Sejarah Hari Ini: 28 Agustus 1990, Irak Klaim Telah Kuasai Kuwait

Terjadi beragam peristiwa penting di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 28 Agustus yang patut dikenang sebagai catatan sejarah. Berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Iii, 28 Agustus, demi mengenangnya.

Sejarah Hari Ini: 28 Agustus 1990, Irak Klaim Telah Kuasai Kuwait

SOLOPOS.COM - Kilang minyak di Kuwait yang terbakar semasa Perang Teluk. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 28 Agustus 1990, Irak mengklaim Kuwait sebagai provinsi di bawah kekuasaan Irak dengan nama Saddamiyat Al-Mitla. Sebelum Irak melontarkan klaim tersebut, pemimpin Kuwait Syekh Jaber Al Ahmed Al Sabah telah meninggalkan negaranya.

Klaim Irak atas wilayah Kuwait itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 28 Agustus yang layak dikenang. Selain itu, masih banyak hal bersejarah lain pada 28 Agustus yang layak dikenang. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam Sejarah Hari Ini, 28 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1189
Tentara Salib memulai Pengepungan Acre di Acre, Palestina. Salah satu pengepungan yang terjadi pada masa Perang Salib III itu berlangsung hingga Juli 1191. Setelah melakukan pengepungan selama hampir dua tahun, Tentara Salib berhasil merebut wilayah Acre dari kekuasaan Kesultanan Ayyubiyyah.


Ilustrasi Pengepungan Belgrade yang dilakukan pasukan Ottoman, 1521. (Wikimedia.org)
1521
Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil merebut wilayah Belgrade dari kekuasaan Kerajaan Hungaria. Sebelumnya, pasukan Kesultanan Ottoman telah mengepung Belgrade selama beberapa hari.

1542
Salah satu pertempuran dalam Perang Ottoman-Portugal antara pasukan Kesultanan Adal dan pasukan Kerajaan Portugal meletus di Wolfa, Etiopia. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Kesultanan Adal yang berada di kubu Kesultanan Ottoman dianggap menang setelah berhasil menangkap pemimpin pasukan Portugal Cristovao da Gama yang lantas dieksekusi mati.

1810
Angkatan laut Inggris menyerah kepada pasukan Prancis dalam Pertempuran Grand Port di perairan Grand Port, Isle de France atau kini Mauritius, salah satu negara di Samudera Hindia. Pertempuran Grand Port adalah pertempuran antar-angkatan laut yang berlangsung selama sepekan.

1914
Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Heligoland Bight I di perairan Heligoland Bight, Laut Utara. Pertempuran Heligoland Bight I merupakan pertempuran pertama yang terjadi di laut selama Perang Dunia I.

1916
Jerman mendeklarasikan perang terhadap Rumania dalam Perang Dunia I. Tindakan Jerman itu tak lain karena beberapa hari sebelumnya Rumania telah mendeklrasikan perang terhadap Austria-Hungaria yang tergabung dalam Blok Sentral bersama Jerman dalam Perang Dunia I.

1944
Tentara Sekutu berhasil merebut Kota Marseille di Prancis dari cengkeraman pasukan Jerman. Keberhasilan itu diraih setelah Sekutu melakukan pertempuran melawan pasukan Jerman selama sepekan.


Ernest Francois Eugene Douwes Dekker alias Danudirja Setiabudi. (Wikimedia.org)
1950
Ernest Francois Eugene Douwes Dekker atau yang juga dikenal sebagai Danudirja Setiabudi meninggal dunia di Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada usia 50 tahun. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai salah satu dari Tiga Serangkai, selain Tjipto Mangoenkoesoemo dan Suwardi Suryaningrat. Setiabudi juga merupakan peletak dasar nasionalisme Indonesia pada awal abad ke-20 serta penggagas nama Nusantara sebagai nama untuk Hindia-Belanda yang merdeka.

1989
Cesar Azpilicueta Tanco lahir di Pamplona, Spanyol. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Chelsea.

1990
Setelah menginvasi Kuwait dan memicu Perang Teluk, Irak mengklaim Kuwait sebagai provinsi di bawah kekuasaan Irak dengan nama Saddamiyat Al-Mitla. Sebelum Irak melontarkan klaim tersebut, pemimpin Kuwait Syekh Jaber Al Ahmed Al Sabah telah meninggalkan negaranya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Saat berkunjung ke Kabupaten Sragen jangan sampai melewatkan kuliner legendaris, sambal tumpang sorsi yang murah dan lezat.

Berpotensi Untung Besar, Pemuda Wonogiri Isi Waktu Luang dengan Budidaya Porang

Para pemuda di Wonogiri mulai tertarik membudidayakan porang karena tanaman itu dinilai mempunyai keunggulan lebih dibandingkan tanaman lain.

Anthony Ginting Gagal ke Final Olimpiade 2020, Masih Berpeluang Raih Perunggu

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, gagal melaju ke babak final cabang olahraga bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.