Sejarah Hari Ini: 3 Mei 1913, Industri Film India Dimulai
Salah satu adegan pada film Raja Harishchandra. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Film layar lebar pertama yang diproduksi di India, Raja Harishchandra, dirilis, 3 Mei 1913. Peluncuran film tersebut menandai awal perindustrian film layar lebar di India.

Awal mulainya perindustrian film layar lebar di India itu merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 3 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 3 Mei:

Relief yang menggambarkan Yaxun B'alam IV dengan budaknya. (Wikimedia.org)
752

Yaxun Balam IV mengklaim dirinya sebagai penguasa Suku Maya di kawasan yang kini disebut Chiapas di Meksiko. Yaxun Balam IV sebenarnya sempat ditiolak menjadi penguasa oleh sejumlah anggota suku karena tak dianggap sebagai pewaris takhta yang sah. Padahal, ia adalah putra dari penguasa sebelumnya, yakni Itzamnaaj Balam II. Setelah memangku takhta, ia menyandang gelar Bird Jaguar IV.

1808
Pasukan Rusia berhasil mengalahkan pasukan Swedia di Benteng Sveaborg, Helsinki Finaldia. Salah satu peristiwa di masa Perang Finlandia itu membuat Rusia lantas menguasai Benteng Sveaborg.

1913
Film layar lebar pertama yang diproduksi di India, Raja Harishchandra, dirilis. Peluncuran film tersebut menandai awal perindustrian film layar lebar di India. Raja Harishchandra adalah film layar lebar yang disutradarai, diproduseri, serta ditulis oleh Dadasaheb Phalke.

1921
Irlandia resmi terpecah menjadi dua bagian setelah Akta Pemerintahan Irlandia 1920 disahkan. Sejak itu, Irlandia menjadi dua bagian, yakni Republik Irlandia dan Irlandia Utara.

1942
Pasukan Angkatan Laut Jepang menyerang Pulau Tulagi di Kepulauan Solomon. Peristiwa itu merupakan awal dari Operasi Mo yang dilancarkan Jepang. Serangan tersebut kemudian memicu Pertempuran Laut Coral yang melibatkan pasukan Jepang yang melawan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Australia.

1968
Operasi transplantasi jantung pertama di Inggris berhasil dilaksanakan di Rumah Sakit Jantung Nasional di Marylebone, London. Dalam operasi itu, tim yang melaksanakan operasi transplantasi jantung terdiri dari 18 dokter.

1971
Lebih dari 6.000 pengunjuk rasa di Washington D.C., Amerika Serikat (AS) yang menolak keterlibatan AS dalam Perang Vietnam ditangkap. Mereka ditangkap saat mencoba mengganggu lalu lintas kereta komuter.

Ezequiel Ivan Lavezzi. (Reuters)
1985
Ezequiel Ivan Lavezzi lahir di Villa Gobernador Galvez, Argentina. Ia kini dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah bermain untuk klub-klub besar di Eropa, yakni Napoli dan Paris Saint-German. Kini, Lavezzi masih merumput bersama sebuah klub sepak bola di Tiongkok, yakni Hebei China Fortune.

1990
Pemerintah Latvia mendesak pihak Uni Soviet untuk segera memberikan kemerdekaan. Meski demikian, Latvia baru berhasil melepaskan diri dari Uni Soviet bersama Uzbekistan, Tajikistan, Kirgizstan, Azerbaijan, Ukraina, Moldova, Lituania, Belarusia dan Estonia setahun kemudian.

2002
Sebuah pesawat tempur milik Angkatan Udara India jatuh dan menabrak bank di Kota Jalandhar, India. Peristiwa itu menewaskan 8 orang dan membuat 17 orang lainnya luka-luka.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom