Sejarah Hari Ini: 3 Juli 1608, Kota Quebec Kanada Didirikan

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 3 Juli.

 Suasana Kota Quebec, Kanada. (Bisnis/Istimewa)

SOLOPOS.COM - Suasana Kota Quebec, Kanada. (Bisnis/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kota Quebec yang kini menjadi bagian dari Kanada didirikan oleh seorang penjelajah asal Prancis, Samuel de Champlain pada 3 Juli 1608.

Masih banyak peristiwa bersejarah terjadi pada 3 Agustus yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

324

Perang Saudara Romawi yang kedua meletus di dekat Adrianopolis—sekarang Edirne, Turki—melibatkan pasukan Kekaisaran Romawi yang dipimpin Konstantinus I dan pasukan Kekaisaran Bizantium pimpinan Licinus.

987

Hugh Capet dinobatkan sebagai raja Prancis. Ia adalah orang yang mengawali kekuasaan Dinasti Capetian di Prancis hingga meletusnya Revolusi Prancis pada 1792.

1608

Kota Quebec yang kini menjadi bagian dari Kanada didirikan oleh seorang penjelajah asal Prancis, Samuel de Champlain. Samuel adalah orang penting dalam perkembangan Kanada karena ia dianggap telah membuat peta wilayah Kanada secara akurat.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 2 Juli 1945 Amerika Serikat Bombardir Jepang

1754

Pasukan Inggris pimpinan George Washington menyerah kepada pasukan Prancis yang dipimpin Louis Coulon de Villiers dalam Pertempuran Benteng Necessity. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Prancis dibantu pasukan pribumi AS yang dikenal sebagai orang Indian.

1944

Pasukan Uni Soviet membebaskan Kota Minsk di Belarusia dari cengkeraman tentara Jerman. Pembebasan kota tersebut adalah bagian dari Operasi Bargation yang dilakukan pasukan Uni Soviet sejak 22 Juni hingga 19 Agustus 1944.

1946

Peristiwa 3 Juli 1946 adalah suatu percobaan perebutan kekuasaan atau kudeta yang dilakukan oleh pihak oposisi bernama kelompok Persatuan Perjuangan terhadap pemerintahan Kabinet Sjahrir II di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Pulang, Ledakan Dahsyat Guncang Kota Mykolaiv di Ukraina

1962

Presiden Prancis Charles de Gaulle mengumumkan bahwa dirinya telah memberi kemerdekaan penuh kepada Aljazair. Meski demikian, secara resmi, Aljazair dinyatakan merdeka dua hari kemudian.

1969

Pesawat ulang-alik milik Uni Soviet N-1 meledak saat diluncurkan ke luar angkasa. Peristiwa itu menjadi ledakan pesawat ulang-alik terbesar sepanjang sejarah.

Sebastian Vettel
Pembalap Ferrari Sebastian Vettel mempunyai peluang memenangi balapan F1 GP Italia. Ist/dok

1987

Sebastian Vettel lahir di Heppenheim, Jerman Barat. Kini, ia dikenal luas sebagai pembalap Formula 1. Sepanjang kariernya, Vettel telah berhasil menjuarai Formula 1 sebanyak empat kali, yakni pada 2010, 2011, 2012, dan 2013.

Baca juga: Mantan Penyidik KPK Dianugerahi Hoegeng Awards 2022

1988

Kapal Penjelajah USS Vincennes salah mengidentifikasi Iran Air Penerbangan 655 (IR 655) dan menembak jatuh di Teluk Persia. Kapal mengidentifikasi pesawat tersebut sebagai pesawat tempur F-14 Tomcat Iran. Akibatnya 290 orang meninggal dalam kejadian ini.

2021

PPKM Darurat diberlakukan mulai 3 Juli – 25 Juli 2021, yang menargetkan penurunan penambahan kasus konfirmasi harian Covid-19 hingga di bawah 10.000 kasus per hari. Diberlakukan pada 136 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      + PLUS Langit dari Bumi di Observatorium Bosscha dan Ancaman Polusi Cahaya

      Observatorium Bosscha yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat adalah observatorium astronomi modern pertama di Asia Tenggara, yang berkatnya pengamatan langit dari bumi dapat mendukung pengembangan astrofisika dalam topik bintang, namun kini terancam polusi cahaya.

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Josua Pegang Kartu Sambo

      Motif pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir Josua (J) yang diotaki Irjen Pol. Ferdy Sambo kian terungkap.

      Tren Mobil Listrik, Teknologi Baterai Jadi Tantangan bagi Periset

      Komponen baterai menjadi kendala utama dalam pengembangan industri kendaraan bermotor listrik. Ini jadi tantangan bagi periset.

      Sejarah Hari Ini: 12 Agustus 1990, Temuan Fosil Tyrannosaurus Rex

      Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 12 Agustus.

      Laporkan Pesulap Merah, Gus Samsudin Diperiksa Polda Jatim Jumat

      Polda Jawa Timur dijadwalkan memeriksa Gus Samsudin terkait laporan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Pesulap Merah pada Jumat (12/8/2022).

      Dipecat karena Selingkuh dengan Atasan, Polwan Kalah di PTUN

      PTUN Tinggi Makasar menolak gugatan mantan polwan Polda Maluku Utara, Raniandini Yasa, terhadap Kapolda Malut Irjen Pol Risyapudin Nursin karena tidak terima dipecat.

      Kasus Pelecehan di Unri, MA Putuskan Dekan Tak Bersalah

      MA menilai Syafri Harto tidak bersalah atas tuduhan pelecehan seksual dilakukannya kepada mahasiswi Unri.

      Pembunuh Guru TK di Mataram Diduga Pacar Korban

      Pembunuh guru taman kanak-kanak (TK) berinisial H di rumahnya, Gunungsari, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat beberapa hari lalu diduga kuat pacarnya.

      Setahun, Pembunuhan Ibu Anak di Subang Mulai Temukan Titik Terang

      Seorang yang diamankan itu berinisial S, yang diduga berada di lokasi kejadian saat peristiwa pembunuhan ibu anak di Subang terjadi.

      Selama 6 Hari di Magelang, Bharada E dan Brigadir J Tinggal Sekamar

      Bahkan saat mengawal keluarga Irjen Ferdy Sambo di Magelang, Jawa Tengah dari tanggal 2-7 Juli 2022, mereka tidur sekamar. 

      Pengacara: Ferdy Sambo Janjikan Uang dan Kasus Bharada E Dihentikan

      Ferdy Sambo menjanjikan kasus tersebut akan dihentikan oleh polisi (SP3) karena Bharada E dianggap membela diri dari tembakan Brigadir J.

      Brigadir J Berlutut, Bharada E Tembak 4 Kali atas Suruhan Ferdy Sambo

      Ketika masuk ke ruangan tersebut Bharada E melihat Brigadir J dalam posisi berlutut di depan Ferdy Sambo.

      Kabar Bupati Pemalang Ditangkap KPK, Gubernur Ganjar: Hentikan Korupsi!

      Selain Bupati Pemalang, sumber kuat di KPK menyebutkan aparat tim antirasuah itu juga menangkap puluhan orang lainnya.

      2 Versi Motif Pembunuhan Brigadir J, Mana yang Benar?

      Ferdy Sambo mengaku menghabisi nyawa anak buahnya itu karena marah lantaran harkat dan martabat istrinya, Putri Candrawathi, dilecehkan. 

      Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT KPK, Begini Reaksi Ganjar

      Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, dikabarkan terkena operasi tangkap tangan atau OTT yang digelar KPK di kompleks Gedung DPR, Jakarta, Kamis (11/8/2022) malam.

      Harapan Erick Thohir atas Peran NU untuk Indonesia Satu Abad ke Depan

      Erick Thohir mengungkapkan harapan atas peran NU terhadap Indonesia satu abad ke depan.