Sejarah Hari Ini: 31 Agustus 1997, Lady Diana Meninggal Kecelakaan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pada 31 Agustus 1997, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, Diana Frances Spencer yang sebelumnya dikenal sebagai Lady Diana, meninggal dunia setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, mengalami kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis.

Meninggalnya Diana itu merupakan salah satu peristiwa pada 31 Agustus yang dikenang hingga kini. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 31 Agustus yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 31 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1056
Ratu Bizantium, Theodora, meninggal dunia setelah mengalami sakit selama beberapa hari. Kematian Theodora sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Makedonia di Bizantium.

1422
Raja Inggris Henry V meninggal dunia karena mengalami disentri atau radang usus. Henry V lantas digantikan putranya, Henry VI, yang masih berusia sembilan bulan.

1795
Pasukan Inggris berhasil menguasai wilayah Trincomalee di Ceylon atau kini Srilanka yang dikuasai Republik Batavia atau kini Belanda. Tak sampai setahun kemudian, seluruh wilayah Ceylon berhasil dikuasai Inggris.


Lukisan Gunung Saint-Quentin karya Arthur Streeton, 1918. (Wikimedia.org)
1918
Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Gunung Saint-Quentin dekat Peronne Picardy, Prancis. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama Australia selama terlibat dalam serangan 100 hari yang dilancarkan Sekutu sejak 8 Agustus.

1920
Pertempuran Komarow, salah satu pertempuran dalam Perang Polandia-Soviet Rusia, meletus di Komarow, dekat Zamosc, Polandia. Pertempuran tersebut beralangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan telak Polandia.

1941
Pasukan Chetnik, gerakan anti-Blok Poros di Serbia, mengalahkan pasukan Jerman yang menduduki Kota Loznica di Serbia. Atas kemenangan itu, pasukan Chetnik berhasil mengusir tentara Jerman dari wilayah Loznica.

1957
Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Malaya, Pulau Pinang, dan Malaka yang tergabung dalam Federasi Malaya. Sebelum memberikan kemerdekaan itu, Inggris telah menguasai wilayah Malaya sejak 1824.


Jose Manuel Reina Paez alias Pepe Reina. (Reuters)
1982
Jose Manuel Reina Paez lahir di Madrid, Spanyol. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjagga gawang dengan panggilan Pepe Reina. Kini, ia membela salah satu klub di Italia, AC Milan, sejak 2018. Sebelumnya, Reina pernah membela klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2005 hingga 2014 dan klub besar di Jerman, Bayern Munchen, dari 2014 sampai 2015.

1997
Diana Frances Spencer, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, meninggal dunia pada usia 36 tahun setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, mengalami kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis. Diana sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pitie-Salpetriere di Paris, namun nyawanya tak tertolong.

2005
Kericuhan terjadi di Jembatan Al-Aaimmah, Bagdad, Irak menewaskan 953 orang saat ribuan jemaah Syiah melewati jembatan tersebut untuk berziarah. Keributan itu bermula saat seorang peziarah memancing kepanikan ribuan orang dengan menuding salah seorang lainnya sedang membawa bom. Kepanikan itu berujung kericuhan dan membuat ratusan orang jatuh ke dari jembatan tersebut ke Sungai Tigris dan sebagian lainnya meninggal karena berdesakan.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Geram Proyek GOR Indoor Manahan Tak Selesai, DPRD Solo: Jangan Terulang Lagi!

Pimpinan DPRD Solo geram dengan pelaksanaan proyek lanjutan GOR Indoor Manahan yang tak selesai sesuai target.

Luhut Restui Liga 2 Bergulir 26 September

Liga 2 digelar di kabupaten atau kota dengan status PPKM Level 2 dan 3.

Pameran UVO 2021, Perajin : Lebih Praktis, Bisa Promosi dari Rumah

Para perajin usaha kecil menengah (UKM), merasa terbantu dengan gelaran UKM Virtual Expo (UVO) II 2021 yang diselenggarakan Pemprov Jateng.

Coldplay Tiba-Tiba Colek Presiden Jokowi di Twitter, Ada Apa?

Band asal Inggirs, Coldplay lewat cuitan Twitter mengajak Presiden Jokowi untuk mengikuti Acara Global Citizen Live.

Liga 2 Kian Dekat, Tunggakan Gaji Pemain Persis Solo Musim Lalu Belum Beres

Manajemen Persis Solo musim lalu menunggak gaji 18 pemain sekitar enam bulan.

Kenali Gejala Kanker Paru-Paru Seperti Diidap Legenda Bulutangkis Verawaty Fajrin

Mantan atlet bulutangkis Verawaty Fajrin didiagnosis menderita kanker paru-paru sejak Maret 2020 lalu.

Diberi Gelar Kanjeng Pangeran, Gibran Juga Dapat Pesan ini Dari Raja Keraton Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat beberapa pesan dan arahan seusai menerima gelar Kanjeng Pangeran dari Raja Keraton Solo.

Suzuki Lakukan Product Quality Update Untuk Jimny

Terkait Product Quality Update, Suzuki akan melakukan perbaikan kualitas produk terhadap model Jimny yang dijual di Indonesia.

Catat! Syarat Masuk Pasar Klewer Solo Akan Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyebut perlunya penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk masuk ke Pasar Klewer.

Kasus Perusakan Nisan Makam, Permakaman Muslim Polokarto Sukoharjo Punya Aturan Ketat

Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, yang sebelumnya dilaporkan terdapat kasus perusakan makam, memiliki sejumlah aturan ketat.

Puan Maharani Terima Beasiswa PIP, Begini Kisahnya...

Rano Karno mengaku terkejut ketika ada pelajar bernama Puan Maharani dan masuk dalam program PIP.

Warga Blora Senang Diajari Buat POC dan Pestisida Nabati oleh KKN UNS Tim 28

Mahasiswa KKN UNS Tim 28 mengajarkan pembuatan pembuatan pupuk organic cair (POC) dan pestisida nabati di Dukuh Beran, Randublatung, Blora.

Kembali Dilonggarkan, Hajatan di Solo Boleh Undang 50 Orang

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali melonggarkan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada pekan ini.

Operasi Patuh Semeru Digelar di Madiun, Ini Targetnya

Polres Madiun menggelar Operasi Patuh Semeru 2021 selama dua pekan, mulai Senin (20/9/2021) dengan fokus razia protokol kesehatan.

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.