Lukisan karya Fausto Zonaro yang menggambarkan pasukan Kesultanan Ottoman pimpinan Sultan Mehmed II Fatih memasuki Konstantinopel, 1453. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pasukan Kesultanan Ottoman di bawah Sultan Mehmed II Fatih berhasil merebut Kota Konstantinopel dari cengkeraman Kekaisaran Bizantium, 29 Mei 1453.

Direbutnya Konstantinopel itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 Mei dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 29 Mei:

363
Pasukan Kekaisaran Romawi pimpinan Julian berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Sasaniyah dalam Pertempuran Ctesiphon. Meski berhasil menang dalam pertempuran yang terjadi di ibu kota Kekaisaran Sasaniyah itu, Julian justru tak ingin merebut wilayah tersebut.

1453
Pasukan Kesultanan Ottoman di bawah Sultan Mehmed II Fatih berhasil merebut Kota Konstantinopel dari cengkeraman Kekaisaran Bizantium. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Kesultanan Ottoman mengepung Konstantinopel selama 53 hari. Kini, Konstantinopel dikenal sebagai Istanbul.

1798
Kelompok pemberontak di Irlandia dibantai tentara Inggris. Sekitar 300 hingga 500 orang yang melakukan aksi pemberontakan itu kehilangan nyawa mereka.

1807
Mustafa IV resmi dinobatkan menjadi sultan di Ottoman. Ia memimpin Kesultanan Ottoman hingga 1808. Mustafa IV meraih takhta sebagai Kaisar Ottoman setelah menggulingkan kekuasaan sultan sebelumya, yakni Selim III.

John Fitzgerald Kennedy. (History.com)
1917
John Fitzgerald Kennedy lahir di Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Kennedy lantas dikenal luas sebagai presiden ke-35 AS yang menjabat dari 1961 hingga akhir hayatnya pada 1963.

1964
Negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab melakukan pertemuan di Yerusalem untuk membentuk Palestine Liberation Organization (PLO) atau Organisasi Pembebasan Palestina. Organiasasi tersebut dibentuk demi memperjuangkan Palestina untuk mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

1968
Manchester United berhasil menjadi klub sepak bola pertama asal Inggris yang menjadi juara di kompetisi Eropa. Manchester United keluar sebagai juara setelah mengalahkan klub asal Portugal, Benfica, dengan skor 4-1 dalam laga partai final Piala Champions UEFA yang sekarang berganti nama menjadi Liga Champions UEFA.

1981
Andrei Sergeyevich Arshavin dilahirkan di Leningrad, Uni Soviet atau kini Saint Petersburg di Rusia. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Arsenal, sejak 2009 sampai 2013. Kini, ia kembali membela klub sepak bola di tanah kelahirannya, Zenit Saint Petersburg.

Detik-detik Tragedi Heysel. (Telegraph.co.uk)
1985
Sebanyak 39 orang meninggal dunia dan sekitar 600 lainnya mengalami luka-luka saat menonton pertandingan final Piala Champions UEFA—sekarang Liga Champions UEFA—antara Liverpool dan Juventus. Hal itu disebabkan dinding Stadion Heysel di Brussels, Belgia sebagai tempat digelarnya pertandingan tersebut roboh dan menimpa para penonton. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Tragedi Heysel.

2004
Monumen Perang Dunia II didirikan di National Mall, Washington D.C, Amerika Serikat (AS). Monumen tersebut dibangun untuk mengenang jasa-jasa para tentara AS yang berjuang dalam Perang Dunia II.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten