Peta Kerajaan Gojoseon. (Wikipedia)

Solopos.com, SOLO – Kerajaan Gojoseon didirikan di Semenanjung Korea oleh Dangun Wanggeom pada 3 Oktober 2333 SM. Peristiwa ini menjadi salah satu catatan sejarah dunia yang patut di kenang.

Selain itu, ada sejumlah peristiwa lain yang layak dikenang pada 3 Oktober. Simak rangkuman catatan peristiwa dunia hari ini yang dirangkum Solopos.com dari The People History dan Wikipedia berikut:

2333 SM

Dangun Wanggeom mendirikan Kerajaan Gojoseon di Semenanjung Korea. Kerajaan itu mulai runtuh pada 109 SM ketika pasukan Dinasti Han dari China menginvasi dan menguasai beberapa wilayah Kerajaan Gojoseon. Runtuhnya Kerajaan Gojoseon dan berakhirnya kekuasaan Dinasti Han memicu terbentuknya beberapa negara kecil di Semenanjung Korea.

1890

Asteroid 300 Geraldina ditemukan Auguste Charlois di Nice.

Josh Adam Klinghoffe. (Youtube)
Josh Adam Klinghoffe. (Youtube)

1929

Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia resmi berubah nama menjadi Kerajaan Yugoslavia. Kerajaan Yugoslavia berdiri hingga 1943 sebelum berubah menjadi Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Negara tersebut akhirnya runtuh dan terpecah menjadi beberapa negara pada 1992.

1932

Irak meraih kemerdekaan dari Inggris. Sebelumnya, negara Timur Tengah ini berada di bawah kekuasaan Inggris sejak 1920 sesuai dengan mandat Liga Bangsa-Bangsa.

1943

Jepang membentuk kesatuan militer bernama Pembela Tanah Air (Peta). Jepang juga membentuk kelompok tentara sukarela yang disebut Giyugun di Sumatra. Kedua kesatuan militer itu tidak beda jauh. Peta merupakan Giyugun yang berada di Tanah Jawa. Adapun pembentukan Giyugun bertujuan untuk mendidik penduduk Indonesia dalam menghadapi tentara Sekutu di masa Perang Dunia II.

1951

Pada 3 Oktober 1951 meletus pertempuran yang cukup bersejarah di antara pasukan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan China. Pertempuran antara pasukan PBB dan China di masa Perang Korea itu terjadi di dekat Sungai Imjin, Korea, yang kemudian dikenang dengan sebutan Pertemputan Maryang San. Peperangan itu terjadi selama lima hari dengan kemenangan pasukan PBB.

1960

Salah satu negara di kawasan Afrika Barat, Niger, mendapatkan kemerdekaan dari Prancis. Kondisi alam negara yang berbatasan dengan Nigeria itu sebagian besar adalah gurun pasir. Hal itu membuat Niger menjadi negara kering dan miskin yang masuk dalam urutan ke-18 indeks pembangunan manusia yang dibuat PBB.

1965

Jasad enam jenderal dan satu perwira militer korban Gerakan 30 September diklaim TNI AD ditemukan di dalam sumur tua di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Para korban yang ditemukan itu antara lain Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI Raden Suprapto, Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

Josh Adam Klinghoffe. (Youtube)
Josh Adam Klinghoffe. (Youtube)

1979

Josh Adam Klinghoffer lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS). Namanya dikenal luas sebagai gitaris yang menggawangi salah satu grup band ternama, Red Hot Chili Peppers (RHCP). Josh bergabung dengan RHCP sejak 2009 menggantikan gitaris sebelumnya, John Anthony Frusciante.

1990

Jerman Barat dan Jerman Timur secara resmi kembali bersatu. Sebelumnya, Jerman terpecah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur sejak 7 Oktober 1949.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten