Sejarah Hari Ini: 29 Mei 1453, Kesultanan Ottoman Rebut Konstantinopel

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pasukan Kesultanan Ottoman di bawah Sultan Mehmed II Fatih berhasil merebut Kota Konstantinopel dari cengkeraman Kekaisaran Bizantium, 29 Mei 1453.

Direbutnya Konstantinopel itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 Mei dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 29 Mei:

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

363
Pasukan Kekaisaran Romawi pimpinan Julian berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Sasaniyah dalam Pertempuran Ctesiphon. Meski berhasil menang dalam pertempuran yang terjadi di ibu kota Kekaisaran Sasaniyah itu, Julian justru tak ingin merebut wilayah tersebut.

1453
Pasukan Kesultanan Ottoman di bawah Sultan Mehmed II Fatih berhasil merebut Kota Konstantinopel dari cengkeraman Kekaisaran Bizantium. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Kesultanan Ottoman mengepung Konstantinopel selama 53 hari. Kini, Konstantinopel dikenal sebagai Istanbul.

1798
Kelompok pemberontak di Irlandia dibantai tentara Inggris. Sekitar 300 hingga 500 orang yang melakukan aksi pemberontakan itu kehilangan nyawa mereka.

1807
Mustafa IV resmi dinobatkan menjadi sultan di Ottoman. Ia memimpin Kesultanan Ottoman hingga 1808. Mustafa IV meraih takhta sebagai Kaisar Ottoman setelah menggulingkan kekuasaan sultan sebelumya, yakni Selim III.

John Fitzgerald Kennedy. (History.com)
1917
John Fitzgerald Kennedy lahir di Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Kennedy lantas dikenal luas sebagai presiden ke-35 AS yang menjabat dari 1961 hingga akhir hayatnya pada 1963.

1964
Negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab melakukan pertemuan di Yerusalem untuk membentuk Palestine Liberation Organization (PLO) atau Organisasi Pembebasan Palestina. Organiasasi tersebut dibentuk demi memperjuangkan Palestina untuk mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

1968
Manchester United berhasil menjadi klub sepak bola pertama asal Inggris yang menjadi juara di kompetisi Eropa. Manchester United keluar sebagai juara setelah mengalahkan klub asal Portugal, Benfica, dengan skor 4-1 dalam laga partai final Piala Champions UEFA yang sekarang berganti nama menjadi Liga Champions UEFA.

1981
Andrei Sergeyevich Arshavin dilahirkan di Leningrad, Uni Soviet atau kini Saint Petersburg di Rusia. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Arsenal, sejak 2009 sampai 2013. Kini, ia kembali membela klub sepak bola di tanah kelahirannya, Zenit Saint Petersburg.

Detik-detik Tragedi Heysel. (Telegraph.co.uk)
1985
Sebanyak 39 orang meninggal dunia dan sekitar 600 lainnya mengalami luka-luka saat menonton pertandingan final Piala Champions UEFA—sekarang Liga Champions UEFA—antara Liverpool dan Juventus. Hal itu disebabkan dinding Stadion Heysel di Brussels, Belgia sebagai tempat digelarnya pertandingan tersebut roboh dan menimpa para penonton. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Tragedi Heysel.

2004
Monumen Perang Dunia II didirikan di National Mall, Washington D.C, Amerika Serikat (AS). Monumen tersebut dibangun untuk mengenang jasa-jasa para tentara AS yang berjuang dalam Perang Dunia II.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Konversi Plastik jadi BBM, Wong Sukoharjo Selesaikan 2 Masalah dengan 1 Solusi

      Konversi Plastik jadi BBM, Wong Sukoharjo Selesaikan 2 Masalah dengan 1 Solusi

      Keberhasilan Purwanto, 40, warga Mojolaban, Sukoharjo, dalam mengolah sampah plastik menjadi BBM tak hanya menhadirkan solusi atas masalah pencemaran lingkungan tetapi juga turut meringankan beban masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan bakar ini.

      Berita Terkini

      Ini Daftar 17 Masjid di Klaten yang Kotak Amalnya Dibobol Maling

      Satreskrim Polres Klaten menangkap seorang pencuri spesialis kotak amal masjid.

      Black Panther: Wakanda Forever Miliki Durasi Paling Panjang di Fase 4

      Black Panther: Wakanda Forever bakal tayang di layar lebar pada 11 November 2022. 

      Kades Berjo Karanganyar Minta Penangguhan Penahanan

      Kades Berjo, Suyatno, mengikuti langkah mantan Direktur BUMDes Bersjo, Eko Kamsono, dengan mengajukan permohonan penangguhan penahanan.

      Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Progo, Ini Ciri-Cirinya

      Warga menemukan sosok mayat pria tanpa identitas di area groundsill Sungai Progo, Kutan, Brosot, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulonprogo.

      Dibangun Swadaya, Jembatan Sesek Baru di Sangkrah Solo Mulai Beroperasi

      Memperlancar akses dua daerah yang terpisah oleh Sungai Bengawan Solo dampak dari penutupan sementara jembatan Mojo

      Edan! Pemuda Asal Jatinom Klaten Ini Nekat Bobol Kotak Amal Masjid di 17 Lokasi

      Satreskrim Polres Klaten menangkap seorang pencuri spesialis kotak amal masjid.

      Mengulik Sejarah Asli Marabunta, Gedung Unik di Kota Lama Semarang

      Gedung Marabunta di kawasan Kota Semarang disebut-sebut memiliki kaitan dengan mata-mata legendaris asal Belanda, Mata Hari.

      Barito Putera vs Persik Kediri: Intensitas Tinggi di Demang Lehman

      Pertandingan Barito Putera vs Persik Kediri diprediksi berlangsung dalam intensitas yang tinggi

      Susunan Pemain Persis Solo Vs PSM Makassar: Samsul Arif Kembali Starter

      Dalam daftar pemain yang resmi dikirimkan kepada panpel pertandingan, coach Rasiman kembali menurunkan Samsul Arif sebagai starter.

      Beredar Pesan Ada Pihak Tawarkan Konversi Gas 3 Kg ke 5 Kg, Ini Kata Pertamina

      Beredar pesan di WhatsApp mengenai permintaan untuk masyarakat agar berhati-hati kepada seseorang yang mengatasnamakan Pertamina menawarkan konversi gas 3 kg ke 5 kg. Ini respons Pertamina.

      Wisata Kali Talang Klaten, Spot Terbaik Nikmati Puncak Merapi dari Jarak Dekat

      Objek wisata Kali Talang di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang kembali ramai didatangi pengunjung.

      Semarang Panas, Suhu Diprediksi Capai 39,5 Derajat Celcius

      Cuaca di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dalam beberapa hari terakhir sangat terik dan panas dengan suhu mencapai 35 derajat Celcius.

      Partai Demokrat akan Beri Bantuan Hukum bagi Gubernur Papua Lukas Enembe

      Partai Demokrat akan mengirim bantuan hukum untuk Gubernur Papua, Lukas Enembe.

      11/12 Rooftop Bar, Tempat Menikmati Keindahan Semarang dari Ketinggian

      Buka pada pukul 17.00 WIB sampai 02.00 WIB, 11/12 Rooftop Bar Semarang menyajikan menu andalan dari Indonesia sampai western food.

      Ketahuan Selingkuh, Sepeda Motor Dibuang di Selokan Mataram Sleman

      Sepeda mootr tanpa pemilik ditemukan di dekat Selokan Mataram, tepatnya di timur Rumah Sakit Hermina, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

      Konversi Plastik jadi BBM, Wong Sukoharjo Selesaikan 2 Masalah dengan 1 Solusi

      Keberhasilan Purwanto, 40, warga Mojolaban, Sukoharjo, dalam mengolah sampah plastik menjadi BBM tak hanya menhadirkan solusi atas masalah pencemaran lingkungan tetapi juga turut meringankan beban masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan bakar ini.