Tutup Iklan
Makam Raja-Raja Jawa di Imogiri, Bantul, DIY rusak akibat gempa bumi, 27 Mei 2006. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi berkekuatan 6,3 pada skala Richter mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya, 27 Mei 2006. Bencana tersebut menewaskan sedikitnya 5.800 orang.

Gempa Bumi di Jogja itu merupakan salah satu dari berbagai peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 27 Mei. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun http://www.solopos.com">Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 27 Mei:

1199
John dinobatkan sebagai raja Inggris menggantikan kakanknya, Richard I, yang meninggal dunia pada 6 April 1199. Di tangan John, Inggris mengalami masa kelam dengan mengalami beberapa kekalahan dalam perang dan harus kehilangan wilayah Normandia yang direbut Prancis. Raja John bahkan kerap dijuluki sebagai John Lackland yang berarti John yang miskin tanah.

https://img.solopos.com/upload/img/pyotr%201.jpg" alt="" width="400" height="536" />Lukisan karya Paul Delaroche, 1838, yang menggambarkan sosok Pyotr I. (Wikimedia.org)
1703
Tsar atau Kaisar Rusia, Pyotr I, mendirikan Kota Saint Petersburg sebagai ibu kota Kekaisaran Rusia. Setelah meletusnya Revolusi Rusia yang menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Rusia pada 1917, ibu kota Rusia dipindahkan ke Moskow.

1905
Pertempuran Tsushima yang melibatkan Rusia dan Jepang meletus di Selat Tsushima, antara daratan Jepang dan Korea. Pertempuran tersebut merupakan pertempuran di perairan yang terakhir dalam Perang Rusia-Jepang. Pasukan Jepang berhasil memenangi Pertempuran Tsushima setelah berjuang selama kurang lebih dua hari.

1940
Sebanyak 99 tentara Inggris yang menyerah kepada pasukan Jerman di Desa Le Paradis, Lestrem, Prancis dibantai dan hanya menyisakan dua tentara Inggris yang hidup. Peristiwa yang terjadi di masa Perang Dunia II tersebut kini dikenang dengan istilah Pembantaian Le Paradis.

1940
Kapal perang milik Jerman, Bismarck, tenggelam di Samudera Atlantik setelah dibombardir empat kapal perang milik Inggris, yakni HMS King George V, HMS Rodney, HMS Norfolk, dan HMS Dorsetshire. Torpedo yang diluncurkan HMS Dorsetshir berhasil menenggelamkan Bismarck yang sebelumnya sempat membalas serangan Inggris. Serangan yang dilancarkan Inggris tersebut diklaim sebagai pembalasan terhadap Bismarck yang telah menenggelamkan kapal tempur milik Inggris, HMS Hood. Sedikitnya 2.100 orang tewas dalam peristiwa tersebut.

1965
Kapal perang milik Amerika Serikat (AS) tiba di Vietnam dan memulai penyerangan pertamanya. Markas-markas tentara Vietnam Utara yang berada di kawasan pantai Vietnam Selatan menjadi sasaran serangan kapal perang milik AS tersebut.

https://img.solopos.com/upload/img/gervinho.jpg" alt="" width="450" height="299" />Lukisan karya Paul Delaroche, 1838, yang menggambarkan sosok Pyotr I. (Wikimedia.org)
1987
Gervais Lombe Yao Kouassi lahir di Anyama, Pantai Gading. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola profesional dan lebih akrab disapa Gervinho. Sepanjang kariernya, Gervinho telah membela sejumlah klub sepak bola top di Eropa, antara lain Lille, Arsenal, dan AS Roma. Kini, pemain yang biasa dipasang sebagai penyerang itu membela salah klub sepak bola di Italia, Parma.

1994
Setelah bubarnya Uni Soviet, penulis ternama asal Rusia, Alexander Solzhenitsyn, dapat kembali ke tanah kelahirannya setelah diasingkan selama 20 tahun. Solzhenitsyn diasingkan karena tulisan-tulisannya yang mengkritik pemerintahan Uni Soviet. Ia juga pernah mengikuti kerja paksa pada masa Perang Dunia II setelah melontarkan kritik pedas terhadap pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin.

2006
Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. Bencana alam tersebut menewaskan sekitar 5.800 orang dan membuat sekitar 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal mereka.

2016
Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama mengunjungi Monumen Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang. Atas kunjungan itu, Obama menjadi presiden pertama dari AS yang mengunjugi monumen tersebut. Monumen Perdamaian Hiroshima didirikan demi mengenang meletusnya bom atom yang dijatuhkan AS ke Hiroshima pada 1945 dan untuk mengingatkan umat manusia akan pentingnya perdamaian.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten