Sejarah Hari Ini: 27 Mei 2006, Gempa Bumi Guncang Jogja

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 27 Mei.

 Seorang warga menggotong korban gempa bumi di Jogja pada 27 Mei 2006. (Instagram @unitedarmy_JOG)

SOLOPOS.COM - Seorang warga menggotong korban gempa bumi di Jogja pada 27 Mei 2006. (Instagram @unitedarmy_JOG)

Solopos.com, SOLO — Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya pada 27 Mei 2006. Bencana alam tersebut menewaskan sekitar 5.800 orang.

Masih ada berbagai peristiwa bersejarah di dunia pada 27 Mei yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

1199

John dinobatkan sebagai raja Inggris menggantikan kakaknya, Richard I, yang meninggal dunia pada 6 April 1199. Di tangan John, Inggris mengalami masa kelam dengan mengalami beberapa kekalahan dalam perang dan harus kehilangan wilayah Normandia yang direbut Prancis.

Kaisar Rusia
Lukisan Tsar atau Kaisar Rusia, Pyotr I (Wikipedia.org)

1703

Tsar atau Kaisar Rusia, Pyotr I, mendirikan Kota Saint Petersburg sebagai ibu kota Kekaisaran Rusia. Setelah meletusnya Revolusi Rusia yang menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Rusia pada 1917, ibu kota Rusia dipindahkan ke Moskow.

1905

Pertempuran Tsushima yang melibatkan Rusia dan Jepang meletus di Selat Tsushima, antara daratan Jepang dan Korea. Pasukan Jepang berhasil memenangi Pertempuran Tsushima setelah berjuang selama kurang lebih dua hari.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Mei 1889 Menara Eiffel Dinaiki Pengunjung

1940

Sebanyak 99 tentara Inggris yang menyerah kepada pasukan Jerman di Desa Le Paradis, Lestrem, Prancis dibantai dan hanya menyisakan dua tentara Inggris yang hidup. Peristiwa yang terjadi di masa Perang Dunia II tersebut kini dikenang dengan istilah Pembantaian Le Paradis.

1940

Kapal perang milik Jerman, Bismarck, tenggelam di Samudera Atlantik setelah dibombardir empat kapal perang milik Inggris, yakni HMS King George V, HMS Rodney, HMS Norfolk, dan HMS Dorsetshire. Sedikitnya 2.100 orang tewas dalam peristiwa tersebut.

1965

Kapal perang milik Amerika Serikat (AS) tiba di Vietnam dan memulai penyerangan pertamanya. Markas-markas tentara Vietnam Utara yang berada di kawasan pantai Vietnam Selatan menjadi sasaran serangan kapal perang milik AS tersebut.

Baca juga: Sah Suami Istri! Ini Mahar Pernikahan Adik Jokowi & Ketua MK

1987

Gervais Lombe Yao Kouassi lahir di Anyama, Pantai Gading. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola profesional dan lebih akrab disapa Gervinho. Sepanjang kariernya, Gervinho telah membela sejumlah klub sepak bola top di Eropa.

1994

Setelah bubarnya Uni Soviet, penulis ternama asal Rusia, Alexander Solzhenitsyn, dapat kembali ke tanah kelahirannya setelah diasingkan selama 20 tahun. Solzhenitsyn diasingkan karena tulisan-tulisannya yang mengkritik pemerintahan Uni Soviet.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 25 Mei American Airlines Jatuh di Perumahan Chicago

2006

Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. Bencana alam tersebut menewaskan sekitar 5.800 orang dan membuat sekitar 1,5 juta orang kehilangan tempat tinggal mereka.

2016

Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama mengunjungi Monumen Perdamaian Hiroshima di Hiroshima, Jepang. Atas kunjungan itu, Obama menjadi presiden pertama dari AS yang mengunjugi monumen tersebut.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

+ PLUS Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

Masyarakat modern menjadikan kebun binatang sebagai media tontonan atau wahana hiburan. Namun, manusia juga pernah diberlakukan sebagai objek tontonan pengunjung layaknya hewan di kebun binatang.

Berita Terkini

Human Zoo, Saat Manusia Jadi Objek Tontonan Layaknya Binatang

Masyarakat modern menjadikan kebun binatang sebagai media tontonan atau wahana hiburan. Namun, manusia juga pernah diberlakukan sebagai objek tontonan pengunjung layaknya hewan di kebun binatang.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo Wafat, PDIP Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan arahan kepada seluruh kader, anggota, dan simpatisan partai untuk mengibarkan bendera PDIP setengah tiang di kantor-kantor partai.

Makna Penting Lawatan Presiden Jokowi ke Eropa

Lawatan Presiden Joko Widodo ke pertemuan G7 di Jerman yang dilanjutkan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy dilanjutkan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin bermakna sangat strategis bagi Indonesia.

Iduladha di Indonesia dan Arab Saudi Berbeda, Ini Penjelasan Kemenag

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kementerian Agama Adib menjelaskan perbedaan waktu itu disebabkan karena letak Arab Saudi lebih barat dari Indonesia.

Canggihnya 2 Kereta Api Cepat Rusia yang Ditawarkan Putin untuk IKN

Sapsan dan Allegro merupakan dua jenis kereta api cepat yang paling populer di Rusia. Presiden Vladimir Putin menawarkan Russian Railways ambil bagian dalam mendukung infrastruktur transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Profil Tjahjo Kumolo: Lahir di Solo & Meninggal di Jakarta

Inilah profil lengkap Tjahjo Kumolo, Menteri PAN-RB, yang meninggal pada Jumat (1/7/2022).

Innalillahi, Menpan-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menpan-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) dalam usia 64 tahun.

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Dies Natalis, UT Surakarta Tebar 19.000 Bibit Ikan di Waduk Cengklik

Dalam rangka Dies Natalis yang ke-38 Universitas Terbuka (UT) Surakarta menyelenggarakan kegiatan bakti sosial menebarkan benih ikan di Waduk Cengklik, Boyolali.

Solopos Hari Ini: Momentum Tepat Misi Jokowi

Misi perdamaian yang dibawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ukraina dan Rusia diapresiasi. Upaya diplomasi itu disambut baik oleh pemimpin Ukraina dan Rusia yang diiringi isyarat positif kedua pihak bertikai.

Mengenal Suku-Suku Pedalaman Penghuni 3 Provinsi Baru di Papua

Anim Ha, Meepago dan La Pago resmi menjadi nama provinsi baru di Papua. Tiga provinsi baru di Papua ini dihuni oleh banyak suku pedalaman yang memiliki kearifan lokal berbeda-beda.

Komisi III DPR Himpun Aspirasi tentang Ganja Medis

Komisi III DPR pada Kamis (30/6/2022) menyelenggarakan rapat dengar pendapat umum tentang ganja untuk kepentingan medis.

Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina Tak Jamin Bisa Hadir

Presiden Zelenskyy tidak bisa menjamin bisa hadir atau tidak karena harus menyesuaikan kondisi di negaranya.  

Seusai Bertemu Jokowi, Putin Janji Takkan Ganggu Ekspor Ukraina

Melunaknya Presiden Putin itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam suasana yang hangat di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

AS Tuding Putin Masih Bernafsu Kuasai Ukraina, Perang Bakal Lama

Amerika Serikat menuding Presiden Rusia Vladimir Putin masih ingin merebut sebagian besar wilayah Ukraina.

Order Anjlok 30%, Ratusan Karyawan Sepatu Nike Kehilangan Pekerjaan

Perusahaan sepatu Nike yang berada di Tangerang, Banten memberhentikan ratusan pekerja karena terus mengalami penurunan order hingga 30%.