SOLOPOS.COM - Peta negara China (China Maps)

Solopos.com, SOLO – Dinasti Xin yang berkuasa selama 14 tahun di China runtuh pada 4 Oktober 23. Peristiwa ini menjadi salah satu catatan sejarah dunia yang patut di kenang.

Selain itu, ada sejumlah peristiwa lain yang layak dikenang pada 4 Oktober. Simak rangkuman catatan peristiwa dunia hari ini yang dirangkum Solopos.com dari The People History dan Wikipedia berikut:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

23

Pasukan pemberontak menduduki dan menghancurkan ibu kota Kerajaan Dinasti Xin, yakni Chang’an. Pemimpin dinasti tersebut, Wang Mang, lantas dibunuh dua hari kemudian. Peristiwa itu sekaligus menjadi tanda runtuhnya Dinasti Xin yang sudah berdiri selama 14 tahun.

1302

Perang Bizantium-Venesia yang berlangsung sejak 1296 berakhir dengan ditandatanganinya perjanjian damai. Republik Venesia dinyatakan menang dalam perang tersebut. Meski demikian, Republik Venesia bersedia mengembalikan beberapa wilayah Kekaisaran Bizantium yang berhasil dikuasai. Sedangkan Kekaisaran Bizantium bersedia mengganti kerugian yang dialami Republik Venesia selama perang.

1636

Pasukan Swedia mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan pasukan Saxony dalam Pertempuran Wittstock, di sebelah barat laut Berlin, Jerman. Di salah satu pertempuran di masa Perang 30 Tahun itu, pasukan Kekaisaran Romawi Suci dan Saxony harus kehilangan sekitar 5.000 tentaranya, sedangkan Swedia hanya kehilangan sekitar 3.100 tentara.

1777

Salah satu pertempuran antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Inggris di masa Perang Revolusi Amerika meletus di Germantown, Pennsylvania, AS. Dalam pertempuran tersebut, pasukan AS pimpinan George Washington berhasil mengalahkan pasukan Inggris yang dipimpin Sir William Howe

1853

Kesultanan Ottoman menyatakan perang terhadap Kekaisaran Rusia lantaran ketegangan kedua negara yang telah berlarut-larut. Deklarasi itu lantas memicu Perang Krimea yang melibatkan beberapa negara dan berlangsung hingga 1856.

 Ilustrasi Perang Krimea. (Wikimedia.org)

Ilustrasi Perang Krimea. (Wikimedia.org)

1917

Pasukan Sekutu berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Broodseinde di Broodseinde, Flandaria dekat Ypers, Belgia. Salah satu pertempuran di masa Perang Dunia I itu menyebabkan sekitar 30.000 tentara Jerman dan sekitar 20.000 tentara Sekutu meregang nyawa.

Tentara Sekutu menyita artileri milik Jerman yang digunakan dalam Pertempuran Broodseinde, 1917. (Wikimedia.org)

Tentara Sekutu menyita artileri milik Jerman yang digunakan dalam Pertempuran Broodseinde, 1917. (Wikimedia.org)

1942

Amerika Serikat diharuskan membayar pajak Perang Dunia II sebesar US$36 miliar. Adapun pajak tersebut dipakai untuk membiayai semua kebutuhan pasukan selama Perang Dunia II.

1954

Model sekaligus artis seksi Amerika Serikat, Marilyn Monroe, mengumumkan perceraiannya dengan pemain bisbol terbaik dunia, Joe DiMaggio. Dia memutuskan berpisah setelah menikah selama sembilan bulan karena mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

1966

Kerajaan Lesotho meraih kemerdekaan penuh dari Inggris. Sebelummnya, Inggris telah menguasai Lesotho sejak 1869. Lesotho merupakan negara kecil di Afrika bagian selatan.

1993

Presiden Rusia Boris Yeltsin memerintahkan para tentara untuk membombardir gedung parlemen di Moskow, Rusia menggunakan tank. Hal itu dilakukan demi meredam aksi para demonstran yang mengungkapkan rasa tak puas mereka terhadap kinerja pemerintah. Serangan militer itu lantas menewaskan sekitar 187 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya