SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Dalam sebuah referendum yang disponsori Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mayoritas rakyat Timor Timur (Tim-Tim) memilih untuk merdeka dari Indonesia, 30 Agustus 1999. Sebelumnya, Indonesia telah menguasai Timor Timur sejak 1976.

Lepasnya Tim-Tim dari Indonesia itu menjadi salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 30 Agustus. Berikut sejumlah peristiwa sejarah dunia pada 30 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda


Charles VIII. (Wikimedia.org)
1483
Charles VIII dinobatkan sebagai raja Prancis saat usianya masih 13 tahun. Charles VIII diangkat menjadi raja menggantikan ayanhnya, Louis IX, yang meninggal dunia pada hari yang sama. Meski menjadi raja pada usia muda, kekuasaan Charles VIII di Prancis hanya berlangsung selama 15 tahun karena ia meninggal dunia pada usia 28 tahun.

1813
Pasukan Prancis dikalahkan pasukan koalisi Prusia, Rusia, dan Austria dalam Pertempuran Kulm di dekat Kulm, Bohemia, Ceko. Pertempuran itu bermula setelah pasukan Prancis menang atas pasukan koalisi dalam Pertempuran Dresden beberapa hari sebelumnya. Pemimpin pasukan Prancis Dominique-Joseph Vandamme yang memerintahkan untuk terus mengejar pasukan koalisi yang sebenarnya sudah mundur dari pertempuran justru mengakibatkan kekalahan.

1835
Orang-orang Inggris di Australia membentuk permukiman di wilayah tenggara yang lantas dinamai Melbourne dan menjadi ibu kota Negara Bagian Victoria. Kini, 30 Agustus diperingati sebagai hari jadi Kota Melbourne.

1873
Tim penjelajah asal Austria yang dipimpin Julius von Payer dan Karl Weyprecht menemukan kepulauan di Samudera Arktik. Mereka lantas menamai kepulauan tersebut dengan nama Raja Austria, Franz Joseph. Kini, Kepulauan Franz Joseph menjadi wilayah kekuasaan Rusia dan dijadikan sebagai pangkalan militer.

1914
Pasukan Jerman berhasil mengalahkan pasukan Rusia dalam Pertempuran Tannenberg di dekat Allenstein, Prussia Timur atau kini Olsztyn, Polandia. Dalam salah satu pertempuran di Perang Dunia I itu, Rusia mengalami kerugian besar dengan kehilangan sekitar 170.000 tentaranya, sedangkan Jerman hanya kehilangan sekitar 10.000 hingga 15.000 tentaranya.

1922
Pertempuran Dumlupinar antara pasukan Turki dan pasukan Yunani yang berlangsung di Dumlupinar, Kutahya, Turki berakhir. Pertempuran tersebut berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Turki. Pertempuran Dumlupinar merupakan pertempuran terakhir di masa Perang Tukri Yunani yang berlangsung sejak 1919.

1942
Pertempuran antara pasukan Sekutu dan pasukan Blok Poros meleus di El Alamein, Mesir. Pertempuran yang lantas disebut dengan Pertempuran Alam el Halfa itu berlangsung selama hampir sepekan dan berakhir dengan kemenangan Sekutu.


Pavel Nedved. (Reuters)
1972
Pavel Nedved lahir di Cheb, Cekoslowakia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, Juventus. Nedved membela Juventus dari 2001 hingga dirinya gantung sepatu pada 2009. Selama berkarier di Juventus, Nedved yang berposisi sebagai gelandang serang telah bermain sebanyak 247 kali dan mencetak 51 gol di Liga Italia.

1974
Kecelakaan kereta cepat terjadi di Zagreb, Yugoslavia dan menewaskan 153 orang dan melukai 60 lainnya dari total 400 penumpang dan awak. Kereta cepat dari Belgrade, Yugoslavia menuju Dortmund, Jerman itu mengalami kecelakaan setelah keluar dari jalurnya.

1999
Dalam sebuah referendum yang disponsori Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mayoritas rakyat Timor Timur memilih untuk merdeka dari Indonesia. Sebelumnya, Indonesia menguasai Timor Timur dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi di Indonesia sejak 1976 setelah melakukan invasi sejak 1975.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya