Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

 Pengepungan Paris (Wikimedia.org)

SOLOPOS.COM - Pengepungan Paris (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pengepungan Paris, terjadi dari 19 September 1870 sampai 28 Januari 1871. Pengepungan ini adalah sebuah penaklukan kota tersebut oleh pasukan Prusia, yang membuat Prancis kalah dalam Perang Prancis-Prusia dan pendirian Kekaisaran Jerman serta Komune Paris.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-28 sesuai sistem Kelender Gregorian, 28 Januari.

PromosiDi Balik Mistis Alas Donoloyo Wonogiri dan Pohon Jati Ratusan Tahun

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 28 Januari yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1846

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Sikh di dekat Sungai Sutlej, India. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Inggris-Sikh itu, pasukan Kerajaan Sikh kehilangan 2.000 tentara hingga 3.000 tentara yang tewas, sedangkan Inggris hanya kehilangan 600 tentara sampai 800 tentara.

1855

Jalur rel kereta api dari Atlantik ke Pasifik mulai dibangun pada 1849 dan mulai dilintasi lokomotif pertama pada 28 Januari 1855. Jalur yang dibangun Amerika Serikat ini juga dikenal dengan nama Pasific Railroad.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Januari 2011 Revolusi di Yaman Pecah

1871
Pengepungan Paris, terjadi dari 19 September 1870 sampai 28 Januari 1871. Pengepungan ini adalah sebuah penaklukan kota tersebut oleh pasukan Prusia, yang membuat Prancis kalah dalam Perang Prancis-Prusia dan pendirian Kekaisaran Jerman serta Komune Paris.

Lukisan yang menggambarkan pengibaran bendera AS untuk kali pertama di tanah Kuba, 11 Juni 1898. Pasukan AS akhirnya meninggalkan Kuba pada 28 Januari 1909. (Wikimedia.org)
Lukisan yang menggambarkan pengibaran bendera AS untuk kali pertama di tanah Kuba, 11 Juni 1898. (Wikimedia.org)

1909

Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai meninggalkan Kuba, sembilan tahun setelah Perang Spanyol-AS berakhir. Pasukan AS berada di Kuba sejak 1898 demi ikut campur dalam kemerdekaan Kuba dari Spanyol yang kemudian memecah Perang Spanyol-AS.

1918

Di masa Perang Saudara Finlandia, Tentara Merah Finlandia berhasil merebut ibu kota Finlandia, Helsinki, dari Tentara Putih Finlandia. Peristiwa itu memicu anggota Senat Finlandia bersembunyi demi mengamankan diri.

Baca juga: Rusia Berpotensi Invasi Ukraina, Inggris Siap Kerahkan Pasukan

1932

Pasukan Jepang mulai menyerang wilayah Shanghai, Tiongkok dan memicu pertempuran dengan pasukan Tiongkok. Serangan itu berlangsung lebih dari sebulan dan berakhir dengan gencatan senjata. Tak ada yang dinyatakan sebagai pemenang dalam pertempuran tersebut.

1935

Pemerintah Islandia secara resmi melegalkan pengguguran kandungan yang disebut aborsi. Hal itu menjadikan Islandia sebagai negara pertama di dunia yang melegalkan aborsi.

1941

Pertempuran antara pasukan Thailand dan pasukan Prancis meletus di Serei Saophoan, Kamboja. Pertempuran itu merupakan yang terkahir di masa Perang Thailand-Prancis yang berlangsung sejak Oktober 1940. Pada 9 Mei 1941, kedua negara tersebut menandatangani kesepakatan damai di Tokyo, Jepang.

Elvis Presley. (Time.com)
Elvis Presley. (Time.com)

1956

Penyanyi rock n roll, Elvis Presley, untuk kali pertama tampil di acara hiburan yang disiarkan televisi. Saat itu, ia menyanyikan lagu Heartbreak Hotel yang kemudian menjadi lagu yang sangat terkenal pada era 1950-an.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Januari 1564 Kemenangan Lithuania Atas Rusia

1978

James Lee Duncan Carragher lahir di Bootle, Merseyside, Inggris. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 1996 sampai 2013. Pemain yang berposisi sebagai bek itu sudah tampil 508 kali bersama Liverpool di Liga Inggris. Selama di Liverpool, pemain yang akrab disapa Jammie itu menjabat sebagai wakil kapten mendampingi sang kapten, Steven Gerrard.

1978
Gianluigi Buffon dilahirkan di Carrara, Italia. Kini, namanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Italia, Juventus. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu telah membela Juventus sejak 2001. Buffon sempat pindah ke Paris Saint-Germain pada 2018 dan kembali ke Juventus pada 2019.

2013
Ratu Belanda, Putri Beatrix, mengumumkan rencananya untuk turun takhta. Pengunduran diri tersebut kemudian dikukuhkan pada 30 April 2013, tepat 33 tahun ia berkuasa. Putra mahkota Willem- Alexander kemudian resmi dinobatkan sebagai raja Belanda, menggantikan Beatrix.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Fajar Kebangkitan Industri Penerbangan Makin Terang

Pemulihan industri penerbangan telah mulai di sejumlah negara. Mudik Lebaran 2022 menjadi laksana fajar merekah pertanda pemulihan industri penerbangan domestik Indonesia.

Sosok Lin Che Wei, Pembongkar Kasus Lippo yang Terjerat Kasus Migor

Analisis Lin Che Wei sempat menuai kontroversial karena membongkar skandal di Bank Lippo pada 2003.

Dea Onlyfans Hamil dan Minta Tak Ditahan, Ini Aturan Hukumnya

Dea OnlyFans meminta polisi tidak menahannya karena dirinya sedang berbadan dua.

Keren! Pemilik Miyago Naknan Dapat Suntikan Dana dari Menteri Investasi

Bukan hanya pemilik Miyago Naknan, terdapat tiga mahasiswa lainnya yang juga memperoleh suntikan dana segar dari Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Pulau Terkecil di Dunia Ternyata di Indonesia, di Sini Lokasinya

PBB mengakui Pulau Simping di Singkawang Kalimantan Barat merupakan pulau terkecil di dunia.

Pentagon Buka Suara Soal UFO, Bukan Fiksi dan Jadi Ancaman Serius

Setelah puluhan tahun Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) bungkam mengenai fenomena UFO (Unidentified Flying Object) atau benda terbang tak dikenal, akhirnya mereka buka suara pada audiensi publik pertama, Selasa (17/5/2022), yang dapat ditarik kesimpulan bahwa fenomena tersebut bukan fiksi dan dianggap sebagai ancaman serius.

Kinerja Kabinet Jokowi Kian Terpuruk karena Menteri Sibuk Kampanye

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengatakan manuver politik para menteri Jokowi tidak hanya menimbulkan persoalan moral dan etika, tapi juga kontradiksi kompleksitas sistem presidensial.

Kisah Pilu Medusa, Wanita Cantik Jelita yang Dikutuk Berambut Ular

Dalam mitologi Yunani, Medusa dikenal sebagai sosok wanita cantik jelita yang dikutuk berambut ular namun memiliki kekuatan yang mematikan.

Semangat Merdeka Belajar untuk Pemulihan Pendidikan Asia Pasifik

Sistem pengajaran yang memerdekakan adalah jalan terbaik memulihkan sektor pendidikan di kawasan Asia Pasifik. Semua negara di kawasan ini harus bekerja sama memulihkan sektor pendidikan.

Hadir di UKSW, Menteri KKP Ungkap Strategi Ekonomi Biru dan Riset PT

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono hadir dalam ajang Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Leaders Forum hari ke-2 yang berlangsung di Balairung Universitas.

Mengintip Isi Cawet, Desa Nan Indah di Pemalang

Inilah pemandangan indah di Desa Cawet, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

PT BSI (BRIS) Akan Right Issue Kuartal III/2022, Segini Nilainya

Kuartal III/2022, PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk. (BRIS) akan melakukan right issue sebagai upaya penambahan modal.

Siapa Wirda Mansur yang Bilang Paytren Baik-Baik Saja?

Di Paytren Wirda Mansur menjabat Direktur Inovasi & Pengembangan.

Ketika Pemain Kendang Mengacau, Humor dan Dagelan ala Srimulat

Film Srimulat: Hil yang Mustahal diawali adegan kelompok lawak Srimulat yang sedang populer terganggu penampilannya karena kemunculan pemain kendang yang lebih lucu bernama Gepeng (Bio One).

Wirda Mansur dan Kuasa Hukum Paytren Beda Suara, Siapa yang Bohong?

Pernyataan Wirda Mansur itu berbeda dengan pengakuan kuasa hukum Paytren yang menjadi wakil dalam perundingan tripartit atas gugatan 14 karyawan di Kantor Disnaker Bandung.

Tripartit Yusuf Mansur Berlanjut 25 Mei, Karyawan Tuntut Gaji Dibayar

PT VSI melalui kuasa hukumnya, Carlos menyatakan perusahaan milik Yusuf Mansur itu tidak punya dana cukup untuk membayar karyawan.