SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pada 3 Januari 1946, Presiden Soekarno memindahkan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Jogja dengan alasan keamanan. Hal itu dipicu mendaratnya pasukan Sekutu di Jakarta yang diboncengi pasukan Belanda yang disebut Netherlands Indies Civil Administration (NICA).

Pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Jogja itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 3 Januari. Masih banyak peristiwa bersejarah dan peristiwa penting yang terjadi pada 3 Januari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut Solopos.com merangkum sejumlah peristwa bersejarah pada 3 Januari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1815
Austria, Inggris, dan Prancis secara rahasia membentuk aliansi pertahanan. Langkah itu bertujuan untuk mempersiapkan diri menghadapi ancaman keamanan dari Rusia dan Prusia.

Stephen F. Austin. (Wikimedia.org)
1823
Stephen F. Austin menerima hibah tanah di Texas dari pemerintah Meksiko. Wilayah tersebut kemudian berkembang pesat sehingga menjadi permukiman dan kemudian menjadi Republik Texas. Austin kemudian diberi julukan Father of Texas. Kini, wilayah tersebut merupakan negara bagian di Amerika Serikat (AS).

1833
Inggris mengklaim kekuasaan di Kepulauan Falkland di Samudra Antlantik bagian selatan, dekat Argentina. Kepulauan tersebut kemudian diperebutkan Inggris dan Argentina sehingga memicu meletusnya Perang Falkland atau Perang Malvinas pada 1982. Namun demikian, Kepulauan Falkland masih menjadi wilayah kekuasaan Inggris hingga kini.

1919
Raja Irak Faisal I menandatangani perjanjian dengan pemimpin Zionis Chaim Weizmann di Paris, Prancis. Perjanjian itu membagi wilayah Palestina menjadi dua bagian, yakni wilayah permukiman Bangsa Arab dan permukiman Bangsa Yahudi.

1925
Pemimpin Italia Benito Mussolini secara terbuka menyatakan dia adalah diktator di Italia. Mussolini yang memimpin Italia sejak 1919 juga menyatakan bertanggung jawab atas beberapa tindak kekerasan yang menyasar warga sipil di beberapa daerah Italia.

1932
Sejumlah kerusuhan yang disebabkan buruh di Honduras memicu pemerintah menetapkan status darurat militer di negara tersebut. Penetapan status itu bertujuan untuk menghentikan kerusuhan yang terus terjadi setelah pada buruh di United Fruit Company—perusahaan buah asal AS—banyak yang dipecat.

Michael Schumacher. (Express.co.uk)
1969
Michael Schumacher lahir di Hurth, Jerman Barat. Ia kemudian dikenal sebagai salah satu pembalap Formula 1 paling sukses sepanjang sejarah. Tercatat ia sudah tujuh kali meraih gelar juara dunia di ajang tersebut. Schumacher menyatakan pensiun dari Formula 1 pada 2012 silam.

1969
Album baru milik John Lennon, Two Virgins, disita di Bandara Newark, New Jersey, Amerika Serikat (AS) setelah ada seseorang yang membawanya. Hal itu dikarenakan sampul kaset pada album tersebut menampilkan John Lennon dan Yoko Ono yang telanjang. Album tersebut lantas tak mendapatkan izin edar di AS karena dianggap memuat konten porno. Toko kaset di Chicago yang menjual album tersebut juga ditutup oleh otoritas setempat.

2015
Gerilyawan Boko Haram membumihanguskan seluruh Kota Baga di timur laut Nigeria. Selain itu, anggota Boko Haram juga memulai pembantaian selama empat hari yang menewaskan sekitar 2.000 orang di wilayah tersebut. Serangan itu membuat wilayah kekuasaan Boko Haram di Nigeria semakin luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya