Sejarah Hari Ini: 26 Juni 1945, Piagam PBB Diteken

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Piagam PBB ditandatangani di San Francisco, Amerika Serikat (AS) oleh 50 negara anggota PBB, 26 Juni 1945. Piagam PBB mulai berlaku pada 24 Oktober 1945.

Ditandatanganinya Piagam PBB adalah satu dari sekian banyak peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-177—hari ke 178 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 26 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 26 Juni:

363
Kaisar Romawi Flavius Claudius Julianus tewas saat bertempur melawan pasukan Kekaisaran Sasaniyah dalam Pertempuran Samarra di Samarra, Mesopotamia atau kini Irak. Jenderal militer Romawi Jovianus lantas ditunjuk menjadi kasar menggantikan Julianus.

1522
Pasukan Kekaisaran Ottoman memulai Pengepungan Pulau Rhodes untuk kali kedua. Pengepungan itu dilakukan demi merebut Pulau Rhodes dari tangan Ksatria Rhodes. Pengepungan itu berlangsung hingga 22 Desember di tahun yang sama dengan kemenangan pasukan Kekasaran Ottoman.

1944
Pertempuran Osuchy yang melibatkan pasukan Jerman dan pasukan pemberontak Polandia di Solska Wilderness, dekat Osuchy, Polandia berakhir dengan kemenangan Jerman. Pertempuran tersebut adalah pertempuran terbesar antara pasukan Jerman dan pasukan pemberontak Polandia.

1945
Piagam PBB ditandatangani di San Francisco, Amerika Serikat (AS) oleh 50 negara anggota PBB. Piagam tersebut adalah adalah perjanjian dasar Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebagai piagam, ini adalah perjanjian konstituen dan semua anggota terikat oleh isi piagam tersebut. Piagam PBB mulai berlaku pada 24 Oktober 1945.

Paolo Maldini. (Acmilan.com)
1968
Paolo Maldini lahir di Milan, Italia. Ia lantas dikenal sebagai legenda sepak bola di Italia. Selama kariernya, ia hanya membela satu klub, yakni AC Milan.

1977
Penyanyi rock n roll asal Amerika Serikat (AS), Elvis Presley, tampil untuk kali terakhir dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana, AS. Selang beberapa pekan, tepatnya pada 16 Agustus 1977, Elvis ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Graceland, Memphis, Tennessee, AS akibat serangan jantung. Saat itu, ia berusia 42 tahun.

1991
Menyusul deklarasi kemerdekaan Slovenia dua hari sebelumnya, Tentara Rakyat Yugoslavia memulai perang demi mengembalikan Slovenia menjadi bagian dari Yugoslavia. Perang itu berlangsung selama 10 sehari sehingga disebut dengan Perang 10 Hari. Perang tersebut dimenangi pihak Slovenia. Perjanjian damai antara Yugoslavia ditandatangani pada 7 Juni.

Ariana Grande-Butera. (Reuters)
1993
Ariana Grande-Butera lahir di Boca Raton, Florida, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai seorang penyanyi dan aktris ternama di AS. Ariana Grande memulai kariernya sebagai aktris sejak 2009, sedangkan kariernya sebagai penyanyi ia mulai sejak 2011.

2001
Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Australia John Howard di Canberra, Australia. Pertemuan itu bertujuan untuk memperbaiki hubungan bilateral kedua negara.

2007
Tiongkok mengumumkan telah menyelesaikan pembangunan jembatan laut terpanjang di dunia. Jembatan itu terbentang 22,5 mil melintasi Teluk Hangzhou di Laut Tiongkok Timur. Jembatan tersebut dibuka pada 2008 setelah pembangunan jalan di sekitarnya selesai.

Berita Terkait

Espos Premium

Perjalanan Makin Longgar,  Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Berita Terkini

Peta Jalan Indonesia Digital bagi Generasi Muda sebagai Game Changer Masa Depan

Salah satu agenda besar yang menjadi prioritas Pemerintah untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. tersebut adalah peningkatan kualitas SDM terutama pada generasi muda.

Daftar 25 Wilayah Rawan Tsunami di Pulau Jawa, 4 di Jateng Termasuk Wonogiri

Inilah 25 wilayah di Pulau Jawa yang memiliki potensi rawan bencana tsunami dan gempa bumi.

Repatriasi Warga Australia di Bali

Sekitar 186 orang warga negara Australia kembali ke negaranya

Potensi Tsunami 33,5 Meter di Wonogiri, 6 Pantai Ini Berpotensi Terdampak

Wonogiri menjadi salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana tsunami dengan ketinggian hingga 33,5 meter.

Top! Ini 5 Media Online Paling Dipercaya Publik

Hasil penelitian kali ini membahas tentang lima media massa online yang paling dipercaya publik, khususnya kaum marginal.

Pesantren Didorong Manfaatkan KUR dengan Subsidi Bunga 3%, Ini Tujuannya

Sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berusaha untuk membangkitkan aktivitas usaha UMKM.

Pimpinan MIT Ali Kalora Tewas Tertembak, Ini Foto-Foto Barang Bukti yang Ditemukan

Kontak tembak terjadi Sabtu (19/9/2021) antara Satgas Madago Raya dan kelompok teroris MIT Poso

Puluhan Kendaraan Menuju ke Hutan Pinus Mangunan Diminta Putar Balik

Puluhan kendaraan yang menuju ke Hutan Pinus di Mangunan, Dlingo, Bantul, DIY, diminta putar balik karena pemberlakuan penyekatan.

Voice Note di Whatsapp Kok Terdengar Lebih Cepat? Kenali Cara Ubah Setelannya

Kenali setelan kecepatan pemutaran pesan suara/voice note pada aplikasi Whatsapp.

Ali Kalora Ditembak Mati Satgas Madago Raya, Mahfud Md Minta Masyarakat Tenang

Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Ali Kalora, tewas ditembak Satgas Madago Raya. Menko Polhukam Mahfud Md meminta masyarakat tetap tenang.

Jangan Lupa Cicipi Pindang Tetel Jika Singgah ke Pekalongan

Kuliner Pekalongan berupa pindang tetel menjadi sajian yang wajib Anda cicipi ketika bertandang ke sana, karena rasanya yang lezat tiada duanya.

Wajib Tahu! Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Tahukah Anda kali ini membahas tentang sederet manfaat aplikasi PeduliLindungi.

Perjalanan Makin Longgar, Angkutan Darat Sudah Siap dengan Protokol Kesehatan Belum?

Pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) pada moda transportasi darat  seperti bus menjadi bahan sorotan lantaran pengawasannya masih rendah. Penguatan pelaksanaan prokes penting guna menanggapi perubahan pandemi menjadi endemi.

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976, cucu abdi dalem Mangkunegaran Solo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Batang.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.