tarutung, Tapanuli Utara itu telah menjadi pemimpin dua surat kabar, yakni Sinar Marhaen dan Zaman Kita pada usia 20 tahun.

1963

Universitas Brawijaya yang biasa disebut Unbra atau Unibraw merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang didirikan di Kota Malang lewat SK Menteri PTIP No. 1 tahun 1963.

Unibraw memiliki kampus pusat di Malang dan beberapa kampus cabang di Kediri, Kasembon, Jakarta, dan Probolinggo. Bahkan kampus ini mendapat akreditasi A dari hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

1972

Pesiden Amerika Serikat Richard Mihous Nixon mengumumkan program pesawat ulang alik ruang angkasa (Space Shuttle) yang digarap oleh National Aeronatics and Space Administration (NASA).

Kemudian, ia bersama sekretaris jendral (Sekjen) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), U Thant menandatangani plakat khusus yang rencananya akan ditempatkan di permukaan bulan.

1973

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) didirikan. Partai politik tersebut dideklarasikan atas hasil musyawarah empat partai keagamaan. Yakni Partai Nahdlatul Ulama, Partai Serikat Islam Indonesia, Persatuan Tarbiyah Isalamiyah, dan Parmusi.

Penggabungan keempat partai itu bertujuan untuk menyederhanakan sistem kepartaian di Indonesia menjelang pemilihan umum pertama pada masa Orde Baru.

Kevin Lilliana lahir 5 Januari 1996
Kevin Lilliana (Wikipedia.org)

1996

Kevin Lilliana lahir di Bandung, 5 Januari 1996 adalah model yang juga merupakan Runner-Up 1 kontes kecantikan Puteri Indonesia 2017. Juga dimahkotai sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017 yang berasal dari Jawa Barat. Kemudian menjadi pemenang kontes Miss International 2017. Dia mendapatkan beasiswa S-2 di University of Washington, Amerika Serikat.

2009



Serangan tentara Israel terhadap pasukan Hamas memasuki hari ke-10.  Bahkan akibat serangan tentara Israel itu ribuan orang tewas menjadi korban. Untuk diketahui serangan tentara Israel itu merupakan serangan balik terhadap aksi pasukan Hamas yang menggempur Israel dengan roket.

Para tahanan di Camp X-Ray, penjara militer di Teluk Guantanamo, Kuba, Januari 2002. (Wikimedia.org)
Para tahanan di Camp X-Ray, penjara militer di Teluk Guantanamo, Kuba, Januari 2002. (Wikimedia.org)

2010

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama mengupayakan penutupan penjara militer di Teluk Guantanamo, Kuba. Penjara ini dipakai untuk menahan sejumlah tokoh yang oleh pemerintah Amerika Serikat dianggap sebagai anggota dari Al-Qaeda dan Taliban.

2012

Bendungan di dekat Campos de Goytacazes, Brazil ambrol yang membuat ribuan warga mengungsi. Ambrolnya bendungan itu menyebabkan banjir dan tanah longsor yang menimpa rumah warga.

2013

Dahlan Iskan, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada masa pemerintaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mengalami kecelakaan di wilayah Magetan saat melakukan uji coba mobil listrik Tucuxi.

Tucuxi merupakan mobil listrik produksi Indonesia yang masih dalam tahap purwarupa. Mobil tersebut didesain oleh Danet Suryatama, alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (UTS) Surabaya dan University of Michingan, Amerika Serikat (AS).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya