SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pada 31 Agustus 1997, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, Diana Frances Spencer yang sebelumnya dikenal sebagai Lady Diana, meninggal dunia setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, mengalami kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis.

Meninggalnya Diana itu merupakan salah satu peristiwa pada 31 Agustus yang dikenang hingga kini. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 31 Agustus yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 31 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1056
Ratu Bizantium, Theodora, meninggal dunia setelah mengalami sakit selama beberapa hari. Kematian Theodora sekaligus mengakhiri kekuasaan Dinasti Makedonia di Bizantium.

1422
Raja Inggris Henry V meninggal dunia karena mengalami disentri atau radang usus. Henry V lantas digantikan putranya, Henry VI, yang masih berusia sembilan bulan.

1795
Pasukan Inggris berhasil menguasai wilayah Trincomalee di Ceylon atau kini Srilanka yang dikuasai Republik Batavia atau kini Belanda. Tak sampai setahun kemudian, seluruh wilayah Ceylon berhasil dikuasai Inggris.


Lukisan Gunung Saint-Quentin karya Arthur Streeton, 1918. (Wikimedia.org)
1918
Pasukan Australia berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Gunung Saint-Quentin dekat Peronne Picardy, Prancis. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama Australia selama terlibat dalam serangan 100 hari yang dilancarkan Sekutu sejak 8 Agustus.

1920
Pertempuran Komarow, salah satu pertempuran dalam Perang Polandia-Soviet Rusia, meletus di Komarow, dekat Zamosc, Polandia. Pertempuran tersebut beralangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan telak Polandia.

1941
Pasukan Chetnik, gerakan anti-Blok Poros di Serbia, mengalahkan pasukan Jerman yang menduduki Kota Loznica di Serbia. Atas kemenangan itu, pasukan Chetnik berhasil mengusir tentara Jerman dari wilayah Loznica.

1957
Pemerintah Inggris memberikan kemerdekaan kepada Malaya, Pulau Pinang, dan Malaka yang tergabung dalam Federasi Malaya. Sebelum memberikan kemerdekaan itu, Inggris telah menguasai wilayah Malaya sejak 1824.


Jose Manuel Reina Paez alias Pepe Reina. (Reuters)
1982
Jose Manuel Reina Paez lahir di Madrid, Spanyol. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjagga gawang dengan panggilan Pepe Reina. Kini, ia membela salah satu klub di Italia, AC Milan, sejak 2018. Sebelumnya, Reina pernah membela klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2005 hingga 2014 dan klub besar di Jerman, Bayern Munchen, dari 2014 sampai 2015.

1997
Diana Frances Spencer, janda Pangeran Charles–putra mahkota Kerajaan Inggris, meninggal dunia pada usia 36 tahun setelah mobil yang ia tumpangi bersama kekasihnya, Dodi Al Fayed, mengalami kecelakaan di Terowongan Pont de L’alma, Paris, Prancis. Diana sempat dilarikan ke Rumah Sakit Pitie-Salpetriere di Paris, namun nyawanya tak tertolong.

2005
Kericuhan terjadi di Jembatan Al-Aaimmah, Bagdad, Irak menewaskan 953 orang saat ribuan jemaah Syiah melewati jembatan tersebut untuk berziarah. Keributan itu bermula saat seorang peziarah memancing kepanikan ribuan orang dengan menuding salah seorang lainnya sedang membawa bom. Kepanikan itu berujung kericuhan dan membuat ratusan orang jatuh ke dari jembatan tersebut ke Sungai Tigris dan sebagian lainnya meninggal karena berdesakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya