Sejarah Hari Ini: 4 Maret 1665, Perang Inggris-Belanda II Meletus
Lukisan karya Pieter Cornelisz van Soest berjudul Dutch Attack on the Medway, Juni 1667, menampilkan pertempuran pada Perang Inggris-Belanda II. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Raja Inggris, Charles II, mendeklarasikan perang terhadap Belanda, 4 Maret 1665. Inggris berusaha mengakhiri dominasi Belanda atas perdagangan dunia.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 4 Maret. Berikut rangkuman Hari Ini Dalam Sejarah, 4 Maret, yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1152

Friedrich I juga dikenal sebagai Friedrich Barbarossa, merupakan seorang Kaisar Romawi Suci dari tahun 1155 sampai kematiannya. Kemudian ia terpilih sebagai Raja Jerman di Frankfurt pada tanggal 4 Maret 1152.

1238

Pertempuran antara pasukan Mongol dan pasukan Kerajaan Vladimir meletus di kawasan yang kini dikenal dengan nama Yaroslavl, Rusia. Kemudian pasukan Mongol yang dipimpin Batu Khan berusaha menginvasi Kerajaan Vladimir yang berada di bawah kekuasaan Yuri II. Sehingga bentrok kedua pasukan itu kini dikenal dengan nama Pertempuran Sungai Sit.

1439

Christopher Colombus tiba di Pelabuhan Lisbon, Portugal setelah melakukan perjalanan panjang pada 4 Maret. Kemudian dalam perjalanan panjangnya itu, ia menemukan pulau yang kini disebut dengan Bahama dan pulau-pulau kecil lainnya di Karibia.

1665

Raja Inggris, Charles II, mendeklarasikan perang terhadap Belanda. Bahkan Inggris berusaha mengakhiri dominasi Belanda atas perdagangan dunia. Selanjutnya perang itu dikenang dengan nama Perang Inggris-Belanda II.

1776

Thomas Jefferson dilantik sebagai presiden ke-3 Amerika Serikat (AS) pada 4 Maret. Namun, sebelum menjadi presiden, Jefferson dikenal luas sebagai orang yang menulis naskah deklarasi kemerdekaan AS.

1933

Franklin D. Roosevelt resmi menjadi presiden ke-32 Amerika Serikat (AS). Kemudian dalam pidato pelantikannya, Roosevelt berjanji akan membawa AS keluar dari masa krisis.

1954

Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), John Foster Dulles, mengeluarkan peringatan kepada seluruh negara di dunia tentang bahaya paham komunis pada 4 Maret. Bahkan ia juga menyebut paham komunis telah melanda sebagian negara barat.

John Lennon. (Johnlennon.com)
John Lennon. (Johnlennon.com)

1966

Vokalis The Beatles, John Lennon, melontarkan pernyataan kontroversial yang dimuat di salah satu surat kabar di Inggris, London Evening Standard. Ia menyatakan The Beatles lebih populer dibanding Yesus Kristus. Pernyataan itu mengakibatkan The Beatles dilarang menggelar konser di beberapa tempat.

Charlie Chaplin. (Wikipedia.org)
Charlie Chaplin. (Wikipedia.org)

1975

Pada usianya yang ke-86 tahun, Charlie Chaplin dianugerahi gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris oleh Ratu Elizabeth II pada 4 Maret. Selanjutnya ia menyandang gelar Sir di depan namanya. Adapun anugerah itu diterima Chaplin karena telah memberikan banyak kontribusi di dunia hiburan Inggris.

1985

Teuku Wisnu lahir di Jakarta, 4 Maret 1985 adalah pemain sinetron berdarah Aceh. Pria yang mempunyai tinggi 175 cm dan berat 68 kg ini sudah membintangi sejumlah sinetron, film, dan iklan. Kemudian pada 17 November 2013 Teuku Wisnu menikah dengan Shireen Sungkar.

2005

PBB mengeluarkan pernyataan resmi bahwa virus HIV telah mewabah di sejumlah negara di Benua Afrika. Bahkan tercatat pada saat itu, 90 juta orang di benua Afrika terinfeksi virus HIV.

 

Sumber: Wikipedia.org, Thepeoplehistory.com, Brainyhistory.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom