Sejarah Hari Ini: 28 Juni 1971, Selamat Ulang Tahun Elon Musk

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di belahan dunia dari tahun ke tahun pada 28 Juni.

 Orang terkaya di dunia, Elon Musk memiliki harta Rp2.860 triliun

SOLOPOS.COM - Orang terkaya di dunia, Elon Musk memiliki harta Rp2.860 triliun

Solopos.com, SOLO — Elon Reeve Musk FRS atau Elon Musk adalah pengusaha, penemu, dan tokoh bisnis dari Amerika Serikat yang lahir pada 28 Juni 1971.

Masih banyak peristiwa bersejarah pada 28 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Perjanjian Versailles
Delegasi Jerman dalam penandatanganan Perjanjian Versailles di Istana Versailles, Prancis, 28 Juni 1919. (Wikipedia.org)

1919

Perjanjian Versailles ditandatangani pihak Jerman dan Sekutu di Istana Versailles, Prancis. Perjanjian itu mengakhiri Perang Dunia I yang berlangsung sejak 1914. Dalam perang tersebut, Sekutu dianggap menang atas Jerman

1940

Menyusul kemenangan Jerman di Prancis, jenderal militer Prancis Charles de Gaulle mendirikan markas di Inggris. Pendirian markas itu sebagai upaya untuk membebaskan Prancis dari cengkeraman Jerman.

1940

Pasukan Uni Soviet mulai menginvasi Kota Bessarabia—kini Moldova—di Hungaria. Dari invasi tersebut, pasukan Uni Soviet berhasil merebut Kota Bessarabia dari kekuasaan Hungaria.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Juni 1871 Yen Ditetapkan Jadi Mata Uang Jepang

1942

Tentara Jerman memulai Operasi Peti Biru. Operasi Peti Biru adalah upaya tentara Jerman menduduki beberapa wilayah kekuasaan Uni Soviet. Operasi Peti Biru berlangsung hingga 24 November. Tentara Jerman gagal menguasai beberapa wilayah Uni Soviet.

1944

Pasukan Sekutu berhasil membebaskan Kota Cherbourg di Prancis dari pendudukan Jerman. Pembebasan Kota Cherbourg itu adalah langkah awal untuk membebaskan seluruh wilayah Prancis dari Jerman.

1957

British Medical Research Council mempublikasikan hasil penelitian yang menghubung-hubungkan merokok dan risiko langsung kanker paru-paru. Jurnal ilmiah itu selanjutnya dijadikan dasar Pemerintah Inggris menggencarkan kampanye bahaya merokok.

1972

Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon mengumumkan bahwa tak akan ada lagi wajib militer yang dikirim ke medan perang di Vietnam. Meski demikian, para sukarelawan masih diizinkan jika ingin pergi ke Vietnam untuk berperang.

Baca juga: Lakukan Pelanggaran! Pemprov DKI Jakarta Tutup Seluruh Outlet Holywings

1950

Pasukan Korea Utara (Korut) menyerang Kota Seoul di Korea Selatan (Korsel). Peristiwa itu lantas dikenang dengan sebutan Pertempuran Seoul Pertama. Dari pertempuran itu, pasukan Korut berhasil menduduki Kota Seoul.

1950

Sebanyak 100.000 hingga 200.000 orang yang diduga simpatisan komunis di tanah Korea dibantai polisi dan tentara Korea Selatan (Korsel). Peristiwa tragis itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Bodo League.

1971

Elon Reeve Musk FRS atau Elon Musk adalah pengusaha, penemu, dan tokoh bisnis dari Amerika Serikat yang lahir pada 28 Juni 1971. Ia merupakan pendiri, CTO, dan CEO SpaceX; CEO dan arsitek produksi Tesla, Inc.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Juni 1963 Presiden Kennedy Kunjungi Tembok Berlin

Mike Tyson menggigit telinga Evander Holyfield dalam pertandingan tinju, 1997. (Lasvegas360.com)
Mike Tyson menggigit telinga Evander Holyfield dalam pertandingan tinju, 1997. (Lasvegas360.com)

1997

Petinju Mike Tyson, didiskualifikasi saat bertanding melawan Evander Holyfield. Karena Tyson mengigit telinga Holyfield di ronde ke-3. World Boxing Association (WBA) atau Asosiasi Tinju Dunia lantas melarang Tyson bertinju selama 1 tahun.

2006

Montenegro menyelenggarakan referendum 21 Mei 2006 dan mendeklarasikan diri merdeka dari Serbia pada 3 Juni. Pada 28 Juni 2006 Montenegro diterima sebagai Negara Anggota PBB oleh resolusi Majelis Umum.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      + PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Berita Terkini

      Kenapa Ada Upacara Penurunan Bendera 17 Agustus? Ternyata Ini Alasannya

      Kenapa terdapat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih saat peringatan HUT RI pada 17 Agustus? Ternyata ini alasannya.

      Solopos Hari Ini: Pendidikan Diguyur Dana

      Pemerintah mengungkapkan lima bidang prioritas dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023.

      Dugaan Korupsi Rp78 Triliun: Surya Darmadi akan Diperiksa Lagi Hari Ini

      Kejaksaan Agung akan melanjutkan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi, pencucian uang, dan penguasaan lahan sawit, Surya Darmadi, pada Kamis (18/8/2022) pukul 10.00 WIB.

      Sejarah Hari Ini: 18 Agustus 1945, Soekarno Dilantik Jadi Presiden RI

      Berbagai peristiwa bersejarah dan penting dari tahun ke tahun terjadi pada 18 Agustus.

      10 Berita Terpopuler: Viral! Ojo Dibandingke & Upacara HUT ke-77 RI

      Ulasan tentang lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali Agus Purwanto, Abah Lala, dan upacara HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022) menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (18/8/2022).

      Mangkunegaran Berperan Penting dalam Perkeretaapian Indonesia

      Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Purwosari di Kota Solo, Jawa Tengah, dibangun oleh penguasa Mangkunegaran.

      Anak Yatim Piatu Tidak Terdampak Covid-19 Diusulkan Terima Bansos

      Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sekitar empat juta lebih anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang memerlukan bantuan.

      2023, Menkes Siapkan Transformasi Kesehatan Senilai Rp196,8 Triliun

      Anggaran transformasi kesehatan tersebut menurun dari 2023 senilai Rp96,8 triliun karena ada pengurangan pengadaan vaksin senilai Rp10 triliun.

      Istana: Pelantikan Menteri PAN RB Bersamaan Groundbreaking IKN

      Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan sebelum Agustus berakhir akan berlangsung peletakan batu pertama IKN dan pelantikan menteri PAN-RB

      Sukses Nyanyi, Presiden Jokowi Pesan Ini ke Farel Prayoga

      Inilah isi pesan Presiden Jokowi kepada Farel Prayoga yang sukses menghibur pejabat dan tamu undangan di Istana Merdeka dengan nyanyiannya Ojo Dibandingke.

      Pemilu 2024: Anggaran KPU Rp14 Triliun, Bawaslu Rp5,5 Triliun pada 2023

      Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan anggaran pemilu yang paling besar akan terjadi di 2024, atau pada saat Pemilu berlangsung.

      Para Pemuda Kiri di Sekitar Proklamasi Kemerdekaan

      Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada17 Agustus 1945 niscaya tak akan terjadi tanpa andil para pemuda kiri. Mereka adalah kader-kader komunis dan sosialis.

      Momen Iriana Jokowi, Prabowo-Kapolri Joget Ojo Dibandingke di Istana

      Inilah momen unik yang membuat Ibu Negara Iriana Jokowi, Menhan Prabowo, hingga Kapolri berjoget bersama di Istana Merdeka.

      Nyanyi di Istana, Farel Prayoga Bikin Jokowi Senyum-Prabowo Joget

      Penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022) membuat Presiden Jokowi dan para pejabat RI terhibur.

      Buton Trending Topic Berkat Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani di HUT RI

      Penampilan Jokowi memakai baju adat Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) menjadi trending topic di Twitter.