Kategori: Internasional

Sejarah Hari Ini: 5 Desember 1901 Kelahiran Walter Elies Disney


Solopos.com/Arif Fajar Setiadi

Solopos.com, SOLO – Walter Elies Disney yang kemudian dikenal dengan Walt Disney lahir pada 5 Desember 1901. Walter Elies Disney kemudian menjadi seorang produser film, sutradara, dan animator. Bahkan Walt juga menjadi pengisi suara.

Walter kemudian mendirikan Walt Disney Productions bersama Roy O. Disney. Salah satu karakter yang dikenal dan menjadi ikon ciptaan Walt Disney adalah Mickey Mouse dan Donald Duck. Walt pun menjadi pengisi suara karakter Mickey Mouse pada awal kemunculannya.

Walt Disney menjadi salah satu peristiwa bersejarah pada 5 Desember. Berbagai peristiwa lainnya juga terjadi pada 5 Desember, berikut Solopos.com rangkum dari Wikipedia.org, Okezone.com, dan Thepeoplehistory.com .

1936

Konstitusi Soviet atau Konstitusi Stalin diadopsi untuk menata ulang pemerintahan Uni Soviet pada 5 Desember. Kemudian konstitusi tersebut mencabut pembatasan pemungutan suara dan menambahkan hak bekerja yang dijamin konstitusi sebelumnya.

Dengan Konstitusi 1936 mengubah nama Komite Eksekutif Pusat menjadi Majelis Agung Uni Soviet. Seperti pendahulunya, majelis ini terdiri atas dua kamar, yaitu Majelis Kesatuan dan Majelis Kebangsaan.

1941

Inggris secara resmi mendeklarasikan perang terhadap Rumania, Hungaria, dan Filandia. Keputusan Inggris itu diambil setelah ketiga negara tersebut diketahui bergabung dengan Blok Poros dalam Perang Dunia II.

1943

Sekutu yang melaksanakan Operasi Crossbow mulai membombardir objek-objek vital milik Jerman yang dianggap menyimpan senjata rahasia, di antaranya di Cherbourg, Prancis. Serangan tersebut merupakan salah satu yang terbesar yang dilakukan Sekutu terhadap Jerman sepanjang Operasi Crossbow. Operasi Crossbow berlangsung Agustus 1943 hingga Mei 1945.

Bunker La Coupole di Prancis yang menjadi salah satu target Operasi Crossbow. (Wikimedia.org)

1945

Penerbangan 19 merupakan kesatuan Angkatan Udara dari lima pesawat pengebom Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Penerbangan itu terakhir kali terlihat saat lepas landas di Fort Lauderdale, Florida pada 5 Desember.
Namun, pesawat-pesawat itu dikabarkan menghilang setelah mengirimkan laporan mengenai gejala pemandangan aneh yang dianggap tidak masuk akal. Diduga kelima pesawat tersebut menghilang di daerah yang kini dikenal dengan Segitiga Bermuda.

1957

Peristiwa Sinterkelas Hitan. Presiden Soekarno menyatakan warga Belanda yang tinggal di Indonesia sebagai suatu hal berbahaya bagi negara. Warga Belanda pun diserukan untuk meninggalkan Indonesia dalam waktu dekat.
Persitiwa yang lantas disebut dengan Sinterklas Hitam itu disebabkan ketegangan Indonesia dan Belanda dalam perebutan Papua Barat.

1959

TKR Laut pun sempat mengalami perubahan nama, dari Tentara Republik Indonesia Laut (TRI Laut) hingga akhirnya menjadi ALRI.
Selanjutnya, setelah kualitas unsur armada semakin canggih dan modern serta kuantitasnya semakin besar. Maka terbentuklah sebuah Komando Armada, yang berdasarkan SK KSAL No. A. 4/2/10 tanggal 14 September 1959 diresmikan pembentukannya pada 5 Desember 1959 oleh KSAL Komodor Laut R.E. Martadinata. Setiap tanggal tersebut pun diperingati sebagai Hari Armada RI.

2013

Nelson Mandela (wikipedia.org)

Neslon Mandela meninggal dunia di usia 95 tahun setelah infeksi paru-paru yang ia derita semakin parah. Sebelum dinyatakan meninggal, Nelson sempat koma selama beberapa bulan. Semasa hidupnya, Nelson dikenal sebagai revolusioner sekaligus orang berkulit hitam pertama yang berhasil memangku jabatan sebagai presiden di Afrika Selatan.

 

 

Share
Dipublikasikan oleh
Arif Fajar Setiadi