Tutup Iklan

Sejarah Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Dihelat di Jakarta

Aneka peristiwa terjadi di dunia pada 27 Oktober terangkum dalam Sejarah Hari Ini salah satunya terkait dimulainya Kongres Pemuda II di Jakarta.

 Diorama menggambarkan suasana rapat pada Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya Jakarta. (Antara)

SOLOPOS.COM - Diorama menggambarkan suasana rapat pada Kongres Pemuda II di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya Jakarta. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Kongres Pemuda II digelar mulai 27 Oktober 1928 di Batavia atau kini Jakarta. Kongres itu diikuti perwakilan organisasi pemuda di seluruh wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan lainnya.

Kongres Pemuda Kedua selama dua hari akhirnya melahirkan keputusan yang memuat ikrar untuk mewujudkan cita-cita berdirinya negara Indonesia, yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Dimulainya Kongres Pemuda II merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 27 Oktober.

Baca juga: Eks Intel Arab Saudi Sebut Pangeran MBS Ingin Racuni Raja Abdullah

Selain Kongres Pemuda II, masih banyak peristiwa bersejarah pada 27 Oktober terangkum dalan Sejarah Hari Ini yang dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

1644

Salah satu pertempuran antara pasukan Kerajaan dan pasukan Parlemen pada masa Perang Saudara Inggris meletus di Newbury, Berkshire. Secara taktik, pasukan Parlemen menang karena pasukan Kerajaan mundur terlebih dahulu. Tapi, Parlemen tak mendapatkan keuntungan apa pun. Di pertempuran itu, pasukan Kerajaan kehilangan 1.500 tentara sedangkan pasukan Parlemen justru menelan kerugian lebih banyak dengan kehilangan sekitar 2.000 tentara.

1728

James Cook lahir di Marton atau kini Middlesbrough, Yorkshire, Inggris. Cook lantas dikenal sebagai orang pertama dari Eropa mengunjungi Hawaii. Selain itu, dia juga merupakan orang kedua dari Eropa yang berhasil mencapai Selandia Baru—setelah Abel Tasman—dan berhasil memetakan seluruh garis pantainya.

1795

Amerika Serikat (AS) dan Spanyol menandatangani Perjanjian Madrid di San Lorenzo de El Escorial, Madrid, Spanyol. Perjanjian tersebut mengatur perbatasan antara AS dan wilayah koloni Spanyol di Amerika.

1870

Pasukan Prancis yang berjumlah 180.000 tentara dengan dipimpin Francois Bazaine menyerah kepada Prusia yang telah mengepung Kota Metz, Prancis, selama lebih dari dua bulan. Kekalahan Prancis itu merupakan yang terbesar selama Perang Prancis-Prusia. Francois Bazaine menjadi tawanan Prusia.

1914

Untuk kali pertama di masa Perang Dunia I, Inggris kehilangan kapal perangnya yang tenggelam di barat laut Irlandia. Kapal tersebut adalah HMS Audacious yang tenggelam akibat ranjau yang dipasang pasukan Jerman.

Baca juga: Mirip Pablo Escobar, Raja Narkoba Paling Dicari di Kolombia Tertangkap

1924

Pemerintah Uni Soviet secara resmi mendirikan Republik Soviet Sosialis Uzbekistan. Uzbekistan merupakan negara yang wilayahnya adalah pecahan dari Turkestan, Bukhara, dan Khwarezmia. Uzbekistan baru meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991 seiring runtuhnya Uni Soviet.

1928

Berbagai organisasi pemuda di seluruh wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia menghadiri Kongres Pemuda II di Batavia atau kini Jakarta. Rapat  hari pertama diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Muhammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan, Dari kongres tersebut, lahir Sumpah Pemuda pada keesokan harinya.

1944

Pasukan Jerman berhasil merebut Kota Banska Bystrica dari para pemberontak Slovakia. Hal itu juga lantas mengakhiri Pemberontakan Slovakia yang berlangsung selama dua bulan.

1945

Beberapa bulan setelah para pemuda merebut perusahaan listrik di Jakarta yang dikuasai Jepang, pemerintah Indonesia lantas membentuk Jawatan Listrik dan Gas. Kini, 27 Oktober diperingati sebagai hari berdirinya Perusahaan Listrik Negara (PLN).

1958

Presiden Pakistan pertama, Iskander Mirza, tersingkir melalui kudeta yang dilakukan Jenderal Ayub Khan.

1960

Aktivis hak-hak sipil Martin Luther King Jr. dibebaskan dari Penjara Negara Bagian Georgia menyusul intervensi langsung dari politisi AS Robert F. Kennedy yang mempertanyakan hak konstitusionalnya untuk jaminan, sambil menunggu banding atas hukuman lalu lintas.

1971

Republik Demokratik Kongo berganti nama menjadi Zaire.

1979

Saint Vincent dan Grenadine merdeka dari Britania Raya.

Baca juga: Lindungi Kawannya, Gajah di Afsel Injak Pemburu Liar hingga Meninggal

1991

Turkmenistan memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet.

1991

Indonesia secara resmi melepaskan kekuasaan Timor Timur kepada pemerintahan transisi PBB.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini : 6 Desember 1992, Penghancuran Masjid Babri India

Insiden penghancuran Masjid Babri di India merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini.

Korban KKB, Persiapan Syukuran yang Berubah Jadi Kabar Duka

Keluarganya pun berencana membuat syukuran untuk menyambut kepulangan Serda Putra namun acara tersebut berubah menjadi duka.

Kirim 9 Personel, IOF Jateng Dirikan Dapur Umum di Lereng Semeru

Kesembilan anggota IOF Jateng itu selama ini kerap berjibaku sebagai sukarelawan SAR di Soloraya dan Jawa Tengah.

Relawan SAR Soloraya: Pengungsi Butuh Pakaian dan Perlengkapan Bayi

Di kelurahan Sumber Wulung ada satu dusun yang masih tertimbun abu Semeru dan belum bisa dilakukan evakuasi akibat tebalnya material letusan.

Satu Dusun Tertimbun Abu Semeru, 22 Orang Dalam Pencarian

Dari data yang diperoleh Solopos.com, Minggu malam, ada 22 orang yang belum diketahui nasib mereka.

Kumandang Azan Satu Jam Sebelum Jembatan Putus Akibat Erupsi Semeru

Tampak di lokasi itu diguyur hujan deras dan kabut, sang sopir yang takut sambil mengendarai kendaraannya itu langsung dirinya mengumandangkan suara azan.

Ternyata, Siskaeee Rekam Aksi Tak Senonoh di Sejumlah Tempat di DIY

Siskaeee mengaku melakukan aksi tak senonoh di sejumlah tempat di D.I. Yogyakarta. 

Pamer Aurat di Mana-Mana, Siskaeee Menderita Gangguan Mental?

Eksibisionisme masuk dalam kategori Diagnositic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), salah satu gangguan mental, dan ini cukup membuat seseorang harus mendapatkan pertolongan.

Almarhumah NWR Pernah Laporkan Kasus Asusila ke Kampus

Agus Suman menyatakan Universitas Brawijaya (UB) mengapresiasi dan mendukung langkah Polri dalam menangani kasus bunuh diri NWR.

Ini 20 Ramalan Jayabaya Terjadi di Tahun 2022

Dalam ramalan Jayabaya disebutkan bahwa di tahun 2022 atau zaman kalasurata ini, akan terjadi kiamat kubra.

Ini Dia Mitos tentang Gunung Semeru yang Perlu Anda Tahu

Karena itulah tidak heran ada yang menghubungkan letusan Gunung Semeru ini dengan ramalan Jayabaya, yang menubuatkan bahwa Pulau Jawa akan terbelah.

Bertambah Lagi, Korsel Laporkan Virus Corona Omicron Jadi 12 Kasus

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) melaporkan tiga tambahan kasus virus corona Omicron sehingga menjadikan total kasus varian baru tersebut menjadi 12.

Media Asing Sebut Indonesia Batal Beli Jet Tempur Sukhoi Rusia

Media asing sektor militer pertahanan dan militer melaporkan bahwa Indonesia telah membatalkan pembelian jet tempur Rusia Sukhoi Su-35.

Duka Partai Golkar, Airlangga: Segera Bantu Warga Sekitar Semeru!

Airlangga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana DPP Partai Golkar segera membantu masyarakat yang terdampak dengan memenuhi kebutuhan dasar berupa sembako dan membagikan masker bagi para pengungsi.

+ PLUS Kedisiplinan Masyarakat Kunci Mencegah Ancaman Gelombang Ketiga

Komitmen pemerintah mengantisipasi ancaman lonjakan penularan Covid-19 memunculkan optimisme Indonesia bakal lolos dari potensi lonjakan gelombang ketiga penularan Covid-19.

Varian Omicron Menyebar ke 40 Negara, WHO: Jangan Panik, Tetap Waspada

Warga dunia diimbau tidak panik terkait varian baru Omicron Covid-19 yang telah menyebar ke 40 negara, tetapi harus tetap waspada.