Sejarah Hari Ini: 4 Mei 1979 Margaret Thatcher Dilantik Jadi PM Inggris

Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 4 Mei.

 Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher (Wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO –Margaret Thatcher resmi dilantik menjadi perdana menteri Inggris pada 4 Mei 1979. Pelantikan itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai wanita pertama yang memangku jabatan sebagai perdana menteri  Inggris.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 4 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Napoleon Bonaparte (Timetoast.com)
Napoleon Bonaparte (Timetoast.com)

1814

Pemimpin Prancis Napoleon Bonaparte tiba di Pulau Elba untuk memulai masa pengasingannya yang pertama setelah kalah perang dari Rusia, Austria, dan Prusia. Napoleon Bonaparte kemudian berhasil malarikan diri dari Pulau Elba dan kembali memimpin Prancis pada 20 Maret 1815.

1861

Pertempuran antara pasukan Belanda dan pasukan Banjar meletus di wilayah Paringin yang kini menjadi bagian dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Pangeran Miradipa dan Pangeran Syarif Umar tewas dalam Pertempuran Paringin tersebut.

Baca juga: Ini Pelaku Penembakan Anggota Koramil Yalimo dan Istri di Elelim Papua

1904

Pembangunan Terusan Panama yang sebelumnya dilakukan pihak Prancis sejak 1880 dan terhenti pada 1893 dilanjutkan pihak Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, Prancis menghentikan pembangunan Terusan Panama karena banyak penyakit yang menyerang para pekerja.

1945

Pasukan Jerman yang ada di Belanda dan Denmark menyerah kepada Inggris. Pasukan Jerman itu menyerah setelah Sekutu mengklaim kemenangannya atas Jerman dan pengakuan kekalahan dari pihak Jerman dalam Perang Dunia II.

1959

Untuk kali pertama, Grammy Award digelar oleh National Academy of Recording Arts and Sciences demi memberikan apresiasi kepada karya musisi yang diciptakan pada 1958. Grammy Award pertama itu digelar di Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills California dan Park Sheraton Hotel di New York City, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Jokowi Berbincang dengan Presiden Ukraina via Telepon, Bahas Apa?

1979

Margaret Thatcher resmi dilantik menjadi perdana menteri Inggris pada 4 Mei 1979. Pelantikan itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai wanita pertama yang memangku jabatan sebagai perdana menteri Inggris.

1980

Presiden pertama Yugolavia Joseph Broz Tito meninggal dunia pada usia 87 tahun. Tito meninggal dunia saat masih menjabat sebagai presiden. Ia menjabat sebagai presiden Yugoslavia sejak 1953. Setelah kematiannya, posisi Tito sebagai presiden Yugoslavia digantikan Lazar Kolisevski.

1987

Jorge Lorenzo Guerrero lahir di Palma de Mallorca, Spanyol. Kini, namanya dikenal luas sebagai pembalap sepeda motor dalam ajang Moto GP. Sejak mengikuti kompetisi Moto GP pada 2008 silam, Lorenzo telah meraih gelar juara sebanyak tiga kali.

1987

Francesc Fabregas Soler lahir di Arenys de Mar, Spanyol. Saat ini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang merumput bersama klub ternama di tanah Inggris, yakni Chelsea. Sebelum bergabung dengan Chelsea pada 2014 lalu, pemain yang kini akrab disapa Cesc Fabregas itu juga pernah membela klub besar lain di Eropa, yakni Barcelona dan Arsenal.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 30 April 2022 Siaran TV Analog Mulai Dihentikan

1998

Unjuk rasa yang berakhir kerusuhan besar terjadi di wilayah Medan, Indonesia. Peristiwa tersebut kemudian dianggap sebagai awal rangkaian unjuk rasa di berbagai wilayah di Indonesia menuntut reformasi.

2009

Kapal kargo milik Korea Utara (Korut) selamat dari serangan bajak laut di perairan Somalia setelah dibantu kapal perang milik Korea Selatan (Korsel) yang sedang berpatroli di kawasan tersebut pada 4 Mei.

2013

Berawal pada penghadangan etnis Jukun yang hendak ke pemakaman melintas di Kota Kecil Wukari, Negara Bagian Taraba, Nigeria oleh pemuda etnis Hausa dan Fulani menyebabkan bentrokan. Sebanyak 39 orang meningal, puluhan luka.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

+ PLUS Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

Berita Terkini

Mungkinkah Duet Anies-Ganjar di Pilpres 2024, Begini Analisisnya

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mewacanakan duet Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 menjadi pemersatu bangsa

Singkong Makanan Utama Petapa Zaman Majapahit

Singkong ternyata menjadi makanan utama para petapa pada zaman Majapahit karena menyehatkan dan mendukung laku hidup sederhana. Mengemuka dugaan singkong telah menjadi bagian tradisi petapa jauh sebelum masa Majapahit

IHSG Dibuka Melemah 6.973,12, Sejumlah Saham Ambrol

Pembukaan perdagangan saham hari ini, Rabu (29/6/2022), IHSG dibuka melemah

1,7 Juta Bayi Belum Imunisasi, Black Campaign Picu Kesenjangan Imunitas

Pada periode 2019-2021, Kementerian Kesehatan mencatat 1,7 juta bayi belum memperoleh imunisasi dasar. Black campaign antiimunisasi yang disampaikan terang-terangan melalui seminar maupun talkshow melahirkan kesenjangan imunitas di kalangan anak-anak.

Apresiasi Prestasi Mahasiswa, UMS Gelar Student Achievement Award 2022

Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Student Achievement Award (SAA) 2022.

10 Berita Terpopuler: 11 Daerah Wajib MyPertamina & Piala Presiden 2022

Ulasan tentang 11 daerah yang wajib menerapkan MyPertamina untuk membeli Pertalite-Solar dan Piala Presiden 2022 menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Rabu (29/6/2022).

Wapres: Pernikahan Beda Agama Dilarang

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan sesuai fatwa MUI pernikahan beda agama haram dilakukan.

Duh, 1,7 Juta Bayi di Indonesia Belum Peroleh Imunisasi Dasar

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan kondisi tersebut berdampak pada peningkatan jumlah kasus penyakit yang seharusnya bisa dicegah lewat imunisasi atau PD3I.

Butuh Kerja Sama Antarnegara Mencegah Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo menyerukan negara G7 dan G20 bersama-sama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang agar tidak jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem.

Sejarah Hari Ini: 29 Juni 1957, Menara Tokyo Mulai Dibangun

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di belahan dunia pada 29 Juni.

Ladang Ganja 10 Hektare Ditemukan di Cianjur, Lokasinya di Tengah Hutan

Polres Cianjur menemukan ladang ganja seluas 10 hektare di lereng Gunung Karuhan, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

Kedaulatan Pangan Benteng Menghadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo pada pekan lalu meminta jajarannya fokus mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan. Langkah ini sangat penting sebagai upaya menghadapi krisis pangan global yang mulai melanda berbagai negara di belahan dunia.

UIN Salatiga Serahkan 54 Kambing untuk Guru Ngaji di Temanggung

Bantuan kambing UIN Salatiga untuk guru ngaji di Temanggung itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Belajar dari Friendster yang Tumbang karena Kepopulerannya Sendiri

Pada 2004, Friendster menjadi jejaring sosial online terkemuka di dunia. Namun, sejumlah keputusan buruk yang diambil manajemen perusahaan justru perlahan menyuntik mati Friendster dari jagad maya.

BSI Pimpin Sindikasi Proyek Tol Semarang-Demak Rp1,34 Triliun

Investasi jalan tol Semarang-Demak mencapai Rp5,44 Triliun. Dalam kredit sindikasi ini, BSI berperan sebagai Joint Mandated Lead Arranger (JMLA) bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.