SOLOPOS.COM - Bendera Protektorat Spanyol di Maroko. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 27 November 1912, Spanyol mendeklarasikan pendirian proktetorat di wilayah utara Maroko. Dengan begitu, wilayah utara Maroko menjadi negara yang berada di bawah perlindungan Spanyol.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-331—hari ke-332 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 27 November.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 27 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 27 November:

1095
Dalam pidatonya pada Konsili Clermont di Clermont, Prancis, Paus Urbanus II kali pertama mengungkapkan seruannya untuk menggerakkan orang Kristen berperang merebut tanah suci—yang secara kasar meliputi wilayah Israel, Palestina, dan sebagian Yordania dan Lebanon—dari orang-orang Islam. Pidato tersebut diyakini sebagai titik awal meletusnya Perang Salib I yang berlangsung dari 1096 sampai 1099.

1912
Spanyol mendeklarasikan pendirian proktetorat di wilayah utara Maroko. Pada saat itu, wilayah Maroko telah menjadi proktetorat Prancis dan Spanyol. Maroko baru merdeka dari Prancis dan Spanyol pada 7 April 1956.

Lee Jun Fan alias Bruce Lee. (Brucelee.com)
Lee Jun Fan alias Bruce Lee. (Brucelee.com)

1940
Lee Jun Fan dilahirkan di San Francisco, California, Amerika Serikat (AS). Ia kemudian menjadi aktor yang menyandang nama panggung Bruce Lee. Ia juga dikenal sebagai salah seorang yang memopulerkan film-film kungfu ke seluruh dunia. Bruce Lee meninggal dunia di Hong Kong pada 1973 dan dimakamkan di Seattle, Washington, AS.

1940
Pertempuran yang melibatkan pasukan angkatan laut dari Amerika Serikat (AS) dan dari Italia meletus di Laut Tengah, dekat Sardinia, Italia. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia II itu berkahir imbang. Kedua negara mengalami kerugian yang sama dengan masing-masing kehilangan satu kapal perang. Pertempuran itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Tanjung Spartivento.

James Marshall Hendrix alias Jimmi Hendrix. (Rollngstone.com)
James Marshall Hendrix alias Jimmi Hendrix. (Rollngstone.com)

1942
James Marshall Hendrix lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris sekaligus tokoh budaya dengan nama beken Jimi Hendrix. Selain itu, Hendrix juga sering disebut sebagai salah satu pemain gitar elektrik paling berpengaruh dalam sejarah musik rok. Hendrix meninggal di usia yang masih muda, yakni 27 tahun.

1944
Kota Tokyo di Jepang dibombardir pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS), Boeing B-29. Selain Kota Tokyo, pasukan Angkatan Udara AS juga menghancurkan beberapa kapal milik Jepang di perairan dekat Tokyo.

Roberto Mancini. (Reuters)
Roberto Mancini. (Reuters)

1964
Roberto Mancini lahir di Jesi, Italia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Italia, seperti Sampdoria dan Lazio. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2001, Mancini kemudian terjun di dunia kepelatihan dan pernah menjadi arsitek di beberapa klub besar di Eropa, yakni Fiorentina, Lazio, Inter Milan, dan Manchester City. Kini, Mancini menangani Timnas Italia.

1971
Mars 2, satelit buatan milik Uni Soviet yang diluncurkan pada 19 Mei 1971, diklaim telah mendarat di Mars. Sebelum mendarat, Mars 2 sempat mengitari Mars dan mengirimkan bebrapa gambar dan data.

1983
Pesawat Boeing 747-283B milik maskapai penerbangan Avianca mengalami kecelakaan di dekat Bandara Barajas, Madrid, Spanyol. Pesawat yang membawa 173 penumpang dan 19 kru dari Frankurt, Jerman dan sempat transit di Bandara Charles de Gaulle, Paris, Prancis itu mengalami kecelakaan karena kesalahan pilot. Akibatnya, 181 orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

1997
Untuk kali kedua dalam setahun, pembantaian terjadi di Souhane, Aljazair. Pembantaian tersebut menewaskan 25 orang. Kelompok-kelompok Islam disalahkan atas pembantaian tersebut, seperti Kelompok Islam Bersenjata Aljazair.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya