Sejarah Hari Ini : 29 November 1899, FC Barcelona Berdiri di Spanyol

Berdirinya FC Barcelona merupakan satu dan sekian banyak peristiwa yang terjadi pada 29 November seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

 Logo FC Barcelona (wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Logo FC Barcelona (wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 29 November 1899, Joan Gamper bersama beberapa pemain sepak bola dari Swiss, Inggris, dan Spanyol mendirikan klub sepak bola di Barcelona, Catalunya, Spanyol, dengan nama Foot-Ball Club Barcelona. Klub ini masuk menjadi peserta Primera Division (Divisi Utama) sejak tahun 1928, dan bersama-sama Real Madrid dan Athletic Bilbao menjadi tim yang tak pernah terdegradasi ke Segunda Division (Divisi Dua).

FC Barcelona juga menjadi klub yang menjuarai liga Spanyol untuk kali pertama. Dengan raihan 26 gelar Liga Spanyol, 30 gelar Copa del Rey, 10 gelar Piala Super Spanyol, 5 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala UEFA, 4 gelar Piala Super Eropa, FC Barcelona menjadi salah satu tim tersukses di Spanyol, Eropa, dan dunia.

Berdirinya FC Barcelona merupakan salah satu peristiwa pada 29 November hari –ke-333 (hari ke-334 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian– yang layak dikenang.

Baca juga: Varian Omicron Muncul di Afrika, Warga 8 Negara Dilarang Kunjungi AS

Berikut rangkuman Sejarah Hari Ini, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

903

Pasukan Kekhalifahan Abbasiyah mengalahkan pasukan Qaramitah di dekat Hama, Suriah. Kemenangan Abbasiyah itu berakibat terusirnya orang-orang Qaramitah dari wilayah Suriah bagian barat. Selain itu, kemenangan tersebut juga membuka jalan bagi Abbasiyah untuk menguasai Mesir.

1612

Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Portugal meletus di Suvali, Surat, Gujarat, India. Pertempuran tersebut berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Atas hasil itu, monopoli perdagangan Portugal di India berakhir dan digantikan dengan Inggris.

Pendiri FC Barcelona, Joan Gamper. (Wikimedia.org)
Pendiri FC Barcelona, Joan Gamper. (Wikimedia.org)

1899

Joan Gamper bersama beberapa pemain sepak bola dari Swiss, Inggris, dan Spanyol mendirikan klub sepak bola di Barcelona, Catalunya, Spanyol, dengan nama Foot-Ball Club Barcelona. Klub ini masuk menjadi peserta Primera Division (Divisi Utama) sejak tahun 1928, dan bersama-sama Real Madrid dan Athletic Bilbao menjadi tim yang tak pernah terdegradasi ke Segunda Division (Divisi Dua). FC Barcelona juga menjadi klub yang menjuarai liga Spanyol untuk kali pertama.

1944

Sehari setelah Albania mendeklarasikan kemerdekaannya, pasukan Jerman angkat kaki meninggalkan wilayah Albania. Hari itu lantas dikenang sebagai Hari Pembebasan di Albania.

Baca juga: Mukjizat, Regu Penolong Selamat dari Ledakan Tambang Terdahsyat

1945

Sekelompok pemuda berjumlah sekitar 200 orang yang dipimpin Rauf Rahman memasuki kantor polisi di Kepulauan Selayar yang dikuasai Belanda untuk mengusir Belanda dari wilayah tersebut. Para pemuda itu lantas berhasil mengambil alih kekuasaan dari tangan Belanda. Atas keberhasilan itu, 29 November lantas ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Selayar.

1945

Pendirian Republik Federal Sosialis Yugoslavia secara resmi diproklamasikan. Negara tersebut adalah gabungan dari Kerajaan Yugoslavia dan Wilayah Merdeka Trieste. Republik Federal Sosialis Yugoslavia lantas resmi bubar pada 27 April 1992 dan pecah menjadi beberapa negara, yakni Kroasia, Slovenia, Makedonia, Serbia-Montenegro, serta Bosnia dan Herzegovina.

1947

Majelis Umum PBB menyetujui Rencana Pembagian Wilayah untuk Palestina. Rencana itu memecah Palestina menjadi wilayah untuk Bangsa Yahudi dan Bangsa Arab. Rencana itu dilakukan untuk mengakhiri konflik Bangsa Yahudi dan Bangsa Arab di Palestina.

1973
Ryan Joseph Giggs lahir dim Cardiff, Wales. Namanya menjadi terkenal setelah dirinya dipercaya sebagai pemain andalan bagi Manchester United (MU) sejak 1990 hingga 2014. Selama kariernya di sepak bola profesional, Giggs hanya membela MU. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah mencetak 114 gol dari 672 penampilannya di Liga Inggris bersama MU.

1975
Sehari setelah Timor Leste mengumumkan kemerdekaannya dari Portugal, kelompok pro-Indonesia mengibarkan bendera Indonesia di Timor Leste. Peristiwa itu lantas memicu konflik dengan Front Revolusi untuk Timor Leste Merdeka. Baru pada 17 Juli 1976, Timor Leste resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia dengan nama Timor Timur.

 

2001
George Harrison meninggal dunia Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) akibat kanker paru-paru yang sudah ia derita sejak lama. Semasa hidupnya, George merupakan gitaris di band legendaris asal Liverpool, Inggris, yakni The Beatles.

Berita Terkait

Berita Terkini

Presiden Jokowi Lepas Ekspor Perdana Smelter Grade Alumina 21.001 Ton

Presiden Jokowi melepas ekspor perdana Smelter Grade Alumina (SGA) di KEK Galang Batang, Bintan, Kepulauan Riau senilai Rp104 miliar.

Sempat Dibekukan, Malaysia Siap Terima 10.000 Pekerja dari Indonesia

Malaysia akan menerima sedikitnya 10.000 pekerja rumah tangga dari Indonesia sebagai bagian dari proyek perintis setelah nota kesepahaman (MoU) ditandatangani antara kedua negara.

+ PLUS PBNU dan KND Sepakati Gerakan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

PBNU dan KND menyepakati urgensi gerakan bersama menyosialisasikan dan mengampanyekan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Unik, Ada Kampung Jawa di Tengah Kota Bangkok Thailand

Pada abad-19 Raja Thailand pernah mendatangkan pekerja yang mayoritas dari Jawa Tengah yaitu Kendal dan Demak untuk membangun bangunan dengan gaya arsitektur sama seperti yang ada di Indonesia.

+ PLUS Mengenal Primata Endemik Pulau Jawa yang Dikenal Cerdas Namun Pemalu

Lutung jawa merupakan satwa endemik Pulau Jawa yang dikenal cerdas namun memiliki sifat pemalu.

Bupati Langkat Pejabat Terkaya, Lebih Kaya dari Jokowi

Total harta kekayaan Bupati Langkat ternyata melebihi Presiden Joko Widodo.

+ PLUS Spekulasi Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Jabatan Presiden Tamat

Spekulasi tentang penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo telah tamat. Tahapan Pemilu 2024 selanjutnya akan dibahas dan ditetapkan oleh anggota baru KPU.

Profil Bupati Langkat, Pemilik Kerangkeng Manusia

Berikut profil Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-Angin, yang menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Misteri Brankas Pengusaha Terkaya ASEAN di Semarang, Apa Isinya?

Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di zaman Belanda, Oei Tiong Ham, meninggalkan dua brankas di Kota Semarang, Jawa Tengah.

+ PLUS WHO: Jutaan Orang Meninggal Akibat "Dapur Ngebul"

WHO menyebut jutaan orang meninggal belum waktunya akibat dapur ngebul alias polusi dalam rumah tangga.

+ PLUS Menanti Transformasi Balap Liar Menuju Tontonan Menarik dan Menghibur

Aksi balapan liar yang selama ini bercitra buruk di mata masyarakat bakal disulap menjadi tontonan menarik oleh Polri.

Mitos Hamil Anggur Bagi Perempuan Banjar yang Melanggar Pamali

Menurut kepercayaan masyarakat Banjar, perempuan yang melanggar pamali dapat hamil anggur.

Begini Kata Polisi Soal Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan, menyebut kerangkeng di rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin, dibuat sejak 10 tahun lalu atas inisiatifnya.

+ PLUS Kebocoran Data Bank Indonesia Momentum Mempercepat Pengesahan RUU PDP

Pengesahan RUU PDP menjadi undang-undang penting untuk mengatur perlindungan data pribadi. Sejauh ini tak pernah ada transparansi dari pengelola data tentang pengelolaan data-data pribadi yang bocor.

17 Pegawai Pengadilan Negeri Depok Terpapar Covid-19, Begini Kondisinya

PN Kota Depok menutup sementara semua pelayanan dan aktivitas selama lima hari kerja, mulai Selasa hingga Senin (25-31/1/2022) karena 17 pegawai terpapar Covid-19.