Sejarah Hari Ini: 28 April 1859, Pasukan Banjar Serang Belanda
Lukisan Pangeran Antasari menurut Perda Kalsel. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Untuk kali pertama, pasukan Banjar yang dipimpin Pangeran Antasari menyerang tambang batu bara milik Belanda di Pengaron, Banjar, Kalimantan Selatan, 28 April 1859. Serangan itu kemudian menjadi awal dari sejumlah pertempuran antara pasukan pimpinan Antasari dengan pasukan Belanda.

Serangan pertama pasukan Banjar ke pihak Belanda itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 28 April. Berikut Solopos.com menyajikan Sejarah Hari Ini, 28 April, yang dihimpun dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com:

1792
Pasukan Prancis mulai menginvasi wilayah Hindia-Austria atau yang kini dikenal sebagai Belgia dan Luksemburg. Invasi itu memancing pecahnya Perang Revolusi Prancis yang berlangsung hampir 10 tahun.

1920
Azerbaijan secara resmi bergabung dengan Uni Soviet. Hampir sama dengan negara anggota Uni Soviet lainnya, Azerbaijan lantas memisahkan diri dari Uni Soviet pada 1991.

1859
Untuk kali pertama, pasukan Banjar yang dipimpin Pangeran Antasari menyerang tambang batu bara milik Belanda di Pengaron, Banjar, Kalimantan Selatan. Serangan itu kemudian menjadi awal dari sejumlah pertempuran antara pasukan pimpinan Antasari dengan pasukan Belanda.

Penampakan terbaru Stadion Wembley di Wembley, London, Inggris. (Webleystadium.com)
1923
Arena olahraga yang terletak di Wembley, London, Inggris bernama Empire Stadum secara resmi dibuka. Pada peresmian itu, Stadion Wembley sekaligus digunakan sebagai lokasi digelarnya laga final Piala FA 1923 yang mempertemukan Bolton Wanderers dan West Ham United. Kini, Empire Stadium lebih kondang dengan nama Stadion Wembley.

1926
Jumlah pengangguran di Eropa mencapai angka tertinggi dalam sejarah. Sebanyak 5 juta orang di daratan Eropa menganggur, 1 juta di antara mereka berada di Inggris dan 2 juta lainnya berada di Jerman. Angka pengangguran yang tinggi itu disebabkan pabrik-pabrik di Eropa yang gulung tikar karena pajak yang sangat tinggi dan biaya produksi yang mahal.

1945
Mantan pemimpin Italia Benito Mussolini dan wanita simpanannya, Clara Petacci, dieksekusi mati di Desa Giulino di Mezzegra, Italia oleh para anggota gerakan pemberontakan Italia. Mussolini tertangkap sehari sebelumnya di kawasan Dongo, Italia. Saat tertangkap, ia sedang menyamar sebagai tentara Jerman demi bisa meninggalkan Italia. Semasa hidupnya, Mussolini pernah memimpin Italia dari 1922 hingga 1943.

Muhammad Ali (berdiri) kala beraksi di ring tinju. (Time.com)
1967
Petinju kelas berat, Muhammad Ali, menolak panggilan dari pihak milliter Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti wajib militer. Ali menyatakan tak ingin melayani militer AS demi memprotes Perang Vietnam yang melibatkan pihak AS. Seluruh gelar juara tinju yang dimiliki Ali lantas dicopot karena perbuatannya tersebut.

1975
Orang-orang Amerika Serikat (AS) yang masih berada di Vietnam dijemput menggunakan helikopter untuk kembali ke AS. Penjemputan itu dilakukan mengingat keterlibatan AS dalam Perang Vienam telah berakhir.

1988
Juan Manuel Mata Garcia lahir di Burgos, Spanyol. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang bermain untuk klub besar di Inggris, yakni Manchester United. Sebelum bergabung ke Manchester United, Mata pernah membela Valencia dan Chelsea.

1996
Seorang pria bersenjata bernama Martin John Bryant menembaki orang-orang yang ada di kawasan wisata Port Arthur. Peristiwa tersebut menewaskan 32 orang. Selain itu, Bryant juga menyandera tiga orang lainnya saat dikepung polisi di sebuah hotel. Polisi baru bisa meringkus Bryant pada keesokan harinya. Sayang, tiga orang yang disandera sudah tewas terbunuh.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho