SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pada 3 September 1939, Inggris dan Prancis mendeklarasikan perang terhadap Jerman. Deklarasi perang Prancis dan Inggris kepada Jerman merupakan awal panasnya Perang Dunia II.

Tantangan Inggris dan Prancis kepada Jerman itu merupakan salah satu peristiwa pada 3 September yang dikenang hingga kini. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 3 September yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 3 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda


Ilustrasi sosok Santo Marinus, pendiri San Marino. (Wikimedia.org)
301
Santo Marinus mendirikan negara berbentuk republik dengan nama San Marino. San Marino merupakan negara republik pertama di dunia. Hingga kini, negara tersebut masih berbentuk republik.

1260
Tentara Bani Mamluk Mesir berhasil mengalahkan tentara Mongol dalam Pertempuran Ain Jalut di Palestina. Atas kemenangan itu, pasukan Mamluk berhasil membatasi wilayah penaklukan Kekaisaran Mongolia di wilayah Palestina.

1914
Pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Jerman meletus di Grand Couronne, Meurthe-et-Moselle, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama 10 hari dan berakhir dengan kemenangan Prancis.

1930
Badai dahsyat dengan kecepatan angin melebihi 320 km/jam menghancurkan sebagian wilayah Republik Dominika. Bencana tersebut menewaskan lebih dari 8.000 orang.

1939
Inggris dan Prancis mendeklarasikan perang terhadap Jerman. Hal itu dilakukan setelah Jerman melakukan invasi ke Polandia. Deklarasi perang Inggris dan Prancis itu menjadi awal panasnya Perang Dunia II.

1939
Sesaat setelah mendeklarasikan perang terhadap Jerman, maka Inggris dan Prancis mulai memblokade Angkatan Laut Jerman di Samudera Atlantik. Tindakan Inggris dan Prancis itu lantas memicu Pertempuran Atlantik yang berlangsung hingga hingga akhir Perang Dunia II, tepatnya pada 8 Mei 1945.


Pasukan Sekutu tiba di Salerno, Italia, September 1943. (Wikimedia.org)
1943
Untuk kali pertama, pasukan Sekutu mendarat di tanah Italia, empat tahun setelah Perang Dunia II pecah. Pendaratan pasukan Sekutu itu bertujuan untuk membuat Italia menyerah.

1971
Inggris mengakui kemerdekaan Qatar yang telah dideklrasikan dua hari sebelumnya. Sebelum mengakui kemerdekaan Qatar, Inggris telah menguasainya sejak 1916. Qatar menuntut kemerdekaan dari Inggris sejak awal 1950-an setelah Inggris memerdekakan India.

1984
Topan berkecepatan 300 km/jam menyapu wilayah Provinsi Surigao del Norte di pulau Mindanao, Filipina. Topan tersebut diduga telah menewaskan lebih dari 3.000 orang dan menyebabkan lebih dari 500.000 orang kehilangan tempat tinggal. Meski demikian, Presiden Filipina Ferdinand Marcos menolak semua tawaran bantuan dari luar negeri.

2013
Pihak berwenang Mesir menutup empat stasiun televisi berbeda yang dituduh bersimpati pada Ikhwanul Muslimin. Pemerintah Mesir mencoba menghentikan media yang mendukung organisasi Ikhwanul Muslimin. Ikhwanul Muslimin merupakan organisasi yang dituding mendukung Presiden Mesir Mohammed Morsi yang baru saja digulingkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya