Sejarah Hari Ini: 27 Juni 1871 Yen Ditetapkan Jadi Mata Uang Jepang

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 27 Juni.

 Yen mata uang Jepang. (Wikipedia.org)

SOLOPOS.COM - Yen mata uang Jepang. (Wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Keshogunan Tokugawa menetapkan Yen sebagai mata uang Jepang pada 27 Juni 1871. Aksara kanji ¥ yang berarti lingkaran digunakan sebagai lambang mata uang Jepang

Masih banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 27 Juni yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

1596

Armada kapal Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman tiba di Banten. Awalnya, penduduk Banten menyambut kedatangan mereka. Namun karena tabiat buruk awak kapal, Kesultanan Banten bersama orang-orang Portugal di Banten mengusir Cornelis de Houtman dan awak kapalnya.

1871

Pemerintah Keshogunan Tokugawa menetapkan Yen sebagai mata uang Jepang. Salah satu penjelasan penggunaan aksara kanji ¥ yang berarti lingkaran sebagai lambang mata uang Jepang adalah tradisi orang Jepang melambangkan uang dengan lingkaran yang dibentuk dari jari telunjuk dan ibu jari.

1940

Pemerintah Jerman mulai menggunakan mesin penyandi, Enigma, untuk mengirimkan pesan kepada tentaranya semasa Perang Dunia II. Mesin itu digunakan agar musuh tak mengetahui arti dan tujuan pesan yang dikirim.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Juni 1963 Presiden Kennedy Kunjungi Tembok Berlin

1941

Pasukan Jerman berhasil merebut Kota Bialystok di Polandia dari Uni Soviet dalam Operasi Barbarossa. Operasi Barbarossa adalah upaya Jerman menginvasi kawasan Uni Soviet dan sekitarnya.

1941

Pemerintah Rumania mulai melaksanakan program pembantaian terhadap orang-orang Yahudi yang disebut Pogrom Jassy. Sebanyak 13,266 orang Yahudi tewas dalam pembantaian yang diperintahkan Pemerintah Rumania itu.

1954

Pertandingan perempatfinal Piala Dunia FIFA 1954 antara Hungaria dan Brasil digelar di Swiss. Pertandingan yang diperkirakan akan berlangsung menarik itu justru berubah menjadi sebuah kerusuhan antarpemain.

Baca juga: HAJI 2022: 72.092 Jemaah Calon Haji Indonesia Tiba Mekkah

1976

Virus Ebola kali pertama diketahui mewabah di Sudan. Setelah wabah dinyatakan berakhir, sekitar 284 orang dinyatakan terjangkit Ebola dan puluhan di antara mereka meninggal dunia.

1977

Prancis memberikan kemerdekaan penuh kepada Djibouti. Kini, Djibouti menjadi negara berbentuk republik. Sebelumnya, Djibouti menjadi wilayah kekuasaan Prancis sejak 1896.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 25 Juni 2009 Michael Jackson Meninggal

1985

Nico Erik Rosberg lahir di Wiesbaden, Jerman barat. Ia lantas dikenal luas sebagai juara balap Formula 1 musim 2016. Lima hari setelah berhasil menjadi juara, Rosberg menyatakan pensiun dari dunia balap Formula 1.

2013

NASA mengaku meluncurkan satelit Interface Region Imaging Spectrograph. Satelit tersebut diluncurkan untuk menyelidiki kondisi fisik Matahari.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Guru TK Meninggal di Kamar Mandi, Diduga Dibunuh

      Jenazah guru TK itu ditemukan di kamar mandi rumahnya oleh ibu kandungnya.

      Rumdin Ferdy Sambo Diusulkan Jadi Museum Pengingat Kejahatan

      Ferdy Sambo berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

      Timsus Kapolri Sempat Stagnan, Terbantu Berkat Pengakuan Bharada E

      Ferdy Sambo berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

      Jejak Berdarah Duren Tiga Akhiri Karier Moncer Ferdy Sambo

      Ferdy Sambo berpotensi sampai ke puncak karier sebagai orang nomor satu di Polri seperti halnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

      Kasus Ferdy Sambo Disorot Media Malaysia, Singapura dan Australia

      Media dari Singapura, Malaysia dan Australia mengulas berita penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap anak buahnya, Brigadir J.

      Jaksa Yakin Hakim Bakal Hukum Motivator Julianto Eka Putra

      Terdakwa Julianto Eka Putra telah dituntut 15 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU).

      Pengacara Sebut Asmara Polwan dan Ferdy Sambo, Benarkah Rita Yuliana?

      Pada pertengahan Juli lalu nama AKP Rita Yuliana viral di media sosial karena dikaitkan dengan kasus tewasnya Brigadir J.

      Bharada E: Jika Tidak Menembak, Saya yang Ditembak

      Jika tidak menembak, Bharada E yakin dirinya yang akan ditembak hingga mati.

      Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Wujudkan Transformasi Pendidikan

      Saat ini ada sejumlah platform yang sudah ada pada ekosistem teknologi pendidikan Kemendikbudristek Indonesia.

      Pembunuhan Brigadir J karena Kisah Asmara Ferdy Sambo Terbongkar?

      Ferdy Sambo diduga terlibat kisah asmara dengan seorang polwan sehingga memicu perselisihan dengan istrinya, Putri Candrawathi. 

      Pilpres 2024, Ganjar akan Kalah Jika Tak Diusung PDIP

      Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo belum mendapat restu untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

      Daerah Ini Warganya Sering Bersepeda Motor Tanpa Helm

      Direktur Lalu lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Raydian Kokrosono, Rabu (10/8/2022), mengatakan sejak Juli 2022 hingga 8 Agustus 2022 polisi menilang 208 pengendara tidak menggunakan helm.

      Pengacara: Brigadir J Dihabisi karena Bocorkan Rahasia Ferdy Sambo

      Salah satu pengacara, Kamaruddin Simanjuntak menyatakan Brigadir J dihabisi karena memegang rahasia Ferdy Sambo dan sempat membocorkannya.

      TKP Kasus Kematian Brigadir J Bertambah 1, Rumah Pribadi Ferdy Sambo

      Ketiga TKP tersebut merupakan rumah mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo.

      Laku Karya Mahasiswa ISI Solo Masuk 10 Besar Film Pendek Kartu Prakerja

      Film Laku karya mahasiswa ISI berhasil masuk 10 besar finalis terbaik kompetisi Film Pendek Kartu Prakerja.

      Beri Informasi Salah, Karopenmas Brigjen Ahmad Ramadhan Dibela Atasan

      Belakangan pernyataan Ahmad Ramadhan itu dibantah Kapolri yang memastikan tidak ada baku tembak di rumah dinas Ferdy Sambo.