Sejarah Hari Ini: 28 Mei 1940, Belgia Menyerah ke Jerman
Tentara Belgia yang menyerah kepada pasukan Jerman, Mei 1940. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 28 Mei 1940, Pertempuran Belgia berakhir setelah pasukan Belgia menyerah kepada pasukan Jerman. Kemenangan Jerman di masa Perang Dunia II tersebut sekaligus membuat wilayah Belgia menjadi milik Jerman.

Kemenangan Jerman atas Belgia merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 28 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 28 Mei:

1918
Armenia dan Azerbaijan menjadi negara pertama yang mendeklarasikan kemerdekaan mereka dari Kekaisaran Rusia. Dua negara tersebut lantas menjadi negara republik.

1937
Pertempuran udara terbesar selama Perang Saudara Spanyol terjadi di Kota Valencia dan Kota Santander. Baik pasukan Loyalis maupun pasukan Nasionalis saling serang menggunakan pesawat tempur dengan total 70 pesawat. Peristiwa itu diklaim memakan korban paling banyak dibandingkan pertempuran lainnya dalam Perang Saudara Spanyol.

Logo Volks Wagen (VW). (Wired.com)
1937
Perusahaan produsen mobil Volks Wagen (VW) didirikan di Berlin Jerman. Volks Wagen adalah bahasa Jerman yang memiliki arti Kendaraan Rakyat.

1940
Pasukan Norwegia, Prancis, Polandia dan Inggris berhasil merebut kembali Kota Narvik di Norwegia dari pasukan Jerman. Peristiwa tersebut adalah kemenangan pertama Sekutu dalam Perang Dunia II.

1940
Pertempuran Belgia berakhir setelah pasukan Belgia menyerah kepada pasukan Jerman. Sebelumnya, pasukan Belgia telah mencoba bertahan dari serangan Jerman selama 18 hari. Kemenangan Jerman tersebut sekaligus membuat wilayah Belgia menjadi milik Jerman.

1942
Tentara Jerman membunuh lebih dari 1.800 warga sipil di Cekoslowakia. Peristiwa itu dianggap sebagai pembalasan atas upaya warga yang mencoba membunuh petinggi militer Jerman, Reinhard Heydrich.

1982
Dalam Perang Kepulauan Falkland, pasukan Inggris berhasil merebut kembali Pelabuhan Darwin setelah sebelumnya berhasil diduduki pasukan Argentina. Sekitar 1.500 tentara Argentina lantas menjadi tahanan pihak Inggris.

1991
Kelompok Front Demokrasi Rakyat Etiopia berhasil menduduki ibu kota Etopia, Addis Ababa, demi menggulingkan pemerintahan yang berkuasa. Peristiwa itu akhirnya berhasil mengakhiri pemerintah komunis yang menguasai Etiopia selama 17 tahun.

1998
Pakistan menguji coba senjata nuklirnya di wilayah perbatasan dengan India. Uji coba itu dilakukan Pakistan sebagai pembalasan terhadap India yang sebelumnya juga melakukan uji coba senjata nuklir di perbatasan.

Raja terajkhir di Nepal, Gyanendra Bir Bikram Shah. (Wikimedia.org)
2008
Sistem monarki di Nepal dihapus. Negara tersebut lantas berubah menjadi negara republik. Penghapusan sistem monarki itu diresmikan setelah dilakukan pemungutan suara oleh rakyat Nepal.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho