Jan Pieterszoon Coen. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Gubernur Jenderal Hindia-Belanda, Jan Pieterszoon Coen, menaklukkan Jayakarta atau kini Jakarta, 30 Mei 1619. Nama Jayakarta kemudian diubah menjadi Batavia.

Penaklukan Jakarta itu merupakan salah satu dari berbagai peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 30 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 30 Mei:

1536
Raja Inggris, Henry VIII, menikahi Jane Seymour sebagai istri ketiga yang kelak ia percaya menjadi ratu. Henry VIII adalah raja Inggris yang dikenal memiliki banyak istri.

1619
Gubernur Jenderal Hindia-Belanda, Jan Pieterszoon Coen, menaklukkan Jayakarta—kini Jakarta—dan mengganti namanya menjadi Batavia. Hari penaklukan tersebut lantas diperingati sebagai hari jadi Kota Batavia.

Pemadangan Pulau Elba di masa kini, pulau yang pernah menjadi tempat pengasingan Napoleon Bonaparte. (Lifeinitaly.com)
1814
Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte diasingkan ke Pulau Elba di sebelah selatan Italia. Ia diasingkan setelah kekalahannya dari Rusia, Austria, dan Prusia.

1922
Monumen Lincoln resmi berdiri di National Mall, Washington D.C., Amerika Serikat (AS). Monumen tersebut didirikan demi memperingati jasa-jasa presiden ke-16 AS, Abraham Lincoln.

1937
Untuk kali pertama, pihak asing terlibat dalam Perang Saudara Spanyol. Pihak asing itu adalah Jerman yang bergabung dengan pasukan nasionalis dan berusaha mengalahkan pasukan loyalis. Keterlibatan Jerman dalam Perang Saudara Spanyol itu mendapatkan kecaman dari beberapa negara.

1941
Manolis Glezos dan Apostolos Santas mendaki Acropolis di Athena, Yunani untuk menurunkan bendera Jerman. Perbuatan tersebut dilakukan demi melemahan kekuasaan Jerman di Yunani.

1942
Kota Cologne di Jerman remuk-redam setelah dibombardir pasukan Sekutu menggunakan ratusan pesawat pengebom. Tidak berfungsinya alat peringatan kedatangan pesawat musuh di kota tersebut memudahkan pasukan Sekutu melancarkan serangan udara.

1967
Setelah menyatakan dukungannya kepada negara-negara Arab yang menolak pendirian negara Israel, Uni Soviet mulai mengirimkan dukungan berupa alat perang. Sebanyak 10 kapal perang dikirimkan Uni Soviet demi mendukung negara-negara Arab dalam mengalahkan Israel dalam Perang Arab-Israel.

Steven George Gerrard. (Givemesport.com)
1980
Steven George Gerrard lahir di Whiston, Merseyside, Inggris. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola legendaris bagi klub Liverpool. Gerrard bergabung dengan Liverpool sejak berusia tujuh tahun di tim junior. Ia lantas dinobatkan sebagai kapten Liverpool di tim senior mulai 2003 hingga kepindahannya ke klub L.A. Galaxy pada 2015.

1990
Im Yoon-ah lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Ia lantas dikenal sebagai salah satu personel girl band ternama Korea Selatan, Girl’s Generation (SNSD) dari 2007 hingga sekarang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten