SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Pada 4 April 1949, 12 negara menandatangani North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlatic Utara di Washington, D.C., Amerika Serikat (AS). Penandatanganan itu kemudian ditetapkan sebagai hari pembentukan NATO.

Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 4 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut ini Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 4 April:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1287
Kerajaan Hanthawaddy didirikan di Myanmar oleh Wareru yang lantas menjadi seorang raja. Wareru juga mendeklrasikan kemerdekaan Kerajaan Hanthawaddy dari Kerajaan Pagan.

Bendera Schutz Staffel. (Wikimedia.org)
1925
Adolf Hitler membentuk Schutz Staffel (SS) atau Skuadron Pelindung berjumlah sekitar 300 orang. Saat Hitler menjabat sebagai pemimpin Jerman pada 1933, SS berkembang pesat dan memiliki anggota sekitar 50.000 orang. Kelompok yang awalnya dibentuk sebagai pasukan pengawal itu kemudian berubah dan dianggap sebagai pasukan elit Jerman.

1939
Faisal II dinobatkan sebagai raja di Irak ketika usianya masih tiga tahun. Meski begitu, paman Faisal II, Abdullah, mendampingi Faisal II dalam memimpin Irak hingga Faisal II dianggap cukup dewasa untuk memegang kekuasaan seorang diri.

1944
Di masa Perang Dunia II, pasukan Sekutu untuk kali pertama melancarkan serangan bom di Bucharest, Rumania. Peristiwa itu menewaskan sekitar 300 penduduk sipil di Bucharest. Setelah itu, pasukan Sekutu beberapa kali melancarkan serangan hingga 1945.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut penampungan milik pasukan Jerman di Thuringia, Jerman. Selain itu, seluruh tahanan perang di penampungan tersebut dibebaskan.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) meraih kemenangan atas pasukan Jerman di Kassel, Jerman. Setelah memenangi pertempuran yang berlangsung selama empat hari itu, pasukan AS kemudian menduduki wilayah Kassel.

1945
Uni Soviet berhasil mengusir pasukan Jerman dari Hungaria. Uni Soviet lantas menduduki Hungaria dan menjadikannya salah satu negara anggota Uni Soviet. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991, Hungaria mengembangkan ikatan yang lebih erat dengan negara-negara di Eropa Barat. Hungaria bergabung dengan NATO pada 1999 dan Uni Eropa pada 11 Mei 2004.

1949
Sebanyak 12 negara menandatangani North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlatic Utara di Washington, D.C., Amerika Serikat (AS). Negara-negara yang menandatangani itu ialah AS, Inggris, Prancis, Belgia, Belanda, Denmark, Italia, Luksemburg, Norwegia, Islandia, Kanada, dan Portugal.

1968
Seorang aktivis ternama asal Amerika Serikat (AS), Martin Luther King Junior, ditembak mati oleh James Earl Ray di sebuah hotel di Memphis, Tennessee, AS. Pembunuhan kepada sang aktivis itu menimbulkan sejumlah kerusuhan di beberapa kota di AS yang dilakukan oleh warga yang menuntut Presiden AS Lyndon Johnson untuk segara menuntaskan kasus tersebut. James Earl Ray lantas dijatuhi hukuman 99 tahun kurungan penjara.

Tubagus Armand Maulana. (Instagram-@armandmaulana04)
1971
Tubagus Armand Maulana lahir di Bandung, Jawa Barat. Kini, namanya dikenal luas sebagai musisi sekaligus vokalis di grup musik Gigi. Armand merambah dunia musik sejak 1985.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya