SOLOPOS.COM - Pesawat Air Asia Jatuh di Selat Karimata pada 28 Desember 2014(Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pesawat Airbus A320-200 dari maskapai Air Asia (grup Air Asia) dinyatakan hilang kontak di sekitar Laut Jawa dekat Selat Karimata. Saat itu pesawat terbang dari Surabaya, Indonesia menuju Singapura pada tanggal 28 Desember 2014.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 28 Desember. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 28 Desember yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 25 Desember, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Halaman terakhir Perjanjian Santa Maria–Calatrava. (Wikimedia.org)
Halaman terakhir Perjanjian Santa Maria–Calatrava. (Wikimedia.org)

1836

Spanyol secara resmi mengakui kemerdekaan Meksiko melalui Perjanjian Santa Maria–Calatrava. Perjanjian ditandatangani perwakilan Meksiko, Miguel Santa Maria, dan perwakilan Spanyol, Jose Maria Calatrava, di Madrid, Spanyol. Sebelumnya Spanyol sejak 1821-1829 ingin kembali menguasai wilayah Meksiko yang pernah menjadi jajahannya.

Lukisan karya Emile Bayard yang menggambarkan kerusakan di masa Perang Opium II. (Wikimdia.org)
Lukisan karya Emile Bayard yang menggambarkan kerusakan di masa Perang Opium II. (Wikimdia.org)

1857

Perang Candu Kedua, dikenal juga sebagai Perang Anglo-Tiongkok Kedua, Perang Tiongkok Kedua, Perang Panah, atau Ekspedisi Anglo-Prancis ke Tiongkok. Itu adalah perang antara Inggris dan Prancis melawan Dinasti Qing Tiongkok, yang berlangsung dari 1856 hingga 1860.

Ini adalah perang besar kedua dalam Perang Candu, yang berkaitan dengan masalah ekspor candu ke Tiongkok, dan mengakibatkan kekalahan kedua bagi Dinasti Qing. Kesepakatan Konvensi Peking menyebabkan Semenanjung Kowloon menjadi bagian dari Hong Kong.

1895

Untuk kali pertama di dunia, gambar bergerak ditayangkan secara komersil di Paris, Prancis pada 28 Desember. Gambar bergerak itu merupakan karya Lumiere Bersaudara, penemu alat perekam gambar bergerak yang dinamai sinematograf.

1908

Gempa bumi berkekuatan 7,1 skala Richter mengguncang wilayah selatan Italia. Gempa bumi itu kemudian memicu tsunami setinggi 12 meter. Bencana tersebut menelan lebih dari 75.000 korban jiwa.

Sudwikatmono lahir di Wonogiri pada 28 Desember 1934
Sudwikatmono (Liputan6.com)

1934

Pengusaha Indonesia Sudwikatmono lahir di Desa Wuryantoro, Wonogiri Jawa Tengah, pada 28 Desember 1934.Sudwikatmono meninggal di Singapura setelah menjalani perawatan selama tiga bulan di Rumah Sakit Mount Elizabeth pada 8 Januari 2011.

Sudwikatmono merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara dari pasangan M Ng. Rawi Prawirowihardjo dan Sanikem. Semasa hidupnya, Ia merupakan Komisaris Utama di beberapa perusahaan, seperti PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT Bogasari Flour Mills.

1943

Setelah bertempur selama 21 hari, pasukan Kanada berhasil mengalahkan pasukan Jerman dan pasukan Republik Sosialis Italia di Ortona, Italia. Atas kemenangan pada 28 Desember itu, pasukan Kanada berhasil merebut wilayah Ortona dari cengkeraman Republik Sosialis Italia.

1949

Sehari setelah Belanda menyerahkan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS), Presiden Soekarno pindah dari Istana di Jogja ke Istana Merdeka di Jakarta. Sebelumnya, Soekarno harus pindah ke Istana Jogja karena Jakarta diduduki pasukan Belanda.

1956

Samanhudi atau sering disebut Kyai Haji (KH) Samanhudi lahir di Laweyan, Solo, Jawa Tengah, 1868. KH Samanhudi adalah pendiri Sarekat Dagang Islam, sebuah organisasi massa di Indonesia yang awalnya merupakan wadah bagi para pengusaha batik di Surakarta. Nama kecilnya ialah Sudarno Nadi. Meninggal dunia pada 28 Desember.

1999

Presiden Turkmenistan yang menjabat sejak 1991, Saparmurat Atayevich Niyazov, secara resmi ditetapkan sebagai presiden seumur hidup di negara tersebut. Ia kemudian memimpin Turkmenistan hingga akhir hayatnya pada 21 Desember 2006.

2006

Pasukan Somalia dan pasukan Etiopia berhasil merebut Kota Mogadishu di Somalia yang dikuasai pasukan Uni Pengadilan Islam (UPI) pada 28 Desember. Dalam peristiwa itu, pasukan Somalia dan pasukan Etiopia merebut Mogadishu tanpa perlawanan yang berarti dari pasukan UPI. Pasukan UPI kemudian meninggalkan Mogadishu dan mendirikan markas baru di wilayah selatan Somalia.

Drumer Avenged Sevenfold, James Owen Sullivan alias The Rev. (Billboard.com)
Drumer Avenged Sevenfold, James Owen Sullivan alias The Rev. (Billboard.com)

2009

Drumer band metal ternama Avenged Sevenfold, James Owen Sullivan atau yang lebih dikenal sebagai The Rev, ditemukan tewas di rumahnya, Huntington Beach, California, Amerika Serikat (AS). The Rev tewas pada usia 28 tahun karena pembengkakan jantung yang disebabkan terlalu banyak mengonsumi obat-obatan terlarang. Sepanjang kariernya bersama Avenged Sevefold, The Rev telah menorehkan lima album.

2014



Pesawat Airbus A320-200 dari maskapai Air Asia (grup Air Asia) dinyatakan hilang kontak di sekitar Laut Jawa dekat Selat Karimata. Saat itu pesawat terbang dari Surabaya, Indonesia menuju Singapura pada tanggal 28 Desember. Kecelakaan itu disebabkan kerusakan ekor pesawat dan juga kesalahan pilot. Dua hari kemudian puing-puing pesawat ditemukan. Seluruh penumpang 155 dan 7 kru pesawat atau 162 orang meninggal dalam kejadian itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya