Tutup Iklan
Cristiano Ronaldo saat bertanding bersama Juventus melawan Chievo di Allianz Stadium, Turin, Italia, pada pekan ke-20 Liga Serie A Italia musim 2018-2019, Selasa (22/1/2019) dini hari WIB. (Reuters-Massimo Pinca)

Solopos.com, SOLO — Pada 5 Februari 1985, Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Funchal, Madeira, Portugal. Pria tersebut kini dikenal sebagai salah satu pemain terhebat di dunia sepak bola.

Lahirnya Cristiano Ronaldo itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa pada 5 Februari yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut http://www.solopos.com">Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 5 Februari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 5 Februari:

http://img.solopos.com/upload/img/pompeii.jpg" alt="" width="600" height="400" />Sisa-sisa Kota Pompeii. (Wikimedia.org)
62
Gempa bumi memporak-porandakan Kota Pompeii dan Herculaneum. Para arkeolog meyakini gempa bumi tersebut sebagai bencana terbesar yang melanda Pompeii dan Heruclaneum sebelum meletusnya Gunung Vesuvius pada 79. Pompeii adalah sebuah kota di dekat Napoli, Italia yang kini tinggal puing-puing bangunan.

1782
Pasukan Spanyol berhasil merebut Pulau Minorca dari cengkeraman Inggris. Pulau Minorca berlokasi di Laut Tengah dan merupakan pulau terbesar kedua di Kepulauan Baleares. Keberhasilan Spanyol itu diraih setelah melakukan invasi sejak 19 Agustus 1781.

1918
Kapal milik Inggris, SS Tuscania, tenggelam setelah ditorpedo kapal selam milik Jerman di lepas pantai Irlandia. SS Tuscania menjadi kapal pengangkut pasukan Amerika Serikat (AS) ke Eropa pertama yang tenggelam akibat ditorpedo kapal selam milik Jerman.

1918
Pilot asal Amerika Serikat (AS), Stephen W. Thompson, berhasil menembak jatuh pesawat tempur milik Jerman di langit Saarbrucken, Jerman. Peristiwa itu menjadikan Thompson sebagai pilot pertama dari AS yang memenangi pertempuran udara atas Jerman dalam Perang Dunia I.

1933
Awak kapal De Zeven Provincien milik pemerintah Hindia-Belanda melakukan pemberontakan di kapal tersebut. Kapal tersebut yang berlabuh di Pelabuhan Uleelheue, Banda Aceh, diambil alih oleh beberapa awak kapal demi merebutnya dari tangan pemerintah Hindia-Belanda. Pemberontakan itu dipicu pengurangan gaji para awak kapal sebesar 17%. Pemberontakan baru berhenti setelah kapal tersebut dibom menggunakan pesawat milik pemerintah Hindia-Belanda.

1941
Pasukan Sekutu menyerang Kota Keren di wilayah Eritrea, Afrika bagian timur demi merebutnya dari Italia. Serangan itu kemudian memecah pertempuran antara Sekutu dan Italia hingga hampir dua bulan. Sekutu pada akhirnya berhasil menang dan merebut Kota Keren dari cengkeraman Italia.

1984
Carlos Alberto Martinez Tevez lahir di Ciudadela, Buenos Aires, Argentina. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni West Ham United, Manchester United, Manchester City, dan Juventus. Kini, Teves membela salah satu klub di tanah kelahirannya, Boca Juniors.

1985
Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro lahir di Funchal, Madeira, Portugal. Kini, ia menjadi mega bintang sepak bola yang bermain untuk salah satu klub raksasa di Italia, Juventus. Sebelum bergabung dengan Juventus pada pertengahan 2018 lalu, Ronaldo pernah membela beberpa klub besar seperti Manchester United dan Real Madrid. Pemain yang biasa dipasang sebagai winger dan striker itu telah meraih penghargaan Ballon D'Or sebanyak lima kali.

http://img.solopos.com/upload/img/neymar.jpg" alt="" width="600" height="400" />Neymar da Silva Santos Junior. (Reuters-Benoit Tessie)
1992
Neymar da Silva Santos Junior dilahirkan di Mogi das Cruzes, Brasil. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub besar di Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) sejak 2017. Sebelum membela PSG, Neymar pernah membela salah satu klub raksasa di Spanyol, Barcelona, dari 2013 hingga 2017.

2000
Sebanyak 60 sampai 82 orang di Novye Aldi, Groznensky, Chechnya tewas dibantai anggota Satuan Polisi Khusus Rusia. Persitiwa itu merupakan bagian dari pembersihan anggota gerakan separatis di Chechnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten