Sejarah Hari Ini: 4 Mei 1959, Grammy Award Pertama Digelar
Trofi Grammy Award yang diberikan untuk musisi yang menerima penghargaan. (Grammy.com)

Solopos.com, SOLO — Grammy Award untuk kali pertama digelar oleh National Academy of Recording Arts and Sciences, 4 Mei 1959, demi memberikan apresiasi kepada karya musisi yang diciptakan pada 1958. Grammy Award pertama itu digelar di Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills California dan Park Sheraton Hotel di New York City, Amerika Serikat (AS).

Digelarnya Grammy Award yang pertama itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 4 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 4 Mei:

1904
Pembangunan Terusan Panama yang sebelumnya dilakukan pihak Prancis sejak 1880 dan terhenti pada 1893 dilanjutkan pihak Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, Prancis menghentikan pembangunan Terusan Panama karena banyak penyakit yang menyerang para pekerja.

Muhammad Hosni Said Mubarak. (Biography.com)
1928
Muhammad Hosni Said Mubarak lahir di Kafr-El Meselha, Monufia, Mesir. Pada usia 53 tahun, ia menjabat sebagai Presiden ke-4 Mesir. Hosni Mubarak menjabat sebagai Presiden Mesir dari 1981 hingga 2011.

1945
Pasukan Jerman yang ada di Belanda dan Denmark menyerah kepada Inggris. Pasukan Jerman itu menyerah setelah Sekutu mengklaim kemenangannya atas Jerman dan pengakuan kekalahan dari pihak Jerman dalam Perang Dunia II.

1959
Grammy Award untuk kali pertama digelar oleh National Academy of Recording Arts and Sciences demi memberikan apresiasi kepada karya musisi yang diciptakan pada 1958. Grammy Award pertama itu digelar di Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills California dan Park Sheraton Hotel di New York City, Amerika Serikat (AS).

1979
Margaret Thatcher resmi dilantik menjadi perdana menteri Inggris. Pelantikan itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai wanita pertama yang memangku jabatan sebagai perdana menteri Inggris.

Josip Broz Tito. (Slavorum.com)
1980
Presiden pertama Yugolavia Josip Broz Tito meninggal dunia pada usia 87 tahun. Ia meninggal saat masih menjabat sebagai presiden. Tito menjabat sebagai presiden Yugoslavia sejak 1953. Setelah kematiannya, jabatan presiden Yugoslavia dipangku Lazar Kolisevski.

1987
Jorge Lorenzo Guerrero lahir di Palma de Mallorca, Spanyol. Kini, ia dikenal sebagai pembalap sepeda motor dalam ajang Moto GP. Sejak mengikuti kompetisi Moto GP pada 2008 silam, Lorenzo telah meraih gelar juara sebanyak tiga kali.

1987
Francesc Fabregas Soler lahir di Arenys de Mar, Spanyol. Saat ini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang merumput bersama klub ternama di tanah Inggris, yakni Chelsea. Sebelum bergabung dengan Chelsea pada 2014 lalu, pemain yang kini akrab disapa Cesc Fabregas itu juga pernah membela klub besar lain di Eropa, yakni Barcelona dan Arsenal.

1998
Unjuk rasa yang berakhir kerusuhan besar terjadi di Medan, Indonesia. Peristiwa itu menjadi awal rangkaian unjuk rasa di berbagai wilayah di Indonesia yang menuntut reformasi.

2009
Kapal kargo milik Korea Utara (Korut) selamat dari serangan bajak laut di perairan Somalia setelah dibantu kapal perang milik Korea Selatan (Korsel) yang sedang berpatroli di kawasan tersebut. Peristiwa itu dianggap aneh oleh sejumlah kalangan mengingat Korut dan Korsel bermusuhan selama lebih dari 50 tahun saat peristiwa itu terjadi. Pihak Korut juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Korsel setelah diselamatkan dari serangan bajak laut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom