SOLOPOS.COM - Pengepungan Paris (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pengepungan Paris, terjadi dari 19 September 1870 sampai 28 Januari 1871. Pengepungan ini adalah sebuah penaklukan kota tersebut oleh pasukan Prusia, yang membuat Prancis kalah dalam Perang Prancis-Prusia dan pendirian Kekaisaran Jerman serta Komune Paris.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-28 sesuai sistem Kelender Gregorian, 28 Januari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 28 Januari yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1846

Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Sikh di dekat Sungai Sutlej, India. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Inggris-Sikh itu, pasukan Kerajaan Sikh kehilangan 2.000 tentara hingga 3.000 tentara yang tewas, sedangkan Inggris hanya kehilangan 600 tentara sampai 800 tentara.

1855

Jalur rel kereta api dari Atlantik ke Pasifik mulai dibangun pada 1849 dan mulai dilintasi lokomotif pertama pada 28 Januari 1855. Jalur yang dibangun Amerika Serikat ini juga dikenal dengan nama Pasific Railroad.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Januari 2011 Revolusi di Yaman Pecah

1871
Pengepungan Paris, terjadi dari 19 September 1870 sampai 28 Januari 1871. Pengepungan ini adalah sebuah penaklukan kota tersebut oleh pasukan Prusia, yang membuat Prancis kalah dalam Perang Prancis-Prusia dan pendirian Kekaisaran Jerman serta Komune Paris.

Lukisan yang menggambarkan pengibaran bendera AS untuk kali pertama di tanah Kuba, 11 Juni 1898. Pasukan AS akhirnya meninggalkan Kuba pada 28 Januari 1909. (Wikimedia.org)
Lukisan yang menggambarkan pengibaran bendera AS untuk kali pertama di tanah Kuba, 11 Juni 1898. (Wikimedia.org)

1909

Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai meninggalkan Kuba, sembilan tahun setelah Perang Spanyol-AS berakhir. Pasukan AS berada di Kuba sejak 1898 demi ikut campur dalam kemerdekaan Kuba dari Spanyol yang kemudian memecah Perang Spanyol-AS.

1918

Di masa Perang Saudara Finlandia, Tentara Merah Finlandia berhasil merebut ibu kota Finlandia, Helsinki, dari Tentara Putih Finlandia. Peristiwa itu memicu anggota Senat Finlandia bersembunyi demi mengamankan diri.

Baca juga: Rusia Berpotensi Invasi Ukraina, Inggris Siap Kerahkan Pasukan

1932

Pasukan Jepang mulai menyerang wilayah Shanghai, Tiongkok dan memicu pertempuran dengan pasukan Tiongkok. Serangan itu berlangsung lebih dari sebulan dan berakhir dengan gencatan senjata. Tak ada yang dinyatakan sebagai pemenang dalam pertempuran tersebut.

1935

Pemerintah Islandia secara resmi melegalkan pengguguran kandungan yang disebut aborsi. Hal itu menjadikan Islandia sebagai negara pertama di dunia yang melegalkan aborsi.

1941

Pertempuran antara pasukan Thailand dan pasukan Prancis meletus di Serei Saophoan, Kamboja. Pertempuran itu merupakan yang terkahir di masa Perang Thailand-Prancis yang berlangsung sejak Oktober 1940. Pada 9 Mei 1941, kedua negara tersebut menandatangani kesepakatan damai di Tokyo, Jepang.

Elvis Presley. (Time.com)
Elvis Presley. (Time.com)

1956

Penyanyi rock n roll, Elvis Presley, untuk kali pertama tampil di acara hiburan yang disiarkan televisi. Saat itu, ia menyanyikan lagu Heartbreak Hotel yang kemudian menjadi lagu yang sangat terkenal pada era 1950-an.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Januari 1564 Kemenangan Lithuania Atas Rusia

1978

James Lee Duncan Carragher lahir di Bootle, Merseyside, Inggris. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 1996 sampai 2013. Pemain yang berposisi sebagai bek itu sudah tampil 508 kali bersama Liverpool di Liga Inggris. Selama di Liverpool, pemain yang akrab disapa Jammie itu menjabat sebagai wakil kapten mendampingi sang kapten, Steven Gerrard.



1978
Gianluigi Buffon dilahirkan di Carrara, Italia. Kini, namanya dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Italia, Juventus. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu telah membela Juventus sejak 2001. Buffon sempat pindah ke Paris Saint-Germain pada 2018 dan kembali ke Juventus pada 2019.

2013
Ratu Belanda, Putri Beatrix, mengumumkan rencananya untuk turun takhta. Pengunduran diri tersebut kemudian dikukuhkan pada 30 April 2013, tepat 33 tahun ia berkuasa. Putra mahkota Willem- Alexander kemudian resmi dinobatkan sebagai raja Belanda, menggantikan Beatrix.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya