Sejarah Hari Ini: 29 April 1945, Adolf Hitler Menikah Seusai Kalah Perang
Adolf Hitler (kanan) dan Eva Braun (kiri). (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Setelah mengaku kalah dalam Perang Dunia II, pemimpin Jerman Adolf Hitler menikahi Eva Braun di Furherbunker di Berlin, Jerman, 29 April 1945. Banyak kalangan meyakini Hitler dan Braun bunuh diri pada keesokan harinya di Furherbunker.

Pernikahan Adolf Hitler itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 29 April dan layak dikenang dunia. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini, 29 April:

1091
Pertempuran Levounion yang melibatkan Kekaisaran Bizantium dan Bangsa Pecheneg pecah di Levounion, Romawi Timur. Pasukan Bizantium yang berjumlah sekitar 60.000 tentara berhasil mengalahkan 80.000 tentara Bangsa Pecheneg.

Jeanne d'Arc pada suatu manuskrip 1505. (Wikimedia.org)
1429
Pasukan Prancis yang dipimpin Jeanne D'Arc berhasil menglahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Orleans di Orleans, Prancis. Kemenangan itu adalah kemenangan pertama yang diraih Prancis dalam Perang Seratus Tahun.

1587
Pasukan Angkatan Laut Inggris yang dipimpin Francis Drake menyerang kapal-kapal berbendera Spanyol yang berlayar di Teluk Cadis, sebelah selatan Spanyol. Dalam serangan itu, sebanyak 23 kapal Sapanyol tenggelam.

1941
Pasukan Jerman berhasil menduduki seluruh kawasan Balkan. Selain itu, tentara Jerman juga berhasil mengalahkan pasukan Inggris Australia, dan Selandia Baru yang berusaha mencegah Jerman menduduki Balkan.

1945
Tentara Amerika Serikat (AS) berhasil membebaskan semua orang yang ditahan militer Jerman di kamp konsentrasi Dachau, dekat Munchen, Jerman. Sebelumnya, kamp tersebut juga dijadikan tempat pembantaian para orang-orang Yahudi oleh pihak Jerman yang dikenal sebagai Holocaust.

1945
Setelah mengaku kalah dalam Perang Dunia II, pemimpin Jerman Adolf Hitler menikahi Eva Braun di Furherbunker di Berlin, Jerman. Ia lantas menunjuk Laksamana Karl Donitz untuk menggantikan dirinya dalam memimpin Jerman. Banyak kalangan meyakini Hitler dan Braun bunuh diri pada keesokan harinya di Furherbunker.

1970
Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menginvasi Kamboja demi memburu tentara komunis Viet Chong. Invasi itu dilakukan atas perintah langsung dari Presiden AS Richard Nixon.

2004
Monumen Nasional Perang Dunia II didirikan di Washington D.C, Amerika Serikat (AS). Monumen tersebut terletak di antara Monumen Washington dan Monumen Lincoln. Monumen Nasional Perang Dunia II itu dibangun untuk memberikan penghormatan kepada 16 juta warga AS yang terlibat pada Perang Dunia II.

2007
Pemerintah Iran melarang masyakatnya untuk meniru gaya rambut dan berpakaian orang-orang barat. Jilbab adalah sesuatu yang wajib dipakai untuk wanita yang tinggal di ibu kota Iran, Teheran. Polisi di Teheran terus berpatroli untuk menertibkan gaya berpakaian maupun gaya rambut para warga. Warga Iran yang melanggar peraturan tersebut akan diasingkan di daerah terpencil di negara tersebut.

Pangeran William (kanan) dan Catherine Middleton (kiri). (Reuters)
2011
Putra Pangeran Charles sekaligus cucu dari Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran William, resmi menikah dengan Catherine Middleton di Westminster Abbey, London, Inggris. Sebagian kalangan terfokus pada status Middleton sebagai orang biasa yang bukan berasal dari kalangan aristokrat.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho