Sejarah Hari Ini: 31 Agustus 1997, Lady Diana Meninggal Kecelakaan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 31 Agustus. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum berbagai peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 31 Agustus, yang salah satunya meninggalnya Diana Frances Spencer yang sebelumnya dikenal sebagai Lady Diana.

Sejarah Hari Ini: 31 Agustus 1997, Lady Diana Meninggal Kecelakaan

SOLOPOS.COM - Diana Frances Spencer. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Pada 31 Agustus 1997, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, Diana Frances Spencer yang sebelumnya dikenal sebagai Lady Diana, meninggal dunia setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, mengalami kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis.

Meninggalnya Diana itu merupakan salah satu peristiwa pada 31 Agustus yang dikenang hingga kini. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 31 Agustus yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 31 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1056
Ratu Bizantium, Theodora, meninggal dunia setelah mengalami sakit selama beberapa hari. Kematian Theodora sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Makedonia di Bizantium.

1422
Raja Inggris Henry V meninggal dunia karena mengalami disentri atau radang usus. Henry V lantas digantikan putranya, Henry VI, yang masih berusia sembilan bulan.

1795
Pasukan Inggris berhasil menguasai wilayah Trincomalee di Ceylon atau kini Srilanka yang dikuasai Republik Batavia atau kini Belanda. Tak sampai setahun kemudian, seluruh wilayah Ceylon berhasil dikuasai Inggris.


Lukisan Gunung Saint-Quentin karya Arthur Streeton, 1918. (Wikimedia.org)
1918
Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Gunung Saint-Quentin dekat Peronne Picardy, Prancis. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama Australia selama terlibat dalam serangan 100 hari yang dilancarkan Sekutu sejak 8 Agustus.

1920
Pertempuran Komarow, salah satu pertempuran dalam Perang Polandia-Soviet Rusia, meletus di Komarow, dekat Zamosc, Polandia. Pertempuran tersebut beralangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan telak Polandia.

1941
Pasukan Chetnik, gerakan anti-Blok Poros di Serbia, mengalahkan pasukan Jerman yang menduduki Kota Loznica di Serbia. Atas kemenangan itu, pasukan Chetnik berhasil mengusir tentara Jerman dari wilayah Loznica.

1957
Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Malaya, Pulau Pinang, dan Malaka yang tergabung dalam Federasi Malaya. Sebelum memberikan kemerdekaan itu, Inggris telah menguasai wilayah Malaya sejak 1824.


Jose Manuel Reina Paez alias Pepe Reina. (Reuters)
1982
Jose Manuel Reina Paez lahir di Madrid, Spanyol. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjagga gawang dengan panggilan Pepe Reina. Kini, ia membela salah satu klub di Italia, AC Milan, sejak 2018. Sebelumnya, Reina pernah membela klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2005 hingga 2014 dan klub besar di Jerman, Bayern Munchen, dari 2014 sampai 2015.

1997
Diana Frances Spencer, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, meninggal dunia pada usia 36 tahun setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, mengalami kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis. Diana sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pitie-Salpetriere di Paris, namun nyawanya tak tertolong.

2005
Kericuhan terjadi di Jembatan Al-Aaimmah, Bagdad, Irak menewaskan 953 orang saat ribuan jemaah Syiah melewati jembatan tersebut untuk berziarah. Keributan itu bermula saat seorang peziarah memancing kepanikan ribuan orang dengan menuding salah seorang lainnya sedang membawa bom. Kepanikan itu berujung kericuhan dan membuat ratusan orang jatuh ke dari jembatan tersebut ke Sungai Tigris dan sebagian lainnya meninggal karena berdesakan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.