SOLOPOS.COM - Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai lahir di Badung, Bali, 30 Januari 1917. (Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — I Gusti Ngurah Rai lahir di Desa Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali pada 30 Januari 1917, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia kemudian dikenal sebagai pemimpin militer di Bali saat fase Perang Kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 30 Januari yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 30 Januari, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perjanjian Münster tahun 1648 lukisan karya Gerard ter Borch (Wikimedia.org)

1648

Perdamaian Münster adalah perjanjian antara Republik Belanda dan Spanyol yang disepakati pada 30 Januari. Ini adalah perjanjian penting dan salah satu peristiwa besar dalam sejarah Belanda. Melalui perjanjian ini, Belanda akhirnya merdeka dari Imperium Spanyol. Perjanjian ini adalah bagian dari Perdamaian Westfalen yang mengakhiri Perang Tiga Puluh Tahun dan Perang Delapan Puluh Tahun.

1917

I Gusti Ngurah Rai lahir di Desa Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Ia kemudian dikenal sebagai pemimpin militer di Bali saat fase Perang Kemerdekaan Indonesia.

Namanya ditetapkan sebagai salah satu pahlawan nasional pada 1975 silam. Kini, namanya digunakan sebagai nama bandara di Bali, yakni Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

1942

Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Sekutu meletus di Ambon, Hindia-Belanda atau kini Indonesia pada 30 Januari. Pertempuran itu berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Jepang.  Lebih dari 300 tentara Sekutu yang tertangkap dibantai pasukan Jepang di Lapangan Laha, Ambon.

1944

Pasukan Sekutu yang menyerbu wilayah Cisterna, Anzio, Italia dan memicu pertempuran dengan pasukan Jerman. Pertempuran itu berlangsung selama empat hari dan berakhir dengan kemenangan Jerman. Sekutu harus kehilangan 311 tentaranya yang tewas dan 450 tentara yang ditawan dalam pertempuran tersebut.

1945

Kapal penumpang milik Jerman, Wilhelm Gustloff, yang dipadati pengungsi Jerman, tenggelam di Laut Baltik setelah ditorpedo oleh kapal selam milik Uni Soviet pada 30 Januari. Sekitar 9.500 orang tewas dalam peristiwa yang dianggap sebagai musibah pelayaran paling mematikan itu.

1945

Pasukan Amerika Serikat (AS) bersama pasukan Filipina menyerbu Kota Cabanatuan, Filipina yang dikuasai Jepang. Dalam penyerbuan itu, pasukan AS dan pasukan Filipina berhasil membebaskan lebih dari 500 tentara Sekutu yang ditawan Jepang.

Patung Mahatma Gandhi saat peringatan kelahiran Gandhi ke 144, di Ahmedabad, Gujarat 2 Oktober 2013. (Reuters-Amit Dave)
Patung Mahatma Gandhi saat peringatan kelahiran Gandhi ke 144, di Ahmedabad, Gujarat 2 Oktober 2013. (Reuters-Amit Dave)

1948

Pemimpin spiritual sekaligus politikus di India, Mohandas Karamchand Gandhi alias Mahatma Gandhi, dibunuh seorang lelaki Hindu, Nathuram Godse, yang marah karena menganggap Gandhi terlalu memihak kepada umat Islam dibandingkan umat Hindu.

Gandhi tewas setelah ditembak tiga kali di Birla House, New Delhi, India pada 30 Januari. Kini, Birla House menjadi museum bernama Gandhi Smriti yang didedikasikan untuk Mahatma Gandhi.

1968

Pasukan Vietnam Utara mulai melancarkan serangan besar-besaran ke Vietnam Selatan. Serangan itu kemudian dilakukan dalam tiga fase, yakni pada 30 Januari hingga 28 Maret 1968, 5 Mei sampai 15 Juni 1968, dan 17 Agustus hingga 23 September 1968.

Meskipun Vietnam Utara kehilangan tentara lebih banyak dibanding Vietnam Selatan, serangan ini dianggap sebagai titik balik Vietnam Utara untuk mencapai kemenangan dalam Perang Vietnam. Serangan itu kini dikenang dengan sebutan Serangan Tet lantaran dimulai tepat pada Tahun Baru Vietnam yang dalam bahasa Vietnam disebut Tet Nguyen Dan.

The Beatles. (Thebeatles.com)
The Beatles. (Thebeatles.com)

1969

Untuk kali terakhir, The Beatles tampil bermusik di hadapan publik sebelum akhirnya bubar. Konser terakhir The Beatles itu digelar di atap gedung Apple Records di London, Inggris. Sayangnya, konser terakhir The Beatles itu dibubarkan polisi saat tengah berlangsung.

1972

Tentara Inggris menembaki warga sipil yang berdemonstrasi menuntut hak-hak sipil di Dery, Irlandia Utara pada 30 Januari. Akibatnya, sebanyak 14 orang tewas tertembak. Kemudian pPeristiwa yang terjadi di masa Konflik Inggris-Irlandia Utara itu kini dikenang dengan nama Bloody Sunday atau Minggu Berdarah lantaran terjadi pada Minggu.

1981

Dimitar Ivanov Berbatov lahir di Blagoevgrad, Bulgaria. Namanya kemudian menjadi terkenal setelah menjadi pemain sepak bola dan pernah membela dua klub besar di Inggris, yakni Tottenham Hotspur dari 2006 sampai 2008 dan Manchester United sejak 2008 sampai 2012. Kini, pemain sepak bola yang berposisi sebagai striker itu membela salah satu klub di India, Kerala Blasters.

2007



Sidney Sheldon, seorang pengarang Amerika meninggal dunia pada 30 Januari. Sebagai pengarang, Sidney Sheldon memperoleh sejumlah penghargaan dalam tiga bidang kariernya. Yakni sebagai penulis drama Broadway, pengarang skenario TV dan film Hollywood, serta novelis yang laris.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya