SOLOPOS.COM - Tentara Israel bersiap untuk berperang di Semenanjung Sinai, 1956. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Israel menginvasi Semenanjung Sinai, Mesir dan berusaha mengusir tentara Mesir dari Terusan Suez, 29 Oktober 1956. Peristiwa itu memicu Krisis Suez antara Israel dan Mesir.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 Oktober. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 29 Oktober yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 29 Oktober, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1618
Seorang petualang, penulis, dan penyair asal Inggris, Walter Raleigh, dihukum mati dengan dipenggal kepalanya atas tuduhan konspirasi melawan Raja Inggris James I. Semasa hidupnya, Raleigh juga dikenal sebagai perintis jalan bagi kolonisasi Britania Raya di kawasan Amerika bagian utara.

1922
Raja Italia Victor Emmanuel III secara resmi menetapkan Benito Mussolini sebagai perdana menteri. Ia lantas memangku jabatan tersebut hingga 28 Juli 1943 sebelum akhirnya dipaksa mundur dan lantas menjadi pemimpin negara boneka bentukan Jerman, Republik Sosialis Italia. Setelah kalah di Perang Dunia II, Mussolini dieksekusi mati di Como, Italia.

Presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. (Wikimedia.org)
Presiden pertama Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. (Wikimedia.org)

1923
Pendirian Republik Turki secara resmi dideklarasikan di Ankara, Turki. Republik Turki secara resmi berdiri menyusul runtuhnya Kesultanan Ottoman yang telah berkuasa selama 623 tahun.

1941
Sekitar 10.000 orang Yahudi di penampungan di Kovno, Lituania tewas dibantai pasukan Jerman. Persitiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Aksi Luar Biasa.

1944
Pasukan Polandia berhasil membebaskan Kota Breda di Belanda dari cengkeraman Jerman. Kini, hari pembebasan itu diperingati dari tahun ke tahun dan perwakilan dari Polandia selalu datang untuk menghormati jasa para tentaranya yang gugur dalam upaya pembebasan kota tersebut.

1948
Pasukan Pertahanan Israel berhasil merebut Desa Safsaf, di wilayah Galilee yang berada di sebelah utara Israel dari Tentara Pembebasan Arab. Setelah itu, pasukan Israel membantai sekitar 52 hingga 64 warga sipil Desa Safsaf.

1956
Pasukan Israel menginvasi Semenanjung Sinai, Mesir dan berusaha mengusir tentara Mesir dari Terusan Suez. Peristiwa itu lantas memicu Krisis Suez antara Israel dan Mesir selama sembilan hari. Setelah krisis itu, Semenanjung Sinai dikuasai Israel hingga Maret 1957.

Robert Emanuel Pires. (Premierleague.com)
Robert Emanuel Pires. (Premierleague.com)

1973
Robert Emanuel Pires lahir di Reims, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Marseille, Arsenal, Villarreal, dan Aston Villa. Pires juga merupakan salah satu pemain yang mempersembahkan gelar juara Piala Dunia 1998 dan gelar juara Euro 2000 untuk Prancis.

1994
Francisco Martin Duran, pria asal Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat (AS) memberondong Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat (AS) dengan lebih dari 24 tembakan. Tak ada korban tewas dan luka dalam peristiwa itu. Namun, atas perbuatan itu, Duran dijatuhi hukuman 40 tahun kurungan penjara atas tuduhan percobaan pembunuhan Presiden Bill Clinton. Belakangan diketahui Duran memang membenci pemerintahan Bill Clinton.

2005
Tiga serangan bom melanda New Delhi, India dalam sehari. Akibatnya, 59 orang tewas dan sekitar 200 lainnya luka-luka. Kelompok Islamic Inquilab Mahaz mengaku bertanggung jawab atas serangan yang terjadi dua hari sebelum Festival Diwali digelar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya