Sejarah Hari Ini: 27 April 1945, Mussolini Ditangkap Sekutu
Benito Mussolini. (Politico.com)

Solopos.com, SOLO — Setelah kekalahan Italia dalam Perang Dunia II, mantan pemimpin Italia Benito Mussolini tertangkap oleh pasukan Sekutu di Dongo, Italia, 27 April 1945. Saat tertangkap, Mussolini sedang menyamar sebagai tentara Jerman dan berniat melarikan diri dari Italia.

Tertangkapnya Benito Mussolini merupakan salah satu dari sekian peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada 27 April. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 27 April:

711
Pasukan Kekhalifahan Umayyah yang dipimpin Tariq bin Ziyad mendarat di Gibraltar untuk memulai invasi mereka ke kawasan Hispania yang kini menjadi bagian dari Portugal dan Spanyol. Peristiwa itu adalah awal dari Penaklukan Hispania oleh Kekhalifahan Ummayah yang berlangsung hingga 718.

1521
Pertempuran antara pasukan penjelajah Spanyol dan Suku Mactan meletus di Pulau Mactan, Cebu, Filipina. Pasukan Suku Mactan yang dipimpin Lapu-Lapu berhasil mengalahkan pasukan penjelajah Spanyol dan membunuh pemimpinnya, Fernando de Magelhaens.

Mehmed V. (Wikimedia.org)
1909
Mehmed V dinobatkan sebagai Sultan di Kesultanan Ottoman menggantikan kakaknya, Abdul Hamid II, yang digulingkan melalui kudeta militer. Mehmed V kemudian menjadi sultan yang memimpin Kesultanan Ottoman di masa Perang Dunia I. Mehmed V meninggal dunia pada 3 Juli 1918 dan tak sempat melihat kehancuran Kesultanan Ottoman setelah kalah dalam Perang Dunia I.

1941
Pasukan Jerman berhasil menduduki Kota Athena, Yunani, setelah melakukan pengepungan selama berbulan-bulan. Pasukan Jerman juga berhasil menduduki seluruh wilayah Yunani beberapa bulan kemudian.

1945
Setelah kekalahan Italia dalam Perang Dunia II, mantan pemimpin Italia Benito Mussolini tertangkap oleh pasukan Sekutu di Dongo, Italia. Saat tertangkap, Mussolini sedang menyamar sebagai tentara Jerman dan berniat melarikan diri dari Italia. Ia lantas dieksekusi mati sehari kemudian.

Rocky Marciano. (Rockymarciano.net)
1956
Petinju kelas berat asal Amerika Serikat (AS) Rocky Marciano menyatakan pengunduran dirinya dari dunia tinju profesional. Sepanjang kariernya, Rocky telah melakoni 49 pertandingan yang kesemuanya berhasil ia menangi.

1960
Negara di Afrika bagian barat, Togo, meraih kemerdekaannya dari Prancis. Sebelumnya, Togo menjadi wilayah kekuasaan Prancis sejak 1884.

1978
Presiden Afganistan Sardar Mohammed Daoud Khan dibunuh pasukan pemberontak dalam sebuah kudeta militer. Partai Demokrasi Rakyat Afganistan yang menganut paham Marxisme dituding sebagai dalang di balik kudeta dan pembunuhan presiden tersebut.

1992
Setelah pecahnya Republik Federal Sosialis Yugoslavia (RFSY), konfederasi Serbia dan Montenegro yang tersisa dibentuk kembali pada 1992 sebagai Republik Federal Yugoslavia (RFY). Pada 2003, negara tersebut dibentuk ulang dengan nama Negara Persatuan Serbia dan Montenegro.

1994
Untuk kali pertama, Afrika Selatan (Afsel) menggelar pemilihan presiden yang diikuti semua ras di negara tersebut. Sebelumnya, orang berkulit hitam di Afsel tak memiliki hak pilih. Dalam pemilihan itu, Nelson Mandela terpilih sebagai presiden Afsel dan menjadikan namanya sebagai orang berkulit hitam pertama yang menjadi presiden Afsel.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho